Categories
Penyakit

Pengertian Radang Selaput Otak (Meningitis)

Radang Selaput Otak atau disebut juga Meningitis adalah penyakit yang menyebabkan selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang mengalami radang. Radang Selaput Otak disebabkan oleh virus dan bakteri jamur, tetapi paling sering disebabkan oleh virus.

baca: Cara Mudah Atasi Asam Lambung

Jika radang selaput otak yang disebabkan oleh virus, radang tersebut tidak terlalu parah dan dapat sembuh sepenuhnya tanpa pengobatan. Sedangkan radang selaput otak yang disebabkan oleh jamur termasuk dalam jenis langka, ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Radang selaput otak dapat terjadi pada setiap usia. Tetapi, lebih sering menyerang orang dengan sistem imun yang rendah seperti anak – anak, orang tua, dan orang dengan HIV/AIDS.

Gejala

Gejala awal dari radang selapt otak mirip dengan flu atau influenza, kemudian gejala tersebut dapat berkembang dalam watu beberapa jam atau hari. Untuk gejala radang selaput otak yang biasanya muncul adalah demam dan menggigil terutama pada bayi baru lahir dan anak – anak. terjadi perubahan kondisi mental, mual dan muntah, sensitive terhadap cahaya, leher kaku, dan sering pingsan.

Gejala Radang selaput otak yang disebabkan oleh virus memiliki kemiripan dengan gejala radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri. Akan tetapi, radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri lebih parah dan menyebabkan kompilasi khusus, seperti kerusakan otak, gangguan pendengaran, dan ketidakmampuan belajar.

Penyebab

  • Bakteri.

Radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri dapat menyebar melalui pernapasan dan sekresi tenggorokan. Ditularkan lewat batuk, bahkan melalui ciuman. Bakteri ini dapat masuk melalui aliran darah di sinus, telinga., atau tenggorokan.

  • Virus.

Radang selaput otak ini disebabkan oleh virus influenza, virus herpes simplex, virus varicellar zoster, virus west Nile, virus limfositik koriomeningitis, dan virus campak.

  • Jamur.

Disebabkan oleh jamur yang menginfeksi dan menyebar melalui darah dan mengalir ke otak atau saraf tulang belakang, jamur yang biasanya menyebabkan radang selaput otak adalah cyptococcus, blastomyces, histoplasma, coccidioides

Faktor Risiko

Faktor yang meningkatkan risiko mengalami radang selaput otak adalah usia, sistem kekebalan tubuh yang lemah, orang yang baru menjalani transplantasi sumsum tulang, diabetes, hamil.

Kapan harus ke dokter ?

Anda harus segera ke dokter jika memiliki atau mengalami gejala yang mirip dengan radang selaput otak, karena anda tidak akan tahu juka tidak dikonsultasikan ke dokter. Jika anda sibuk dan belum sempat untuk segera ke dokter anda dapat menggunakan jasa dokter konsultasi di lifepack.id. dokter lifepack tersedia 24 jam.

Pengobatan

Pengobatan yang dilakukan tergantung dari penyebab radang selaput otak tersebut. seperti, untuk yang terinfeksi oleh bakteri harus di rawat dirumah sakit agar dokter dapat memantau. Untuk obat umumnya dengan antibiotic intravera, minim banyak cairan, dan istirahat.

Pencegahan

Mencegah terserang dari penyakit radang selaput otak kalian bisa lakukan dengan memahami pentingnya radang selaput otak akibat bakteri. hal itu karena radang selaput otak yang diakibatkan oleh bakteri merupakan kondisi keadaan darurat medis dan membutuhkan perawatan segera. Kemudian langkah selanjutnya untuk pencegahan adalah dengan mencuci tangan untuk menghindari paparan dari infeksi, jika anda sedang dalam kondisi hamil selalu pastikan bahwa makanan yang anda konsumsi adalah makanan yang sudah dimasak dengan matang dan hindari keju lunak yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi.

Lebih baik mulai sekarang sebagai langkah untuk melakukan pencegahan bisa mengunjungi lifepack.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *