Categories
Tips Sehat

Penyebab Siklus Menstruasi Pada Remaja yang Tidak Teratur

Masa remaja merupakan masa dimana seorang gadis mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Perubahan ini terjadi di masa remaja terutama yang berusia 12 tahun biasanya ditandai dengan adanya menstruasi. Siklus menstruasi pada remaja biasanya dialami sebelum berusia 12 tahun. Bahkan lebih dari 12 tahun tergantung kesuburan dari masing-masing anak.

Baca: Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Siklus Menstruasi yang dialami remaja berbeda-beda. Ada yang lancar setiap satu bulan sekali, ada yang tidak sampai satu bulan sudah menstruasi lagi. Terdapat juga kasus dimana siklus menstruasi baru terjadi setelah 3 bulan. Apakah hal tersebut wajar? Berikut ini beberapa penyebab siklus menstruasi pada remaja yang tidak teratur:

1. Masalah Hormon 

Hormon yang ada pada remaja  tentunya beda-beda pada setiap individunya. Hal yang  dapat mempengaruhi lamanya waktu menstruasi seseorang adalah jumlah hormon yang dimiliki remaja itu sendiri. Penyebab hormon yang mempengaruhi siklus haid ini biasa datang dari banyaknya beban pikiran.

Terlalu banyak pikiran akan sangat mempengaruhi hypothalamus. Salah satu bagian dari otak ini yang akan sangat mempengaruhi  hormon siklus haid. Saat seorang sedang dalam kondisi stress, maka siklus haid seseorang bisa jadi terjadi lebih cepat maupun menjadi lebih lambat dari biasanya.

2. Pengaruh Obat

Selain  hormon yang dimiliki, pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi  juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada remaja. Sebagai contoh remaja mengkonsumsi obat seperti halnya antidepresan  dengan maksud menghilangkan depresi malah berdampak buruk pada tubuh. 

Obat antidepresan  ini bisa mempengaruhi siklus haid seseorang. Bukan hanya obat antidepresan saja, tetapi obat  untuk diet juga dapat mempengaruhi siklus haid seseorang. Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi obat tertentu konsultasikan kepada dokter  mengenai  efek sampingnya pada tubuh.

3. Perubahan Berat Badan

Siklus menstruasi pada remaja yang terhambat kelancarannya juga bisa disebabkan oleh  perubahan berat badan. Perubahan badan baik naik maupun penurunan yang drastis ternyata turut menjadi penyebab kurang lancarnya siklus menstruasi. Penurunan berat badan yang biasanya diet akan sangat drastis sehingga bisa mempengaruhi dan menghambat proses produksi hormone estrogen.

Sementara kelebihan berat badan atau biasa disebut dengan obesitas juga dapat menghasilkan estrogen yang terbilang berjumlah banyak. Kedua pemicu ini yang dapat mempengaruhi proses pelepasan pada sel telur (ovulasi) yang terjadi pada setiap bulan. Ketika proses pelepasan telur terhambat maka otomatis siklus menstruasi pun menjadi tidak lancar.

4. Olahraga yang Berlebihan

Olahraga memang menyehatkan untuk tubuh, tetapi jika dilakukan secara berlebihan juga kurang baik. Bagi remaja yang dalam masa pertumbuhan, olahraga yang berlebihan memiliki dampak yang kurang bagus. Terkhusus untuk siklus menstruasinya. Kegiatan olahraga yang berlebihan pun justru tidak memberikan manfaat pada tubuh.

Saat olahraga yang berlebihan energi yang ada pada tubuh akan terkuras dan tubuh akan mengeluarkan yang disebut dengan rescue mode. Kondisi ini membuat tubuh memaksa menyimpan energi agar aktivitas dalam tubuh dapat tetap berjalan lancar. Ketika dalam kondisi tersebut, tubuh mulai menutup fungsi pada reproduksi sehingga menstruasi menjadi tidak lancar

5. Pola Makan yang Salah

Remaja biasanya identik dengan cita-cita kurus. Tak sedikit yang kemudian mencoba berbagai diet ketat  tanpa memperhatikan  pola makannya. Diet ketat yang dilakukan  biasanya  makan dalam jumlah sedikit  serta tidak teratur. Terlebih lagi makanan yang dikonsumsi bukan makanan yang menyehatkan dan menyuburkan.

Pola makan yang baik adalah dengan makan teratur dalam jumlah yang wajar. Tubuh pun butuh energi untuk bisa beraktivitas dengan normal. Melakukan pola makan yang salah dengan tujuan diet akan sangat membahayakan tubuh serta siklus menstruasi pada wanita.

Ulasan di atas  merupakan beberapa contoh penyebab siklus menstruasi pada remaja yang tidak lancar. Mari mulai untuk memperbaiki pola hidup sehat dan atur pola makan agar menstruasi tetap lancar. Masa remaja sangatlah penting, untuk itu pandailah dalam menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *