Categories
Penyakit Tips Sehat

Menderita Asam Urat di Usia Muda? Ketahui Penyebab dan Makanan Pelawannya

Apakah Anda pernah mengalami rasa nyeri sendi yang terjadi secara mendadak dengan waktu singkat dan tiba-tiba menghilang? Sepertinya Anda harus lebih waspada karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala dari asam urat. Lebih parahnya, pengidap asam urat biasanya mengalami gejala kronis karena serangan asam urat yang terus berulang dalam waktu lama.

bcaa juga: Cara Menyembuhkan Jerawat secara Alami

Menurut Lifepack.id, nyeri yang terjadi karena asam urat biasanya terjadi di bagian lutut, jempol kaki serta pergelangan kaki. Biasanya, nyeri ini terasa begitu parah ketika malam hari. Bukan hanya itu, beberapa pengidap asam urat akut juga merasakan demam selam mengalami nyeri. Gejala tersebut memang begitu mengganggu aktivitas, penyakit ini bahkan bisa terjadi karena berbagai hal yang sering diabaikan.

Penyebab Kemunculan Asam Urat

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab asam urat:

  • Makanan serta minuman. Makanan serta minuman menjadi penyebab utama yang sering disepelekan. Saat Anda mengkonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi seperti usus, ampela, paru serta makanan seperti cumi, udang, kepiting dan kerang, risiko terkena asam urat menjadi semakin meningkat. Selain makanan tersebut minuman berakohol dan manis juga dapat menyebabkan peningkatan pada asam urat.
  • Obat. Penyebab dari kemunculan asam urat yang lainnya adalah mengkonsumsi obat tertentu. Obat diuretik, atau obat yang digunakan untuk membuang kelebihan garam dan air di dalam tubuh bisa menjadi pencetus asam urat. Bukan hanya itu, proses penyembuhan sesudah operasi juga dapat menyebabkan kemunculan asam urat.
  • Berat badan yang berlebihan. Penyebab asam urat lainnya adalah kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dapat membuat tubuh memproduksi banyak asam urat sehingga kadar di dalam tubuh bisa semakin melonjak. Kondisi inilah yang membuat ginjal sulit membuang asam urat.
  • Mempunyai riwayat keluarga. Riwayat keluarga juga menjadi hal yang sering diwaspadai, jika Anda memiliki anggota keluarga yang mempunyai riwayat asam urat, Anda juga berisiko mengalami masalah tersebut. 

Makanan Penghalau Asam Urat

Jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh, berikut beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi, seperti:

  • Teh hijau. Teh hijau bisa dikatakan menjadi minuman yang ampuh untuk menurunkan asam urat. Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan dengan nama katekin, senyawa ini yang dapat produksi asam urat dalam tubuh, selain itu teh hijau juga dapat mengeluarkan kristal asam urat.
  • Apel. Apel memiliki kandungan malid acid yang begitu baik untuk pengidap asam urat. Kandungan malid acid yang berada di dalamnya akan membantu menteralisir asam urat, selain itu apel juga mampu mengurangi rasa nyeri yang muncul ketika asam urat kambuh. Anda dapat mengkonsumsi buah apel dengan rutin.
  • Ikan salmon. Selain beberapa makanan di atas, ikan salmon juga bisa menjadi pilihan saat Anda ingin menurunkan asam urat dengan cara alami. Pastikan Anda memilih ikan salmon, bukan ikan lain, karena ikan lainnya bisa memiliki kandungan purin yang tinggi. Beda dengan ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 yang akan mengurangi pembengkakan serta peradangan. 
  • Kuaci. Kuaci atau biji matahari ini kaya dengan kandungan asam folat. Namun hal yang harus diperhatikan ialah, pastikan hanya mengkonsumsi kuaci, karena kacang-kacangan lain dapat memicu kenaikan asam urat.

Menurunkan asam urat dengan cara alami memang tidak mudah, apalagi kita hanya menggunakan makanan alami. Selalu perhatikan apa saja makanan yang Anda konsumsi agar kadar asam urat dalam tubuh bisa lebih cepat turun. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *