Categories
Kecantikan Tips Sehat

Kenali Ciri-ciri Payudara yang Sehat (Bentuk, Ukuran, dan Jenis Puting)

Bagi sebagian orang, pasti menganggap pembahasan mengenai payudara ini adalah hal yang tabu. Padahal, mengetahui ciri payudara yang sehat adalah pengetahuan penting bagi setiap wanita. Pasalnya, tidak semua wanita tahu apakah payudaranya sehat atau tidak. Tak sedikit pula yang bertanya-tanya apakah ukuran payudaranya normal. 

Baca juga: Tips Merawat Kulit Sensitif

Nah, tidak perlu malu karena pertanyaan tersebut penting untuk mengetahui kondisi payudara Anda. Untuk itu, mari kita kenali ciri-ciri payudara yang sehat dan kondisi seperti apa yang perlu diwaspadai dengan membaca ulasannya dibawah ini.

Ukuran Payudara Anda Besar Sebelah, Normal atau Tidak?

Bagi Anda yang telah memasuki usia remaja dan mendapati bentuk tubuhnya mengalami perubahan fisik, salah satunya payudara yang membesar, maka akan bertanya-tanya mengapa ukuran payudara kiri dan kanannya berbeda? Apakah hal tersebut normal? Tenang, jawabannya adalah sangat normal, terutama bagi Anda para wanita yang tengah berada pada masa pubertas.

Baca: Tips Mengetahui Gejala Kanker Payudara

Tidak hanya saat usia pubertas, perbedaan ukuran payudara juga bisa muncul ketika usia Anda 20-an. Fakta ini pun didukung oleh suatu penelitian yang menyatakan bahwa 44 persen wanita mengatakan satu payudaranya lebih kecil daripada payudara satunya. Kondisi ini secara umum terjadi ketika anak perempuan mulai pubertas dan payudara mulai berkembang yang ditandai dengan sedikit pembengkakan pada bagian bawah puting susu atau lebih dikenal dengan istilah breast budding. Pada saat ini, Anda akan menyadari bahwa salah satu payudara Anda mulai berkembang, sebelum payudara yang lain atau tumbuh lebih cepat.

Dari penjelasan di atas, Anda tidak perlu khawatir apabila ukuran payudaranya berbeda, terutama saat remaja. Namun, apabila Anda tetap khawatir dan ingin tahu lebih detailnya, bisa berkonsultasi dengan dokter atau ginekologi untuk meyakinkan diri bahwa payudaranya normal.

Puting Payudara Anda Masuk ke Dalam, Apakah Normal?

Selain ukurannya yang beda sebelah, ada satu lagi bagian payudara yang sering menimbulkan tanda tanya yaitu puting payudara yang masuk ke dalam. Apakah kondisi tersebut normal? Secara umum, kita mengetahui bahwa puting payudara selalu menonjol keluar karena berfungsi untuk menyusui bayi. Meski demikian, ada pula bentuk puting payudara wanita yang tidak menonjol atau masuk ke dalam. Berdasarkan hasil studi menunjukkan bahwa sekitar 10 persen wanita memiliki puting susu yang tidak menonjol bahkan masuk ke dalam (inverted nipple).

Secara ilmiah, hal ini bisa saja terjadi karena jaringan yang menghubungkan puting payudara Anda menjadi lebih pendek. Namun, Anda tidak perlu khawatir memiliki puting payudara yang tidak menonjol karena tetap bisa berfungsi untuk menyusui si kecil. Hanya saja, yang perlu diwaspadai adalah ketika puting Anda semula menonjol, kemudian menjadi tidak menonjol lagi. Jika hal tersebut terjadi, segera konsultasi dengan dokter karena menjadi indikasi kanker.

Di sekitar Aerola Anda Muncul Rambut Kecil, Normalkah?

Mungkin, Anda juga bertanya-tanya kenapa disekitar aerola atau kulit gelap di area puting susu muncul rambut kecil. Apakah hal tersebut normal atau tidak? Lagi-lagi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena masih dianggap normal. Namun, apabila Anda merasa risih dengan kemunculan rambut kecil, diperbolehkan untuk mengguntingnya. Yang perlu diperhatikan, jangan sekali-kali mencabut rambut kecil karena bisa berpotensi menyebabkan infeksi dan rambut tumbuh ke dalam.

Lalu, Kapan Harus Periksa ke Dokter Terkait Kondisi Payudara Anda yang Tidak Beres?

Nipple Discharge

Salah satu kondisi yang perlu Anda waspadai terkait payudara yang tidak normal adalah nipple discharge. Kondisi ini biasanya terjadi sebelum menopause, keluar cairan berwarna kehijauan, jernih, bahkan merah (berdarah), dan ada benjolan. Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Benjolan di Payudara

Apabila Anda menemukan adanya benjolan pada sekitar payudara atau ketiak, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis. Sebab, bisa jadi tanda tersebut merupakan indikasi tumor atau kanker.

Perubahan Warna dan Tekstur

Ketika mandi, pasti Anda mengamati seluruh bagian tubuh Anda, termasuk payudara. Nah, apabila Anda menemukan kulit sekitar payudara Anda terasa gatal, bersisik, bahkan kemerahan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah payudara Anda normal atau tidak.

Payudara Terasa Sakit

Sebenarnya, payudara terasa sakit wajar saja dialami oleh setiap wanita ketika menjelang menstruasi. Hal tersebut normal karena rasa sakitnya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, yang perlu Anda waspadai ketika rasa sakit tersebut tidak kunjung hilang, maka segera periksakan diri ke dokter guna memastikan apakah payudara Anda baik-baik saja atau tidak.

Perubahan Ukuran dan Bentuk

Ukuran dan bentuk payudara dapat berubah seiring bertambahnya usia dan kondisi tertentu seperti saat menstruasi, hamil, serta menopause. Namun, ketika perubahan payudara Anda terjadi di luar waktu tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisinya baik-baik saja.

Baca: Waspadai Level Kanker

Nah, setelah membaca ciri-ciri payudara sehat di atas, sudahkah Anda memeriksa kondisi payudara Anda secara mandiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *