Categories
Penyakit

Kenali Penyebab Herpes dan Cara Mengobati

Penyakit herpes adalah penyakit yang memiliki gejala berupa munculnya lapisan kulit kering ataupun lepuhan di bagian kulit. Seringnya sakit ini terjadi pada organ reproduksi. Penyakit herpes sendiri timbul akibat infeksi virus yang dikenal dengan nama herpes simplex virus atau disebut HSV. Infeksi akibat virus HSV sendiri bisa menyerang beberapa bagian tubuh seperti kelamin yang dikenal dengan herpes genitalia, mulut dan juga wajah. 

baca juga: Mengenal Obat Dumolid

Cara Penularan Herpes

Herpes dapat menular secara langsung dari orang yang memang sudah memiliki virus herpes atau penderita herpes ke orang yang sehat. Cara penularannya tidak melalui udara melainkan melalui cairan dari tubuh penderita ke orang sehat.

  • Virus HSV Tipe 1

Virus herpes tipe 1 merupakan virus yang paling cepat menyebar dibandingkan tipe lainnya. Virus ini menyerang bagian mulut penderita atau dikenal herpes oral. Meski begitu, herpes tipe 1 juga bisa muncul pada bagian genital apabila melakukan hubungan seksual oral dari mulut ke alat kelamin. Selain menular melalui hubungan seksual, aktivitas berciuman juga bisa menularkan virus. Bahkan berbagi peralatan minum, makan hingga kosmetik yang terkena cairan seperti lipstik bisa turut menularkan virus herpes.

  • Virus HSV Tipe 2

Virus herpes tipe 2 adalah penyebab utama dari herpes daerah kelamin atau herpes genital. Herpes ini bisa menular dari luka penderita herpes yang kemudian mengalami kontak dengan orang lain. Selain dapat ditularkan melalui hubungan seksual, herpes tipe 2 juga bisa menular ke bayi dari ibu yang menderita herpes ketika persalinan. 

Virus herpes tipe 2 bisa menyerang orang lebih mudah kepada mereka yang sudah melakukan hubungan seksual di usia dini. Orang dengan jenis kelamin wanita dan memiliki sistem imun rendah lebih berisiko tertular herpes tipe 2. Sering berganti pasangan seksual juga meningkatkan risiko tertular herpes. 

  • Varicella-zoster Virus

Varicella-zoster virus atau VZV termasuk ke dalam virus herpes berjenis alfa herpesviridae yang menyebabkan cacar ular dan cacar air. Cacar ular sendiri merupakan cacar yang diakibatkan oleh virus varicella zoster yang aktif kembali di dalam tubuh seseorang yang dulunya pernah menderita cacar air. Penularan virus ini bisa melalui percikan ludah dan kontak langsung penderita.

Baca juga: Dexamethasone apa sih?

Cara Mengobati Penyakit Herpes

Pengobatan penyakit herpes tidaklah bertujuan untuk mematikan seluruh virus herpes yang ada di dalam tubuh. Pengobatannya sendiri bertujuan untuk menurunkan komplikasi yang timbul akibat virus herpes serta menekan virus herpes menyebar lebih luas di dalam tubuh. Untuk jenis obat antivirusnya yang biasa diberikan oleh dokter seperti famciclovir, acyclovir serta valacyclovir. 

Selain mengkonsumsi obat-obatan di atas, Anda juga disarankan melakukan hal berikut ini untuk mengurangi rasa sakit akibat virus herpes.

  • Mengenakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan katun. Tujuannya adalah agar pakaian tidak mudah bergesekan dengan luka dari infeksi virus herpes. Selain itu pakaian berbahan katun cenderung lebih dingin dan lebih lembut untuk mengurangi risiko gesekan.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri yang bisa dikonsumsi seperti ibuprofen dan paracetamol.
  • Kompres menggunakan air dingin ataupun air hangat pada area kulit yang mengalami luka akibat herpes.
  • Jauhi area luka yang sudah mengering dan menjadi koreng dari kotoran. Pastikan pula agar koreng dalam keadaan kering untuk mempercepat penyembuhan. 

Anda harus segera mengunjungi dokter ketika terkena virus herpes. Terutama bagi ibu yang tengah hamil, apabila sebelumnya pernah menderita herpes maka hal ini harus diberitahukan ke dokter. Pasalnya, dikhawatirkan virus bisa menular ke bayi ketika bersalin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *