Categories
Penyakit

Kenali Tingkatan Kanker dan Kondisi Stadiumnya

https://penirumasliusa.com/– Penyakit kanker memiliki tingkatan (grade) dan stadium (stage). Kalau tingkatan kanker diketahui dari penilaian terhadap sifat sel kanker. Sementara itu, stadium sebagai gambaran yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan dan penyebaran sel kanker sejauh mana. Pemahaman tentang keduanya sangat penting karena dapat membantu deteksi kanker sejak dini.

Tingkatan Sel Kanker

Dai triliunan sel dalam tubuh manusia, terdapat kondisi tertentu dimana sel tumbuh secara abnormal (sel yang tidak teratur, sel baru yang tidak dibutuhkan, sel lama yang masih bertahan, dan sel yang membelah tak terkendali). Sel dalam kategori abnormal ini dapat membentuk jaringan tumor/benjolan, baik tumor jinak maupun tumor ganas (kanker).

Baca: Cara Tahu Gejala Kanker Payudara

Dalam menilai tingkatan sel kanker, harus dilakukan pemeriksaan kondisi sel kanker di bawah mikroskop. Apabila pertumbuhan sel kanker lebih lambat, tingkatannya juga lebih rendah. Sebaliknya, apabila pertumbuhan sel kanker semakin cepat, artinya berada pada tingkatan yang lebih tinggi. Penjelasan lebih lanjut, simak tingkatan sel kanker yang perlu diketahui berikut ini.

  • Tingkat 1 – Pada kondisi ini, sel kanker masih tampak seperti sel dengan pertumbuhan sel yang masih normal. Disini, belum tampak tanda-tanda sel kanker seperti sel abnormal.
  • Tingkat 2 – Sel kanker pada tingkat ini mulai menunjukkan tanda-tanda yang berbeda. Sel kanker tumbuh lebih cepat daripada pertumbuhan sel normal.
  • Tingkat 3 – Disini sudah lebih jelas bahwa sel kanker itu sel abnormal. Kemungkinan tumbuh dan menyebar juga sangat tinggi, apalagi sel ini termasuk sel aktif.

Stadium Kanker

Pertumbuhan sel abnormal tentu saja dapat membuat fungsi kerja organ-organ tubuh manusia menjadi terganggu. Dengan begitu, pemeriksaan terhadap tingkat sel kanker, ukuran tumor dan penyebarannya perlu dilakukan untuk mengetahui gambaran stadium kanker.

Bagi dokter, gambaran stadium kanker akan sangat membantu dalam mengetahui seberapa parah kanker yang diderita dan juga peluang hidupnya. Tidak hanya itu, hal ini juga berkaitan pada pertimbangan dokter dalam upaya penanganan terbaik dan tepat. Diantara tahapan atau stadium kanker yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

1. Stadium 0

Kondisinya masih berada di tempat awal kemunculannya, itu berarti belum ada penyebaran ke jaringan tubuh lain. Pada tahap awal, peluang keberhasilan dalam pengobatan bisa dibilang cukup efektif. Itulah mengapa deteksi kanker sejak dini memang sangat penting. Tindakan medis yang bisa dilakukan yaitu operasi pengangkatan jaringan sel kanker.

2. Stadium 1

Pada tahap ini seringkali disebut kanker stadium awal karena jaringan kanker masih berada di satu area dan berukuran kecil. Diantara upaya pengobatan yang bisa dilakukan adalah operasi, kemoterapi, dan radioterapi. Namun sayangnya terkadang stadium 1 tidak terdeteksi padahal jika sejak awal terdeteksi tentunya akan lebih mudah untuk diobati.

3. Stadium 2

Tahap selanjutnya adalah stadium 2 yang tentu saja sudah harus menerima penanganan. Disini ukurannya tumbuh lebih besar dari kanker stadium 1. Pada tahap ini, kanker masih berada ditempat awal muncul dan belum ada penyebaran ke jaringan lain.

4. Stadium 3

Kalau tahap ini, sel kanker mulai menyebar ke jaringan tubuh lebih dalam dan rasa sakit akan lebih terasa sehingga lebih terdeteksi. Tetapi, tidak sampai menyebar pada bagian tubuh lainnya. Ada yang telah memulai persebarannya di sekitar kelenjar getah bening.

5. Stadium 4

Tahap selanjutnya, pertumbuhan dan penyebaran kanker telah sampai pada bagian tubuh yang lain. Setelah menyebar, pengendalian kanker akan lebih sulit. Upaya yang umumnya dilakukan paling tidak yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker atau menghentikannya dan mengurangi keluhan yang dirasakan oleh penderita kanker.

Cari Obat Kanker Ampuh Sekaligus Konsultasi Online

Demikian pengenalan tingkatan kanker dan kondisi stadium. Berbagai upaya pengobatan kanker dapat dilakukan supaya bisa sembuh atau mengurangi rasa sakit yang diderita. Sebaiknya penanganan lebih awal segera dilakukan jika sudah didiagnosa kanker. Kalau penyakit kanker mencapai kondisi kritis atau stadium 4, pengendaliannya akan lebih sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *