Categories
Makanan

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Membuat Diary Makanan

penirumasliusa com – Membuat diary makanan menjadi salah satu cara yang paling mudah dilakukan bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Meskipun hal ini sangat sederhana dilakukan, namun ternyata diary makanan sangat ampuh untuk membantu supaya lebih mudah dalam membuat porsi makanan berkurang secara perlahan.

Baca: Antara Dada dan Paha Ayam, Mana yg Lebih Sehat?

Isi dari diary makanan atau catatan tersebut misalnya saja seperti minuman dan jenis makanan yang wajib dikonsumsi, jumlah porsi makanan dan minuman, berapa kali makanan harus dikonsumsi dan yang lainnya. Supaya proses penurunan berat badan berhasil, tentunya pencatatan harus dimulai sebelum melakukan diet dan selama menjalankan. Penurunan berat badan harus konsisten dengan diary makanan tersebut

Cara Memulai Diet dengan Diary Makanan

Mengurangi porsi makanan selama menjalankan program diet memang tidak cukup tanpa mempunyai diary makanan. Hal ini dikarenakan terkadang diri seseorang merasa dilema ketika melihat beberapa makanan lezat yang ada di hadapannya. Lalu bagaimana cara memulai diet dengan diare makanan?

Cara yang bisa dilakukan sangatlah mudah, karena Anda hanya membutuhkan buku, pulpen dan gadget saja untuk membuat catatannya. Berikut ini cara yang dapat diikuti:

  1. Catat Semua Makanan dan Minuman yang Wajib dikonsumsi

Langkah sederhana yang harus dilakukan yaitu dengan mencatat semua jenis makanan dan minuman yang wajib dikonsumsi selama menjalankan program diet. Jika sekiranya sudah mencatat jenis makanan yang wajib dikonsumsi, jangan lupa juga untuk membuat catatan makanan dan minuman apa yang sudah Anda konsumsi untuk hari ini.

Untuk proses pencatatan ini dilakukan setiap hari, terutama menjelang tidur supaya bisa melakukan pengontrolan jenis makanan dan minuman apa yang sudah masuk ke tubuh. Supaya tidak lupa dalam mencatatnya, sebaiknya setelah makan atau minum Anda dapat mencatatnya secara langsung. Jangan lupa untuk menuliskan hari dan tanggalnya.

  1. Catat Porsi Makan

Selain mencatat makanan dan minuman yang sudah dikonsumsi, Anda pun juga perlu melakukan pencatatan pada porsi makanan yang dikonsumsi dalam sehari. Tujuan dari pencatatan porsi makan yaitu supaya lebih memudahkan diri Anda dalam melakukan evaluasi antara hari ini, besok dan lusa. Saat pertama kali menjalankan diet tentunya akan mempunyai porsi makan seperti pada biasanya.

Sebab itu, untuk hari selanjutnya dapat mengurangi sedikit demi sedikit porsi makanan supaya tidak seperti pada biasanya. Ada baiknya jika setiap harinya mengurangi porsi makan supaya lebih mudah dalam proses penurunan berat badan. Misalnya saja,  hari ini Anda mengkonsumsi nasi sehari tiga kali, untuk hari esoknya bisa mengkonsumsi nasi dua kali sehari saja dan hal ini dapat dilakukan di hari-hari berikutnya.

  1. Jangan Lupa untuk Membaca Diary Makanan

Membaca diary makanan dari hari pertama menjalankan program diet sampai sekarang harus dilakukan supaya Anda bisa menyadari sudah berapa banyak makanan yang dikonsumsi. Penting juga dilakukan untuk menimbang berat badan setiap hari nya supaya bisa mengetahui apakah program diet yang dijalankan dari hari pertama sampai sekarang membuahkan hasil.

4 Poin Penting yang Harus Ada dalam Diary Makanan

Setelah Anda membuat diary makanan seperti langkah-langkah yang ada di atas, maka langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu 4 poin penting yang harus ada di dalam buku diary makanan. Diantaranya seperti berikut ini:

  1. Makanan yang dimakan

Poin pertama yang wajib dituliskan di dalam buku diary yaitu jenis makanan apa saja yang Anda makan. Selain makanan, catat juga minumannya. Hal ini memang dianggap sepele dan cukup merepotkan. Namun cara ini sangat ampuh untuk bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang lebih singkat. Misalnya Anda mempunyai target menurunkan berat badan dalam waktu 1 bulan.

  1. Cara Pembuatan Makanan

Sebutkan jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi dan catat cara pembuatan dari makanan yang tersebut. Misalnya saja apakah makanan tersebut diolah dengan cara digoreng, dipanggang, direbus, ataupun yang lainnya. Tambahkan juga seperti bumbu apa saja yang digunakan. 

Namun dengan catatan apabila Anda mengkonsumsi makanan tersebut dengan cara memasaknya sendiri. Jika Anda membeli makanan diluar dan jika harus menyertakan bumbu akan cukup merepotkan. Sehingga seringkali membuat malas untuk menuliskannya ke dalam diary makanan.

  1. Banyaknya Makanan yang Anda Konsumsi

Anda harus menuliskan sudah berapa banyak makanan yang dikonsumsi dalam satu hari ini. Tujuan dari penulisan nya yaitu supaya bisa memperbaiki jumlah makanan dari hari ke hari untuk bisa mengurangi jumlah porsinya.

  1. Waktu Makan

Anda diharuskan untuk memperhatikan dari segi waktu makan supaya membantu untuk mengidentifikasi pada waktu yang berpotensi bermasalah. Misalnya saja mengkonsumsi makanan lebih dari jam 5 atau mengemil di tengah malam.

Baca: Kuku Kuning tanda Diabetes?

Bagi orang yang masih awam, mencatat di buku diary makanan memang cukup merepotkan. Namun ternyata cara ini sangat ampuh supaya bisa memberikan hasil yang optimal selama program diet. Dengan hal ini maka bisa memulainya secara perlahan dan yang pasti cara Ini membutuhkan konsisten bagi diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *