Categories
Kecantikan Tips Sehat

Kulit Sensitif: Ciri dan Cara Merawat

Apakah kulit Anda pernah mengalami reaksi gatal-gatal susudah menggunakan produk wewangian atau produk perawatan kulit, besar kemungkinan, Anda mempunyai kulit yang sensitif. Untuk mengetahui penanganannya, Anda harus mengenal terlebih dulu apa ciri kulit yang sensitif serta apa yang menyebabkan iritasi agar tak terulang. Berikut ini penjelasan dari penirumasliusa

Penyebab Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan sebuah kondisi kulit yang memberikan reaksi berlebihan karena faktor lingkungan. Reaksi yang berlebihan ini sering dialami ketika menggunakan sabun, sampo hingga kosmetik. Kondisi kulit yang sensitif dapat memburuk ketika terpapar udara yang dingin dan kering. Walaupun tanda dari iritasi tak terdeteksi, rasa tersengat, gatal dan perih biasanya selalu ada.

Baca: Aneka Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Setiap orang mempunyai pemicu reaksi kulit sensitif berbeda antara satu dengan yang lain. Contohnya, dapat disebabkan oleh perubahan suhu dan paparan polusi. Tak jarang juga bisa dipicu oleh kebiasaan seseorang menjalankan diet yang menyebabkan penurunan berat badan. 

Penyebab lain kulit menjadi sensitif ialah terlalu sering bergantung produk perawatan kulit secara berlebihan. Penggantian produk secara terus menerus dan terlalu sering menyebabkan pengelupasan kulit serta merusak pertahanannya. Sehingga, penggunaan produk ini bukannya membangun perlindungan untuk kulit, namun malah membuat kulit menjadi semakin lemah.

Sejumlah kondisi tersebut dapat melemahkan daya tahan kulit paling luar, sehingga kulit akan mengalami iritasi, mengelupas dan terasa panas. Oleh sebab itu, sangat disarankan menghindari suhu ekstrem, jika ingin melakukan pengelupasan kulit, lakukan sekali dalam seminggu.

Apa Saja Ciri Kulit Sensitif? 

Benda-benda yang sudah bersentuhan secara langsung dengan kulit dapat mempengaruhi kondisinya, gunakan produk yang lembut dan dapat menjaga kelembaban kulit. Berikut beberapa ciri kulit yang sensitif, antara lain:

  1. Ruam timbul dengan mudah

Jika kulit Anda mudah berubah menjadi ruam dan bercak karena menggunakan produk tertentu, bisa berarti ini menjadi tanda Anda memiliki kulit yang sensitif.

  1. Kulit tak bisa menyerap wewangian dengan maksimal

Produk yang mengandung wewangian biasanya tak bereaksi baik pada kulit sensitif wewangian yang kuat dapat membuat kulit berubah menjadi iritasi.

  1. Beberapa produk membuat wajah menjadi sakit menyengat atau memerah

Kulit yang berubah berwarna merah serta panas dapat menjadi ciri kulit sensitif karena reaksi alergi dari bahan kimia di dalam produk kecantikan. 

  1. Munculnya alergi

Ada kaitan yang kuat antara kulit sensitif dan alergi. Hin dari terburu-buru dalam mengganti produk perawatan wajah, apalagi jika wajah masih iritasi. Lebih baik hentikan terlebih dahulu penggunaan sama sekali beberapa saat. Bila kulit masih kering atau merah sesudah melakukan perawatan yang sama. Lebih baik Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk memastikan jika ini adalah tanda reaksi alergi.

  1. Kulit mengelupas

Kulit yang mengelupas memberi tanda keganjilan pada kelembaban kulit, pengelupasan yang berlebihan bisa dikarenakan terlalu sering melakukan scrub. Tak hanya itu, kulit mengelupas dapat dikarenakan oleh kekeringan kulit yang parah. Anda bisa menggunakan pelembab yang memiliki kandungan hyluronic agar dapat mengatasinya.  

  1. Kulit terasa gatal

Kulit yang terasa gatal adalah gejala kulit kering yang sudah parah. Anda harus mengembalikan kelembaban kulit dengan menggunakan produk perawatan yang menghidrasi dan lembut untuk mengisi kelembaban.

  1. Kulit memerah

Bila kulit yang Anda miliki terus menerus memerah, ini bisa menjadi pertanda Anda memiliki rosacea. Ciri kulit ini dikarenakan peradangan serta benjolan kecil. Saat memperoleh kondisi kulit ini diskusikan kembali dengan dokter untuk memperoleh perawatan terbaik. 

Tips Merawat Kulit Sensitif Agar Tetap Cantik

Berikut beberapa cara untuk merawat kulit sensitif agar tetap terlihat cantik:

  1. Lakukan tes produk kecantikan sebelum melakukan pembelian

Jika Anda melakukan pembelian produk perawatan kulit di pusat perbelanjaan, hindari langsung melakukan pembelian. Anda dapat menguji produk perawatan kulit yang Anda beli terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. 

  1. Gunakan tabir surya

Kulit sensitif begitu rentan dengan sinar matahari dan kerusakan. Sinar matahari dapat membuat kulit menjadi radang serta muncul bercak berwarna merah. Agar bisa menghindari hal ini, pastikan kembali jika kulit sudah dioles tabir surya terlebih dulu sesudah mandi pagi. Usahakan menggunakan SPF 15 sehingga kulit bisa terhindar dari pancaran matahari secara maksimal.

  1. Gunakan toner

Toner dapat memberi efek menenangkan sehingga bagi Anda yang memiliki kulit sensitif harus menggunakannya. Manfaat dari toner yang adalah dapat memberi dorongan hidrasi untuk kulit sehingga kulit tak akan merasa kekeringan.

  1. Perlakukan kulit secara lembut

Sebenarnya, bukan hanya untuk si pemilik kulit sensitif yang harus memperlakukan kulitnya dengan lembut, namun semua jenis kulit juga harus diperlakukan dengan lembut. Anda dapat mengoleskan produk kecantikan secara lembut hingga ke seluruh wajah, karena bila Anda melakukannya secara kasar, kulit malah menjadi memerah dan gatal.

Oh Ini Ternyata Penyebab Siklus Mens Tidak Teratur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *