Categories
Penyakit

Ciri Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai Kaum Hawa

Kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang menyerang kaum hawa. Dari berbagai macam jenis penyakit yang menyerang kaum hawa, kanker serviks menjadi penyakit yang begitu berbahaya. Agar terhindari dari adanya penyakit ini, penting bagi kita mengetahui apa ciri kanker serviks. Kanker serviks adalah penyakit yang menyerang leher rahim di organ intim.

baca juga: Penyebab Terjadinya Asam Urat

Biasanya, kanker serviks disadari saat sudah berada di stadium lanjut, oleh sebab itu tak hanya melakukan pemeriksaan diri, Anda juga harus mengetahui berbagai macam ciri dari kanker serviks sehingga dapat mengenalinya sejak dini, dan segera melakukan pengobatan.

Ciri Kanker Serviks

Berikut beberapa ciri dari kanker serviks:

  • Pendarahan up normal pada vagina. Ketika wanita memiliki penyakit kanker serviks, biasanya gejala awal yang muncul ialah pendarahan tak normal yang terjadi di vagina. Pendarahan ini bisa lebih banyak atau pun lebih sedikit dari menstruasi. Biasanya, pendarahan ini terjadi di antara periode menstruasi. Pendarahan juga bisa terjadi ketika melakukan hubungan seksual.
  • Mengalami keputihan. Ciri lain kanker serviks adalah mengalami keputihan yang tak normal. Lendir keputihan akan mengalami perubahan aroma, aroma yang tercium sangat tidak sedap, dan terjadi perubahan tekstur cairan vagina. Keputihan ini bisa disebabkan oleh penyakit lain juga, oleh karena itu, lakukan konsultasi ke dokter agar dapat memastikannya.
  • Terasa nyeri ketika melakukan aktivitas seksual. Ketika kanker serviks telah memasuki stadium lanjut, biasanya akan muncul tanda yang beragam seperti nyeri panggul ketika melakukan hubungan intim. Rasa nyeri ini muncul dan membuat Anda kurang nyaman ketika melakukan aktivitas seksual.
  • Intensitas buang air kecil menjadi semakin meningkat. Saat merasakan sakit ketika buang air kecil dan tak dapat menahan keinginan untuk buang air kecil, lebih baik Anda berhati-hati karena ini bisa jadi menjadi tanda dari kanker serviks. Biasanya, kondisi ini dikarenakan sel kanker yang tumbuh ke leher rahim serta menyebar sampai ke kandung kemih. 
  • Mudah letih. Ciri lain yang muncul ialah mudah lelah. Biasanya kondisi ini muncul bila pendarahan yang tidak normal menjadi semakin banyak sehingga tubuh menjadi kekurangan sel darah dan membuatnya menjadi lekas lelah. 

Apakah Kanker Serviks Dapat Disembuhkan?

Sebenarnya, ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan oleh pengidap kanker serviks, seperti:

  • Operasi. Biasanya, operasi disarankan oleh dokter sesudah menganalisa kondisi yang dialami pengidap. Ada beberapa metode operasi yang dapat dilakukan seperti operasi penghilang kanker, operasi pengangkatan leher rahim beserta dengan jaringan di sekitarnya, operasi mengangkat serviks serta tubuh rahim, dan yang lainnya.
  • Terapi radiasi. Bila kanker sudah berada di stadium tertentu, dokter juga akan melakukan terapi radiasi untuk langkah pengobatan. Terapi ini menjadi metode pengobatan yang menggunakan sinar X dengan energi tinggi. Terapi radiasi biasanya dilakukan bila risiko pengangkatan kanker sesudah operasi sudah dilakukan.
  • Kemoterapi. Tujuan kemoterapi sama dengan terapi radiasi, yakni membunuh sel kanker yang berada di dalam tubuh. Namun, kemoterapi menggunakan obat khusus yang masuk ke dalam tubuh dari pembuluh darah atau pil. Prosedur dari kemoterapi dilakukan untuk menghancurkan sel kanker. 

Selain pengobatan di atas, tentu saja penderita kanker serviks harus melakukan pola hidup yang sehat seperti rajin melakukan olahraga, menghindari mengkonsumsi makanan berlemak tinggi hingga melakukan diet sehat jika memiliki berat badan yang berlebihan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *