Categories
Diet Makanan

Prosedur Diet Atkins Agar Sukses dengan Cepat

Proses diet atkins bisa dilakukan dengan cara mengurangi karbohidrat, sehingga akan menjadikan proses pada pembakaran lemak berjalan lebih efektif. Proses diet atkins akan lebih mengutamakan pembakaran lemak dan hal ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai sumber energi. Dengan hal ini maka bisa mendorong adanya penurunan berat badan.

Penting Diary makanan untuk Diet

Seperti proses penurunan berat badan pada umumnya, bahwa untuk diet atkins ini mempunyai peluang dalam memperbaiki adanya gula darah maupun kadar kolesterol. Program diet ini bisa memperbaiki bagian trigliserida yang terdapat pada darah. Meskipun tidak diketahui lama dari efek tersebut akan bertahan.

Diri seseorang yang menjalankan program diet atkins ternyata bisa membantu untuk mengurangi adanya resiko penyakit diabetes, sindrom metabolik, tekanan darah yang tinggi, bahkan sampai adanya penyakit jantung. 

Diet Atkins, Apa itu?

Pengertian dari diet atkins yaitu pola diet gunakan asupan protein dan tinggi lemak, akan tetapi rendah karbohidrat. Apabila dilihat dengan sekilas, untuk pola makan yang mengedepankan tinggi lemak sebenarnya memang tidak terlalu baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan makanan yang tinggi lemak dapat meningkatkan resiko penyakit kronis ataupun kolesterol.

Akan tetapi hal ini tidak selamanya berlaku, asalkan Anda menjalankan diet Atkins dengan cara yang tepat. Sementara program diet ini dianggap jauh lebih baik dan efektif dalam menurunkan berat badan pada waktu yang lebih singkat. Walaupun pada dasarnya untuk jenis lemak trans dan lemak jenuh tidak baik bagi kesehatan, akan tetapi tidak semua jenis lemak itu buruk. Tubuh juga membutuhkan lemak baik, lemak tak jenuh HDL untuk membantu dalam menjalankan fungsi secara normal.

Untuk lemak tak jenuh yang ada di dalam tubuh memiliki kegunaan untuk melindungi kesehatan jantung, membantu mengurangi berat badan, serta mengontrol gula darah. Oleh karena itu, untuk menu dari makanan diet atkins kebanyakan yaitu sumber makanan yang memiliki kandungan rendah lemak atau protein murni seperti lemak sehat HDL ataupun sayuran yang mempunyai kandungan serat tinggi.

Mengkonsumsi makanan dengan rendah karbohidrat bisa meningkatkan metabolisme pada tubuh. Sehingga secara tidak langsung bisa membakar simpanan lemak lebih banyak lagi.

4 Fase dalam Menjalankan Diet Atkins

Dalam menjalankan program diet atkins tentunya ada beberapa prosedur yang wajib diperhatikan dengan baik. Tanpa memperhatikan prosedur tersebut tentunya program diet yang Anda jalankan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Berikut ini prosedur yang harus diperhatikan selama menjalankan diet Atkins, diantaranya:

Program diet atkins mempunyai 4 fase yang seharusnya diperhatikan sebelum Anda memulai diet. Berikut ini 4 fase yang bisa Anda ketahui:

  • Fase Induksi

Fase induksi menjadi fase pertama, ialah sebagai periode pada saat tubuh melakukan penggantian sumber energinya, yaitu dari karbohidrat menjadi lemak. Untuk proses ini disebut juga sebagai ketosis. Sehingga Anda dapat menyadari adanya penurunan berat badan secara tepat. Pada fase induksi ini Anda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi karbohidrat melebihi 20 gram selama 2 minggu.

Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung protein, tinggi lemak sehat, rendah karbohidrat dan sayuran hijau. Hal ini memiliki tujuan supaya penurunan berat badan dapat berjalan lebih cepat.

  • Fase Balancing

Pada fase balancing ini Anda bisa menambahkan sayuran yang rendah karbohidrat, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Sebaiknya makanan tersebut dikonsumsi kurang lebihnya 5 hingga 20 gram untuk per sajian nya. Selain itu Anda juga disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan gula lebih banyak.

  • Fase Fine-Tuning

Jika sekiranya berat badan yang Anda inginkan hampir tercapai, maka silahkan tambahkan karbohidrat ke dalam diet. Namun jangan terlalu banyak, karena tidak disarankan apabila melebihi 10 gram. Dengan hal ini maka Anda harus melakukan pengontrolan makanan yang dikonsumsi dengan sebaik mungkin.

  • Fase Maintenance

Pada fase yang ke-4 ini maka Anda yang sedang menjalankan program diet atkins disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis karbohidrat yang sehat. Hal ini dikarenakan tubuh telah mentoleransinya tanpa menaikkan berat badan Anda. Pada fase ini memang yang banyak diminati dibandingkan dengan fase induksi yang seringkali ditinggalkan.

Di dalam fase maintenance ini memang sulit dilakukan, akan tetapi bisa digunakan untuk mengurangi berat badan sekaligus menjaga supaya Anda tetap berpegang teguh terhadap meal plan yang telah direncanakan.

Baca: Makanan dan Sistem Pencernaan Manusia

Menjalankan program diet Atkins memang menjadi solusi yang tepat dilakukan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan lebih cepat. Terlebih lagi banyaknya pantangan yang harus dihindari supaya diet yang Anda jalankan benar-benar berhasil. Keberhasilan dalam program diet tergantung bagaimana diri seseorang berkonsistensi pada dirinya sendiri. Sebab itu perhatikan program diet yang sedang Anda jalankan dengan sebaik mungkin supaya membuahkan hasil yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *