Categories
Uncategorized

4 Fungsi Vitamin A Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

fungsi vitamin a

Tubuh memerlukan berbagai macam asupan gizi dan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Salah satunya adalah kebutuhan terhadap vitamin A. Kebutuhan terhadap vitamin A harus dipenuhi melalui sumber makanan. Hal ini dikarenakan vitamin A tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai fungsi vitamin A yang baik untuk daya tahan tubuh.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun dalam tubuh manusia dapat bekerja apabila memiliki kandungan yang bisa dijadikan sebagai ‘bahan bakar’. Salah satunya adalah vitamin A. Beberapa sel yang juga berperan di sini sangat dipengaruhi oleh vitamin A. Oleh karena itu vitamin A memiliki peranan penting untuk mempertahankan kondisi tubuh termasuk penyakit berat misalnya kanker, autoimun ataupun flu.

Peranan vitamin A ini juga bisa mempertahankan sistem imun tubuh terhadap penyakit lainnya terutama menjaga sistem pencernaan. Apabila kekurangan vitamin A, terutama pada masa anak-anak dapat mengakibatkan masalah. Misalnya saja gangguan pencernaan, diare hingga masalah lebih serius seperti campak.

2. Mencegah Penuaan Dini

Setiap orang pasti ingin terlihat segar, sehat dan awet muda. Ternyata salah satu rahasianya adalah rutin mengonsumsi vitamin A. Di dalam vitamin A ada kandungan yang bernama antioksidan yang berperan penting dalam mencegah proses penuaan dini. Antioksidan ini akan membantu sel-sel dalam proses regenerasi kulit dari yang sudah mati agar bisa terlepas dan terbuang. Kemudian akan digantikan dengan sel-sel kulit yang baru.

Selain itu juga dari proses ini, vitamin A akan membantu untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit agar kulit terlihat lebih kenyal dan tetap awet. Dengan begitu kulit tidak mudah keriput, bahkan terasa perih seperti iritasi hingga menyebabkan luka-luka maupun timbulnya jerawat.

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Apabila tubuh kurang asupan nutrisi yang cukup dapat menyebabkan terjangkitnya berbagai macam penyakit. Salah satu kandungan nutrisi tersebut adalah vitamin A. Vitamin A juga ikut berperan dalam menjaga kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit. Mulai dari menjaga kesehatan mata, sistem pernapasan, maupun organ lainnya.

Cara kerja vitamin A ini adalah membantu memproduksi sel darah putih. Adapun tugas sel darah putih ini adalah menghalang segala macam aktivitas atau benda asing yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Jika sel darah putih ini dalam jumlah yang tepat atau tidak kekurangan, maka dapat menyerang benda asing tersebut. 

4. Menjaga dari Radikal Bebas

Vitamin A juga bisa menangkal tubuh dari radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan. Di dalam vitamin A ada kandungan yang disebut betakaroten. Betakaroten inilah yang berfungsi dan berperan melawan radikal bebas yang ada disekitar tubuh Anda. 

Baik itu dari polusi udara maupun dari faktor-faktor pemicu radikal bebas lainnya. Pasalnya radikal bebas ini termasuk yang cukup membahayakan karena dapat merusak pada RNA ataupun DNA atau genetika manusia.

Oleh karena itu, pada saat sel darah putih sedang melaksanakan tugasnya, reaksi tubuh biasanya adalah demam. Saat demam inilah tubuh memerlukan beberapa asupan nutrisi yang baik, salah satunya adalah vitamin A, di sinilah fungsi vitamin A.

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi vitamin A yang bisa Anda pahami. Dengan begitu Anda bisa lebih aware lagi terhadap peran vitamin A. Jangan lupa juga untuk mencari dan memasukkan kandungan vitamin A di setiap menu makanan Anda. Pasalnya vitamin A ini merupakan nutrisi yang tidak bisa diproduksi sendiri, namun harus dipenuhi melalui sumber-sumber vitamin A.

Ingin tahu apakah gaya hidup Anda sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *