Categories
Obat

Dexamethasone, Berbagai Manfaat dan Cara Pengonsumsiannya

Dexamethasone merupakan jenis obat yang digunakan untuk mengatasi peradangan, penyakit autoimun serta reaksi alergi. Biasanya, Dexamethasone tersedia pada bentuk tablet sebesar 0,5 mg, suntikan, sirup serta tetes mata. Dexamethasone sendiri masuk ke dalam golongan kortikosteroid. Seperti obat lainnya, Dexamethasone biasanya digunakan untuk untuk jangka panjang serta tak boleh dihentikan dengan tiba-tiba. 

Biasanya, sebelum menghentikan Dexamethasone, nantinya dokter akan menghentikan pengonsumsiannya dengan bertahap. Cara kerja Dexamethasone dengan mengurangi peradangan serta menurunkan sistem kekebalan tubuh, mirip dengan steroid yang dihasilkan tubuh dengan alami. Seperti yang sudah dijelaskan, penggunaan Dexamethasone tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

baca juga: Penjelasan Obat Cefadroxil

Peringatan Sebelum Pengonsumsian Dexamethasone

Sebelum menggunakan Dexamethasone, usahakan terlebih dulu melakukan konsultasi dengan dokter, lebih-lebih bila Anda memiliki alergi pada obat, makanan atau berbagai bahan lain yang berada di dalam obat ini. Bila Anda memiliki riwayat penyakit herpes, diabetes, infeksi jamur, penyakit ginjal, gangguan pembekuan darah, penyakit jantung dan yang lainnya, lebih baik perhatikan dosisnya dengan baik terlebih dahulu.

Ketika Anda melakukan konsultasi pada dokter, dan dokter meresepkan Dexamethasone, tak ada salahnya Anda memberitahu dokter jika Anda akan menjalani vaksinasi dan sejenisnya, karena hal ini bisas berisiko memberikan efek samping seperti osteoporosis. Selama mengkonsumsi Dexamethasone, hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol maupun obat pereda nyeri, karena hal ini bisa menyebabkan pendarahan lambung.

Bagaimana jika Dexamethasone diberikan pada anak-anak? Perlu diketahui, pemberian Dexamethasone pada anak-anak dengan jangka panjang bisa menyebabkan tumbuh kembangnya menjadi terhambat. Oleh sebab itu saat memberikan Dexamethasone pada anak, pastikan telah memeriksakan buah hati secara berkala sehingga proses perkembangannya menjadi lebih diketahui.

Dexamethasone bisa menyebabkan pusing, sehingga ketika mengkonsumsi Dexamethasone, hindari melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan tinggi contohnya seperti berkendara di jalan. Sesudah mengkonsumsi Dexamethasone, hentikan mengendarai kendaraan hingga Anda yakin atau sanggup untuk melakukannya sendiri.

Dosis Pengonsumsian Dexamethasone

Dosis pengonsumsian Dexamethasone bergantung pada kondisi yang diderita oleh pasien. Jika digunakan untuk mengatasi peradangan serta penyakit autoimun, Anda bisa mengkonsumsi 0,5 hingga 9 mg per hari. Dosis pengonsumsian Dexamethasone maksimal 1,5 mg dalam sehari. Untuk anak-anak dosis awal biasanya diberikan 0,02 hingga 0,3 mg dan dibagi dalam 3 hingga 4 kali konsumsi.

Pengonsumsian Dexamethasone yang Tepat

Jika Anda memiliki sakit maag, lebih baik mengkonsumsi Dexamethasone sesudah makan. Dosis serta lama penggunaan Dexamethasone biasanya akan diberikan berdasarkan pada kondisi, usia, hingga respons pasien pada obat. Selain itu pastikan mengikuti berbagai saran dokter ketika mengkonsumsi Dexamethasone. 

Bila mengkonsumsi Dexamethasone sirup, pergunakan sendok yang berada di dalam kemasan, sehingga dosis yang diminum bisa tepat, hindari menggunakan sendok makan. Konsumsi, Dexamethasone di waktu yang sama setiap hari, sehingga pengobatan bisa berjalan secara efektif.

Agar Anda tidak lupa mengkonsumsi Dexamethasone, Anda dapat mengkonsumsi di jam yang sama. Penderita yang mengkonsumsi Dexamethasone dalam jangka panjang tidak boleh menghentikan pengonsumsian obat dengan tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter.

Efek samping dari Dexamethasone yang harus diperhatikan adalah nafsu makan yang berubah menjadi semakin meningkat, oleh sebab itu ketika mengkonsumsi Dexamethasone, Anda harus memperhatikan gizi makanan dengan baik sehingga tidak terjadi obesitas, selain itu Dexamethasone juga bisa menyebabkan perubahan siklus menstruasi, penambahan berat badan, gangguan tidur, sakit kepala, pusing hingga sakit perut. Walaupun jarang terjadi, Dexamethasone juga dapat menimbulkan efek samping seperti demam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *