Categories
Penyakit

Kenali Berbagai Gejala Psoriasis yang Umum Terjadi

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit psoriasis? Ya, psoriasis ini merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang terjadi dalam waktu lama hingga bertahun-tahun dan tidak menular. Terkait penyebab psoriasis sebenarnya belum dapat diketahui secara pasti. Tapi, apabila dilihat dari gejala kemunculan psoriasis, penyakit ini melibatkan kondisi autoimun dimana sistem kekebalan tubuh penderita terganggu dan menyerang tubuhnya sendiri. 

Nah, seperti apakah gejala yang ditimbulkan oleh psoriasis ini? Yuk simak lebih jelasnya pada ulasan dibawah ini!

Gejala Psoriasis Umum yang Muncul

Penderita psoriasis ini mengalami permasalahan pada kulitnya. Jadi, sel kulit penderita psoriasis ini mengalami pembelahan secara terus menerus atau abnormal. Jika pada kulit orang normal, sel kulit yang mati akan mengelupas dan diganti dengan sel kulit yang baru dalam waktu yang tidak lama. Namun, berbeda dengan penderita psoriasis yang terus membelah. Bahkan, psoriasis ini menyebabkan sel kulitnya menggandakan diri hingga 10 kali lebih cepat dari sel kulit normal. Akibatnya, sel kulit baru terus tumbuh dalam hitungan hari. Inilah yang mengakibatkan gejala psoriasis yang ditandai dengan permukaan kulit yang menebal dan nampak tertumpuk pada bagian-bagian tertentu.

Baca: Tanda Darah Rendah dan Darah Tinggi

Tidak hanya itu saja, gejala psoriasis juga ditunjukkan dengan adanya bercak kulit warna putih atau kemerahan yang bersisik tebal. Ciri-ciri tersebut biasanya ditemukan pada permukaan kulit bagian kaki, punggung, lutut, siku, tangan, dan kulit kepala. Pertanyaannya, siapakah yang berisiko mengalami penyakit psoriasis? Rupanya, gejala psoriasis bisa dialami oleh siapa saja, baik laki-laki ataupun perempuan yang berusia produktif sekitar 15 hingga 35 tahun. Jadi, pastikan untuk meningkatkan kewaspadaan apabila muncul tanda-tanda atau gejala penyakit psoriasis supaya bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. 

Secara umum, gejala yang timbul akibat psoriasis adalah sebagai berikut. Pertama, bagian kulit yang memerah, terasa tebal, kering, dan bersisik. Kedua, kulit pecah-pecah dan terkadang bisa berdarah. Ketiga, kuku yang menebal dengan tekstur yang tidak merata. Terakhir, sendi-sendi yang membengkak dan kaku.

Gejala Psoriasis Sesuai Jenisnya

Gejala psoriasis di atas adalah gejala yang umum terjadi. Namun, ciri-cirinya bisa berubah tergantung dari tingkat keparahan penyakit psoriasis. Bahkan, antara satu penderita dengan penderita yang lain, gejala psoriasis bisa berbeda karena mungkin jenis psoriasis yang dialami berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk kita cari tahu jenis psoriasis yang secara umum sering dialami dan masing-masing gejala khususnya.

Gejala Psoriasis Plak

Dilansir dari situs kesehatan terpercaya, penyakit psoriasis jenis plak ini hampir dialami oleh 90 persen orang. Gejala yang ditunjukkan oleh psoriasis plak diantaranya adalah munculnya bercak merah pada kulit dengan sisik yang tebal berwarna perak. Adanya lapisan kering, tipis, dan berwarna putih keperakan yang menutupi plak tersebut. Gejala ini biasanya muncul di area kulit seperti kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bawah. Kulit kering dan pecah sampai berdarah. Kemudian, timbul rasa gatal dan terbakar di area yang terkena.

Tanda psoriasis ini juga bisa ditemui di area kuku yang ditunjukkan dengan adanya perubahan warna, kuku mudah hancur, dan menebal. Gejala lain berupa munculnya lubang-lubang pada kuku dan bengkak pada sendi. Apabila sudah menyebar ke kuku, gejala yang muncul seperti lekukan kecil di kuku, kuku cenderung mudah rusak, kasar, dan menebal, munculnya tumpukan sel kulit di bagian bawah kuku disertai munculnya warna putih, kuning, dan cokelat di bagian bawah kuku.

Psoriasis plak juga bisa ditemui di area kepala yang sering dianggap ketombe berlebih dan penebalan kulit kepala, sehingga diabaikan oleh sebagian orang. Ciri-ciri psoriasis plak di kulit kepala ini ditunjukkan dengan kemunculan sisik penebalan berwarna putih.

Gejala  Psoriasis Guttata

Jenis lain yaitu psoriasis guttata yang muncul berupa bercak kecil bersisik merah pada setiap bagian tubuh. Penderita yang mengalami psoriasis guttata akan ditandai dengan munculnya benjolan kecil di area kulit secara tiba-tiba. Kemudian, benjolan tersebut menutupi sebagian besar tubuh, kaki, hingga lengan. Bahkan, benjolan juga muncul di area wajah, kulit kepala, dan telinga. Adapun ciri-ciri benjolan tersebut yaitu berukuran kecil dan bersisik serta berwarna merah muda.

Kondisi psoriasis guttata sering dialami oleh anak-anak dan usia dewasa muda. Biasanya, psoriasis guttata dipicu oleh infeksi bakteri radang tenggorokan. Gejala psoriasis ini bisa datang dan pergi pada tubuh seseorang, namun juga bisa hanya muncul sekali seumur hidup.

Selain dua jenis psoriasis di atas, waspadai juga gejala psoriasis lain seperti inversa, pustular, dan eritrodermik. Nah, setelah mengetahui gejala-gejala psoriasis diatas, segera konsultasi dengan dokter apabila mengalaminya. Kemudian, dokter akan memberikan perawatan baik melalui obat psoriasis maupun bentuk pengobatan psoriasis lainnya. Jangan sampai mengabaikannya karena dikhawatirkan akan tambah parah dan memengaruhi sendi.

references:
https://www.healthline.com/health/psoriasis
https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/understanding-psoriasis-basics
https://www.psoriasis.org/about-psoriasis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *