Categories
Pengobatan Tips Sehat

Makanan yang Dapat Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Pencernaan yang bermasalah tentu akan mengganggu aktivitas, badan pun lemas tak berenergi. Masalah sistem pencernaan yang umum terjadi seperti diare, sembelit, maag atau kembung. Hal tersebut bisa terjadi jika seseorang mengonsumsi makanan berbumbu tajam dan asam, terlalu pedas, kurang serat atau sekedar kurang minum air putih.

Ada beberapa cara mudah mengatasi masalah pencernaan ini dengan mengonsumsi obat-obatan alami yang tentu minim efek samping. Selain itu juga ada tips untuk mengobati asam lambung. Berikut cara mudah yang dimaksud:

1. Makanan Ber Fermentasi

Bahan-bahan makanan yang diolah dengan cara fermentasi mengandung probiotik. Hal ini baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi termasuk melindungi pencernaan. Makanan fermentasi yang paling murah dan mudah ditemukan yaitu tempe dan oncom. Selain itu, bisa menambah pula dengan mengonsumsi yogurt dan kefir yang termasuk probiotik alami.

2. Makanan Berserat

Jika tak suka dengan makanan berfermentasi, maka cobalah dengan makanan berserat. Makanan ini mampu menjaga usus mengolah makanan yang masuk dengan lebih lembut dan bekerja secara optimal. Masalah pencernaan seperti diare sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi contohnya sayuran hijau sawi, bayam, biji-bijian, buah atau yang lain. Adanya surat ini membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang membuat sistem pencernaan lebih lancar.

3. Teh Chamomile

Masalah pencernaan seperti mulas, diare, kolik atau kram perut bisa diatasi hanya dengan meminum teh chamomile. Kandungan anti kejang yang terdapat pada chamomile mampu merilekskan dan mengendurkan otot-otot halus seperti irritable bowel syndrome atau IBS. Rasa sakit akibat kram pun akan mereda berkat kandungan anti kejang tersebut.

4. Teh Jahe

Punya masalah perut kembung, mulas atau sakit perut lainnya? Cobalah konsumsi campuran irisan jahe dengan air hangat atau teh sekaligus. Jahe memiliki kandungan fenol yang ampuh meredakan kontraksi lambung, melancarkan pencernaan dan mencegah asam lambung. Selain itu, jahe pun bisa meningkatkan produksi air liur dan menghilang kembung. Namun, teh jahe tidak disarankan untuk wanita hamil karena panas pada jahe beresiko menggugurkan kandungan.

5. Minyak Kelapa

Banyak yang mengatakan minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Namun disisi lain, minyak kelapa termasuk trigliserida rantai menengah atau MCT yang diolah lebih cepat, efisien dan tanpa tekanan pada kandung empedu sehingga usus mudah mengolah bahan ini. Hal tersebut cocok untuk menangani masalah sembelit atau konstipasi. Selain itu, asam laurat yang dimiliki ampuh melawan bakteri jahat sehingga pencernaan lebih kebal dan sehat.

6. Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat salah satunya melancarkan proses pencernaan di dalam usus. Kegunaannya yg memudahkan makanan masuk ke lambung atau usus tidak bisa tergantikan oleh bahan lainnya. Manusia setidaknya membutuhkan air putih sebanyak 8 gelas sehari atau dua liter. Air juga menghindari seseorang dari dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh.

7. Kaldu

Kaldu memiliki mineral termasuk asam proline dan glycine yang dapat mempercepat penyembuhan pada pencernaan. Selain itu asam amino glutaminnya pun mampu menjaga pencernaan tetap sehat dan bekerja secara optimal. Jadi, meski hanya kaldu yang berupa rebusan tulang atau jaringan ikat sapi atau ayam pun baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

Baca: Penjelasan Obat Lansoprazole

Jadi, itulah makanan yang bisa mengatasi masalah sistem pencernaan. Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk usus ada baiknya ditambah dengan hidup sehat seperti menjaga jarak waktu makan dan tidur. Setelah makan usahakan duduk agar makanan masuk dengan lancar ke lambung dan seterusnya. Dokter menyarankan makan setidaknya 3-4 jam sebelum tidur karena jika tidak asam lambung akan naik meski telah mengonsumsi makanan-makanan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *