Categories
Obat

3 Kegunaan FG Troches dan Cara untuk Mengonsumsinya

Kegunaan FG Troches

FG Troches merupakan obat radang tenggorokan yang sering digunakan karena khasiatnya sangat ampuh. Kegunaan FG Troches ini bisa digunakan dari anak-anak sampai orang dewasa. Berikut kegunaannya dan cara untuk mengonsumsinya agar tidak salah dosisnya. 

Kegunaan FG Troches

1. Membunuh Bakteri

Troches adalah obat dengan kandungan antibiotik Gramicidin dan Fradiomycin yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Kedua kandungan antibiotik ini memiliki fungsi untuk membunuh bakteri yang bisa menyebabkan Anda mengalami radang tenggorokan.  

Jadi, masalah radang tenggorokan tidak begitu cepat menyebarnya dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Bakteri baik yang ada di tenggorokan pun tidak akan terganggu dan bisa tetap menjaga kesehatan tenggorokan ini.  

2. Mencegah Infeksi

Radang pada tenggorokan akan terasa sangat tidak nyaman. Obat troches akan membantu untuk mencegah terjadinya infeksi pada tenggorokan. Bisa juga digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi pada bagian lainnya seperti radang gusi atau radang mulut dan faring. 

Obat antibiotik ini digunakan untuk meredakan infeksi dengan adanya kandungan spektrum antibakteri yang luas. Kandungan ini yang akan bekerja dengan efektif melawan gram-negatif, gram positif dari berbagai jenis bakteri berbahaya. Proses kerjanya pun cepat, sehingga dalam 7 hari sudah kelihatan dampak dari mengonsumsi obat ini bekerja optimal atau tidak.  

3. Mengobati Peradangan

Radang tenggorokan yang dibiarkan begitu saja tanpa segera diobati bisa menjadi semakin parah. Bahkan bisa mengganggu Anda saat bernapas. Kegunaan FG Troches juga bisa untuk mengobati peradangan agar tidak semakin parah.  

Dosis Mengonsumsi FG Troches

FG Troches bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan dewasa dengan dosis yang berbeda. Buat anak-anak dosisnya 1 tablet isap yang dikonsumsi 4 sampai 5 kali sehari. Dosis untuk orang dewasa sebanyak 1 atau 2 tablet isap yang dikonsumsi 4 sampai 5 kali sehari. Dosisnya disesuaikan dengan kondisi radang yang dialami. 

Dosis 1 tablet isap FG Troches terdiri dari kandungan 2,5 mg fradiomycin dan 1,0 mg gramicidin. Obat ini diminum setelah makan dengan cara dihisap sampai habis di mulut seperti permen. Cara ini akan membunuh bakteri penyebab infeksi secara perlahan sampai akhirnya habis. 

Meskipun obat ini dikonsumsi dengan mudah tetapi tidak boleh sembarangan meminumnya dengan dosis yang tidak sesuai. Anda tetap harus mendapatkan ketentuan minumnya dari dokter karena obat FG Troches merupakan obat keras.      

Cara penggunaan obat FG Troches ini tidak boleh digunakan pada beberapa orang yaitu tidak boleh digunakan pada orang yang alergi terhadap antibiotik. Obat ini juga harus hati-hati digunakan pada lansia karena bisa berisiko mengalami avitaminosis atau menyebabkan terjadinya kekurangan vitamin.

Anda yang memiliki riwayat hipersensitif juga tidak boleh mengonsumsi obat antibiotik ini. Tanda tidak cocoknya obat ini saat dikonsumsi adalah adanya warna hitam pada lidah dan mukosa mulut akan berwarna merah. 

Anda bahkan bisa mengalami peradangan yang lebih dari biasanya. Efek samping yang ringan terjadi adalah Anda akan merasa tidak nafsu makan dan terasa nyeri di bagian saraf. Reaksi alergi juga menjadi tanda yang harus diwaspadai seperti gatal, kemerahan, dan kesulitan bernapas. Obat ini bisa diminum tidak lebih dari 1 minggu.

Kegunaan FG Troches ini sangat membantu Anda yang mengalami peradangan di bagian tenggorokan atau bagian lain di rongga mulut. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *