Categories
Tips Sehat

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alami? Simak Disini

Jerawat menjadi masalah kulit yang sangat sering terjadi. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa kurang nyaman bahkan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Sebenarnya, ketika wajah memiliki jerawat, jerawat tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Tetapi, agar proses penyembuhannya bisa lebih cepat, ada beberapa cara yang dapat dicoba. 

baca juga: Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Efektif

Perawatan Alami untuk Kulit yang Berjerawat

Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk merawat wajah dengan alami, seperti:

  • Mencuci wajah dengan rutin

Cara menghilangkan jerawat dengan alami yang paling utama adalah rajin membersihkan wajah. Anda bisa membersihkan wajah dengan rutin menggunakan sabun yang lembut. Bersihkan wajah 2 kali dalam sehari.

  • Menggunakan tabir surya

Mengapa pemilik wajah berjerawat harus teratur menggunakan tabir surya? Setelah selesai melakukan berbagai perawatan, Anda dapat mengoleskan tabir surya pada wajah. Hal ini disebabkan karena pancaran sinar matahari akan semakin memperparah jerawat. Tetapi, karena umumnya tabir surya memiliki sifat comedogenic, lebih baik Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dulu. 

  • Mengoleskan toner

Sesudah mencuci muka, Anda dapat mengoleskan toner pada wajah. Toner akan membantu membersihkan kotoran serta sisa make up yang menempel di wajah. Tak hanya itu, toner nantinya juga akan membantu menetralkan Ph kulit serta mengurangi produksi minyak. Akhirnya masalah kulit seperti jerawat tidak akan Anda alami. 

  • Mengoleskan pelembab

Jangan lupa selalu menggunakan pelembab setelah mandi terutama di pagi hari. Hal ini dilakukan guna menjaga kelembaban wajah. Kondisi wajah yang lembab dapat menghambat produksi minyak dan akhirnya mencegah munculnya jerawat baru di wajah Anda. Agar lebih aman saat menggunakan pelembab, pilih pelembab yang memiliki label bebas minyak. 

Bahan Alami untuk Mengusir Jerawat

Untuk mengusir masalah jerawat, berikut berbagai bahan alami yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan:

  • Es batu

Memiliki es batu di rumah? Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi masalah jerawat. Es batu dapat mengurangi peradangan jerawat. Untuk mengaplikasikannya, Anda dapat membungkus es dengan menggunakan air bersih, tempelkan di kulit yang sedang berjerawat selama beberapa menit, metode ini akan mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. 

  • Madu

Cara berikutnya adalah menggunakan madu. Madu akan menjaga bakteri baik yang berada di wajah. Bakteri baik inilah yang nantinya mempercepat penyembuhan jerawat.

  • Putih telur

Kandungan enzim lysozyme yang berada di dalam putih telur dapat menghilangkan jerawat. Anda cukup memisahkan kuning telur serta putih telur. Campurkan putih telur dengan perasan lemon serta aplikasikan pada wajah layaknya masker dan diamkan selama beberapa menit. Bilas wajah hingga bersih. 

  • Bawang putih

Kandungan zat sulfur yang berada di dalam putih dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan alami dan cepat. Anda bisa memotong bawang putih menjadi bagian yang kecil dan tempelkan di jerawat. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. 

  • Perasan lemon

Lemon memiliki kandungan asam askorbat yang sangat tinggi dan bisa digunakan sebagai penghilang jerawat yang membandel. Anda bisa mengoleskan perasan lemon di wajah dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air bersih.

Selain melakukan cara menghilangkan jerawat di atas, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebihan, selain itu hindari mengkonsumsi telur. Selain itu, hindari untuk memencet jerawat, memang keberadaannya akan membuat kita ingin memencet, namun jika hal tersebut dilakukan akan membuatnya semakin  meradang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *