Categories
Tips Sehat

4 Fungsi Kacamata Anti Radiasi Cegah Mata Minus

Fungsi Kacamata Anti Radiasi

Mata minus atau biasa disebut sebagai rabun jauh kerap kali dialami remaja dan orang dewasa. Namun, seiring dengan perkembangan zaman rabun jauh juga bisa dialami oleh anak-anak kecil mulai usia 6 hingga 10 tahun. Kondisi seperti ini menyebabkan anak-anak harus menggunakan kacamata. Adapun kacamata yang bisa dipakai adalah kacamata yang menggunakan lensa radiasi. Berikut ini fungsi kacamata anti radiasi untuk cegah mata minus.

1. Mencegah dari Sinar Berbahaya

Ada beberapa penyebab terjadinya mata minus atau rabun jauh yang dialami oleh anak-anak. Salah satunya adalah penggunaan gawai yang terlalu intens. Apapun itu bentuknya gawai, baik berupa smartphone, tablet, laptop, komputer desktop maupun penggunaan televisi. Barang-barang inilah yang bisa menimbulkan sinar radiasi yang menyebabkan mata minus atau rabun jauh.

Lensa radiasi memiliki lapisan yang berbeda dari lensa yang biasanya. Pada umumnya lensa radiasi ini memiliki 3 lapisan. Yaitu, lapisan anti silau, lapisan keras dan lapisan anti air. Lensa radiasi ini biasanya dapat menahan sinar biru yang menyebabkan mata cepat lelah antara 60 sampai 100 persen dan tergantung dari bahan logam pelapisnya.

2. Mencegah Timbulnya Gejala Lain

Awal mulanya mata terasa cepat lelah dan biasanya ditandai dengan gejala mata perih, terasa gatal, bahkan memerah. Jika dibiarkan menatap layar terlalu lama dan dalam jarak yang dekat, maka lambat laun kepala menjadi sering pusing bahkan terasa ingin mual. Oleh karena itu, sebagai bentuk upaya pencegahan kepada anak-anak, Anda bisa memilihkan kacamata yang menggunakan lensa antiradiasi.

Lensa ini bisa diatur untuk ukuran mata minus ataupun normal. Anda bisa mengajak anak Anda ke optik pilihan dan mintalah ke optisian untuk mengukur dan memeriksa kondisi mata anak. Apabila ukuran pemeriksaan anak sudah tepat dan sesuai, Anda bisa meminta lensa radiasi sebagai lensa untuk kacamata anak. Anda juga bisa memeriksakan kondisi mata anak ke rumah sakit terdekat.

3. Mengurangi Gejala Computer Syndrome Vision

Pada saat menatap layar gawai, tubuh akan merasakan berbagai macam gejala yang menyebabkan tubuh tidak nyaman. Misalnya nyeri pada bahu, penglihatan kabur, mata berkedut, penglihatan ganda, hilang fokus, bahkan sakit kepala yang tak tertahankan. Fungsi kacamata anti radiasi di sinilah dapat meminimalisir gejala-gejala seperti ini. Namun, apabila Anda masih merasakan gejala tersebut tidak hilang dalam waktu dekat, ada baiknya Anda langsung menuju ke fasilitas kesehatan.

4. Penglihatan Semakin Jelas

Pada saat Anda sering menatap layar gawai, lambat laun penglihatan Anda akan memudar. Apabila pada kesempatan lain Anda menatap layar gawai, Anda akan mengalami keenderungan semakin mendekatkan gawai dengan mata.

Apabila dibiarkan secara terus menerus hal ini dapat memperparah rabun. Oleh karena itu, penggunaan kacamata antiradiasi bisa membuat penglihatan semakin jelas. Hal ini disebabkan kacamata yang menggunakan lensa radiasi bisa menyerap sinar dari berbagai sumber seperti lampu, cahaya sinar matahari termasuk sinar biru yang dihasilkan oleh gawai.

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi kacamata anti radiasi yang bisa Anda rasakan manfaatnya. Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan kacamata anti radiasi, Anda bisa langsung menuju ke optik pilihan. Namun, apabila Anda ingin mendapatkannya melalui daringatau online, ada baiknya Anda benar-benar menanyakan kepada penjual dengan teliti.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *