Categories
Tips Sehat

Yuk Cari Tahu Kesehatan Tubuh Melalui Warna Kuku

penirumasliusa.com – Kuku ternyata tidak hanya dijadikan sebagai penunjang penampilan saja. Akan tetapi ternyata melalui kuku, Anda bisa melakukan pengecekan bagaimana kondisi tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa untuk setiap orang akan mempunyai warna kuku yang berbeda. Ternyata hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan diri seseorang.

Jangan Lupa Cuci Tangan Setelah dari Toilet

Laju dari pertumbuhan kuku dapat memberikan petunjuk mengenai kondisi kesehatan diri seseorang. Secara umum, kuku jemari mempunyai pertumbuhan 3,5 mm untuk setiap bulannya. Hal ini tergantung pada asupan nutrisi, penyakit obat-obatan yang dikonsumsi, ataupun proses penuaan tubuh.

Warna Kuku Pendeteksi Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ternyata warna kuku sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu sangat penting sekali bagi Anda untuk bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh melalui warna kuku yang dimiliki, diantaranya seperti berikut:

  1. Kuku Kuning

Ciri seseorang yang mempunyai kuku berwarna kuning secara umum disebabkan pada beberapa faktor. Misalnya penggunaan kuteks yang secara rutin, maupun adanya faktor penuaan. Selain itu bagi perokok juga cenderung mempunyai kuku berwarna kuning di bagian permukaan kuku jari. Apabila kondisi kuku Anda berwarna kuning, rapuh dan tebal, maka salah satu penyebabnya yaitu adanya infeksi jamur.

  1. Terdapat Bercak Putih

Permukaan kuku yang memiliki noda putih atau bercak berwarna putih memang umum terjadi karena adanya reaksi trauma ringan dan hal ini bukan diakibatkan defisiensi kalsium. Dalam dunia medis kondisi seperti ini memang tidak membahayakan dan akan menghilang dengan sendirinya. Jika sekiranya bercak putih tersebut tidak kunjung hilang, berkemungkinan hal ini dikarenakan adanya infeksi jamur.

  1. Terdapat Garis Putih Horizontal

Selain terdapat bercak putih, ternyata bagian permukaan kuku juga terdapat garis putih horizontal. Selain disebabkan karena adanya trauma, ternyata kondisi seperti ini juga seringkali terjadi akibat penyakit seperti pneumonia, demam tinggi dan scarlet fever. Apabila diri seseorang mempunyai kuku seperti ini, maka dapat menimbulkan pertumbuhan kuku terhambat.

  1. Terdapat Garis Vertikal

Cobalah untuk memperhatikan pada bagian kuku Anda. Apabila terdapat garis vertikal maka hal ini menunjukkan adanya tanda penuaan dan hal ini terjadi sebagai tanda alami. Dengan bertambahnya usia, maka garis vertikal tersebut akan semakin terlihat jelas. Oleh karena itu Anda tidak perlu merasa khawatir, karena yang terdapat garis vertikal bukan tanda adanya kondisi medis yang mengancam tubuh seseorang.

  1. Kuku Menghitam

Kuku orang yang berwarna hitam dikarenakan adanya darah pada area kulit dibawahnya dan hal ini seringkali terjadi akibat trauma ataupun luka yang menimbulkan cedera. Ternyata kuku yang mempunyai warna menghitam bisa menjadi tanda adanya penyakit kanker kulit dan melanoma. Jika sekiranya warna hitam tersebut semakin lebar, maka sebaiknya Anda segera mengkonsultasikannya kepada dokter.

  1. Kuku Putih Kecoklatan

Warna kuku putih kecoklatan ini menjadi tanda adanya penyakit gagal ginjal. Hal ini dikarenakan untuk penyakit gagal ginjal tersebut bisa menimbulkan adanya perubahan kimiawi yang terdapat pada darah dan mendorong melamin dilepaskan ke bagian dasar kuku. Selain itu, gagal ginjal juga menimbulkan adanya peningkatan pembuluh darah kecil yang semakin banyak pada bagian kuku.

  1. Kuku Lembek

Kondisi kuku yang lembek dan mudah rapuh dikarenakan adanya lempeng kuku yang kering. Hal ini seringkali terjadi akibat penggunaan aseton secara rutin, sering berenang atau seringkali berada pada lingkungan yang kering. Selain itu, kuku yang lembek atau rapuh juga dikarenakan Anda kekurangan asupan vitamin seperti A, B dan vitamin C.

Masih ada penyebab lain, misalnya saja penggunaan produk pembersih cuci baju, cuci piring ataupun adanya faktor penuaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan mengaplikasikannya menggunakan krim pelembab tangan.

  1. Kuku Putih

Kuku putih dapat terjadi adanya infeksi jamur ataupun tanda diri seseorang yang kekurangan asupan darah. Terutama pada bagian ujung-ujung jari, hal ini disebut sebagai Terry’s nails. Kondisi inilah yang menyebabkan kuku berwarna putih susu dan pada bagian ujungnya berwarna gelap atau kemerahan.

Tidak hanya itu saja, karena seseorang yang mempunyai warna kuku putih susu juga disebabkan adanya gangguan kesehatan seperti mengalami gagal jantung, ginjal, hati, diabetes, sirosis hati, anemia, defisiensi, reaksi kemoterapi, malnutrisi, bahkan sampai hipertiroidisme. 

Jangan menganggap sepele mengenai warna kuku putih susu ini. Sehingga Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi lebih jauh. Terlebih lagi jika Anda juga merasakan adanya perubahan pada kesehatan dalam tubuh.

  1. Clubbing

Untuk kuku clubbing ini berada pada kondisi jaringan yang ada di bawah kuku menebal dan bagian ujung kaki berbentuk bulat atau pun bengkak. Pada biasanya ujung kuku akan tumbuh ke arah mengikuti bentuk ujung jari. Kuku clubbing ini hasil dari adanya peningkatan aliran darah ke bagian ujung jari dan hal ini tidak membahayakan pemilik kuku.

Baca: Akibat Jika Alami Depresi

Semua orang tentunya menginginkan kondisi kuku yang bersih meskipun terkadang bagian tubuh yang satu ini seringkali diabaikan. Cukup dengan melihat bagian kuku dan warnanya, maka diri seseorang bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuhnya, seperti pada penjelasan yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *