Categories
Penyakit

Cara Mengenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Cara mengenali gejala kanker payudara masih banyak wanita yang belum mengetahuinya. Padahal penyakit tersebut sudah termasuk dalam penyakit pembunuh wanita kedua setelah  kanker serviks. Kanker payudara ini sudah banyak dialami oleh wanita-wanita bahkan terkadang yang masih remaja pun bisa terkena.

Resiko yang dimiliki penyakit ini sangatlah besar. Untuk itu sangat penting untuk wanita tahu gejala-gejalanya. Setidaknya, ada satu tanda atau gejala yang bisa dikenali dan bisa dilakukan tindakan untuk mengurangi resiko kematian. Bagaimana cara mengenali gejala kanker payudara  secara dini? Simak ulasan berikut ini:

1. Adanya Benjolan yang Tumbuh di Payudara

Terkadang wanita menyepelekan yang namanya benjolan pada payudara. Bahkan terlintas pikiran bahwa itu hanya berupa benjolan biasa yang tidak berdampak bahaya bagi tubuh. Biasanya ini merupakan pertanda utama kanker payudara, meskipun benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit.

Meski tak semua benjolan bisa dikatakan gejala awal payudara, tapi kalau sudah berada di area sekitar payudara, ama wanita patut waspada. Sebaiknya , sekecil apapun benjolannya segera periksakan diri ke dokter. Ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan dini sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Terasa Nyeri Pada Bagian Payudara Utama

Nyeri pada bagian utama payudara bisa menjadi pertanda bahwa kemungkinan terkena kanker payudara. Terkadang nyeri pada bagian payudara terjadi saat perempuan akan mengalami menstruasi. Apabila rasa nyeri itu berlangsung setiap bulan dan durasi dan rasa sakitnya berlebihan segera periksa ke dokter.

Baca: Siklus Mens pada Remaja

Jangan anggap sepele rasa nyeri pada payudara, terlebih lagi jika ada benjolan dan membuat seseorang merasa terganggu akan kehadirannya. Pasalnya, benjolan ini semakin lama akan semakin berkembang ukurannya. Tak hanya itu saja, benjolan ini juga sering kali berpindah tempat dari sisi kanan ke sisi kiri payudara.

3. Adanya Perubahan Pada Warna Payudara

Warna payudara biasanya tergantung pada warna kulit masing-masing wanita. Perubahan warna terkadang diartikan sebagai iritasi. Namun, perlu di ketahui  bahwa selain adanya benjolan sekitar payudara, perubahan warna payudara juga menjadi pertanda bahwa ini merupakan benar kanker payudara.

Perbedaan warna yang terjadi yaitu berubah menjadi kemerah-merahan, seperti saat iritasi memakai bra yang tidak cocok bahannya. Perbedaan warna antara iritasi dan gejala kanker  adalah saat warna berubah juga ditandai dengan tekstur yang bisa dikatakan seperti kulit jeruk. Area yang terkena kanker akan terlihat seperti berlekuk-lekuk dan kulit terlihat lebih tambah tebal.

4. Terasa Nyeri Pada Bagian Puting

Selain gejala di atas, cara mengenali gejala kanker payudara yang menyerang wanita adalah saat puting payudara  terasa nyeri saat disentuh. Tanda ini terkadang terjadi saat wanita akan mengalami menstruasi. Apabila kedua tanda diatas sudah jelas dan putting pun juga sudah terasa sakit, maka sudah bisa dipastikan ini merupakan kanker payudara yang berbahaya.

Disamping rasa nyeri yang dirasakan pada puting,  juga mengeluarkan cairan yang bukan seperti susu. Putting juga akan cenderung melesak ke dalam. Gejala tersebut sudah patut diwaspadai dan segera di periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5. Munculnya Benjolan di Area Ketiak

Tidak hanya benjolan pada area payudara saja, benjolan yang muncul bisa juga pada area ketiak wanita. Meskipun  dinamakan kanker payudara tetapi jaringan kanker itu bisa melebar sampai ke bagian ketik. Jadi, bukan berarti benjolan pada ketiak bukan merupakan kanker payudara. Benjolan ini dapat menyerang kelenjar getah bening yang ada pada ketiak.

Guna mengetahui lebih lanjut kebenaran terjangkit kanker payudara atau bukan, sebaiknya lakukan pengecekan pada diri sendiri setiap satu bulan sekali. Rajinlah mengenali bagaimana jaringan dan tekstur payudara diri sendiri. Jika terjadi perubahan akan mudah untukĀ  mengenalinya.

Baca: Mudah Beli Obat Online

Itulah tadi beberapa cara mengenali gejala kanker payudara yang secara umum dan mudah untuk di cek secara mandiri. Sebagai wanita, sebaiknya lebih berhati-hati dan lebih teliti, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *