Categories
Obat

Kegunaan Obat Dulcolax

Anda pasti sering mendengar kata Dulcolax. Dulcolax adalah obat pencahar yang mengatasi masalah pada saluran pencernaan, seperti sembelit. Obat ini dapat dibeli tanpa resep dokter. Dulcolax mengandung Bisacodyl sebanyak 5 mg yang berguna sebagai stimulant laksatif atau obat yang merangsang pergerakan pada usus besar dan membantu feses keluar. Dulcolax juga berguna untuk mengosongkan perut juga membersihkan usus sebelum operasi.

Informasi

Dulcolax adalah obat untuk saluran pencernaan yang mengandung 5 mg Bisacodyl pada setiap tablet dulcolax. Bisacodyl sendiri adalah obat laksatif untuk mengatasi sembelit. Bisacodyl memiliki fungsi untuk mengatasi masalah sembelit, juga memberikan stimulant dalam usus seperti usus besar sampai mengeluarkan feses.

baca: Penjelasan Obat Ciprofloxacin

Bisacodyl merangsang saraf enteric sehingga membuat kontraksi pada usus besar. Bisacodyl berfungsi juga untuk membersihkan isi susu besar.

Obat dulcolax dapat anda temukan di lifepack.id, anda dapat membelinya dengan praktis tanpa repot keluar rumah dan mengantri karena lifepack.id akan mengantar obat ini kerumah anda.

Indikasi dan Kegunaan

Obat Dulcolax dapat digunakan untuk mengatasi konstipasi atau biasanya disebut dengan sembelit, dapat mengosongkan perut atau membersihkan usus besar, juga meningkatkan kadar air pada feses

Kontradiksi

Tidak semua orang bisa menggunakan obat pencahar atau obat sembelit ini. Obat dulcolax tidak boleh digunakan saat dalam kondisi memiliki hipersensitif atau memiliki alergi terhadap salah satu kandungan dalam obat ini, tidak boleh digunakan pada operasi peru akut, wanita yang sedang hamil, penderita abstruksi usus atau penyumbatan dalam usus, orang yang sedang menderita penyakit perforasi usus, pasien colitis toksik, pasien radang usus akut, mengalami radang usus buntu, dehidrasi berat, dan intoleransi terhadap laktosa atau sukrosa.

Dosis Dulcolax dan Cara Pemakaian

Obat Dulcolax memiliki bentuk tablet dan rektal. Setiap 1 strip kemasan obat dulcolaxberisi 4 tablet. Setiap tablet obat dulcolax mengandung 5 mg Bisacodyl. Dosis pemakain dulcolax yang sering direkomendasikan adalah

  • Dosis Dewasa

Tablet : jika diminum untuk pengobatan, 5 mg – 10 mg diminum 1 kali sehari pada malam hari. Jika diminum untuk mengosongkan perut pramedikal, 10 mg diminum 1 kali pada malam hari selama 2 hari sebelum operasi.

Rektal : jika digunakan untuk pengobatan, 1 rektal (10 mg) dimasukkan seluruhnya ke dalam anus. Jika digunakan untuk pengosongan perut, 1 rektal (10 mg) 1 jam sebelum operasi.

  • Dosis Anak – Anak

Tablet : 5 mg pada malam hari, 1 kali sehari.

Rektal : jika digunakan untuk pengobatan, 1 rektal (10 mg) dimasukkan seluruhnya ke dalam anus. Jika digunakan untuk pengosongan perut, 1 rektal (10 mg) 1 jam sebelum operasi.

Efek Samping Dulcolax

Obat dulcolax juga memiliki efek samping, diantaranya adalah gangguan pada saluran pencernaan seperti rasa tidak nyaman atau kram perut, diare, hyperkalemia, gripping atau sakit kepala mencekam. Jika setelah mengkonsumsi obat dulcolax anda mendapat gejala efek samping yang lain seperti mual, muntah, diare terus menerus, kram otot, BAB berdarah, kepala pusing, kelelahan, pingsan, iritasi dan anus, reaksi alergi serius, juga susah bernapas anda harus berkonsultasi kepada dokter jika mengalami gejala yang disebutkan tadi.

Peringatan dan Perhatian

Dalam mengkonsumsi obat dulcolax anda harus memperhatikan bahwa obat dulcolax diminum sebelum makan, jangan gunakan pada bayi dibawah usia 6 tahun. Jangan gunakan obat dulcolax minimal 1 jam setelah penggunaan obat – obat antasida, susu atau produk olahan susu. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter terkait gejala yang sering muncul ketika mengkonsusmi obat ini. Dosis yang berlebihan dapat berakibat gangguan pencernaan yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *