Categories
Tips Sehat

4 Manfaat Baking Powder Untuk Kebersihan

Baking powder biasa digunakan pada bahan pembuatan kue yang berfungsi untuk mengembangkan adonan. Baking powder dapat menimbulkan reaksi kimiawi seperti melepaskan gas karbon dioksida, sehingga terjadi gelembung pada adonan yang menyebabkan adonan mengembang. Manfaat baking powder ternyata lebih banyak yang belum diketahui selain untuk masakan.

Perbedaan Baking Powder Dengan Soda Kue

Banyak yang mengira bahwa baking powder dan soda kue adalah sama. meskipun sama-sama berfungsi untuk mengembangkan adonan ternyata baking powder berbeda dengan soda kue. Soda kue adalah pengembang yang bersifat alkalin sehingga perlu dicampur dengan asam agar bereaksi. Sedangkan baking powder adalah soda kue yang sudah mengandung campuran asam.

Manfaat Baking Powder

Baking powder sendiri memiliki sifat antibakteri dan antirmikroba sehingga mampu membersihkan noda dan menghilangkan bau. Berikut ini beberapa manfaat baking powder yang perlu anda ketahui.

1. Menghilangkan Bau Pada Botol Minuman

Mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup tentu baik bagi kesehatan. Namun sering kali kita lupa membiarkan air dalam botol minuman, apalagi jus atau susu yang dapat menimbulkan bau ketika basi. Bau pada botol akibat minuman basi akan sulit dihilangkan meskipun telah dicuci dengan sabun. Baking powder mampu menghilangkan bau pada botol minuman.

Caranya cukup dengan mencampurkan satu sendok baking powder dengan sedikit air di dalam botol, tutup botol kemudian goyangkan botol selama beberapa detik. Bilas dengan air mengalir maka aroma tak sedap pada botol akan menghilang. Hal tersebut dikarenakan baking powder mampu menghilangkan bakteri yang menempel pada botol.

2. Dapat Dijadikan Sebagai Dry Sampo

Kelebihan minyak akibat keringat dan panas matahari pada kulit kepala dapat menyebabkan rambut menjadi lepek. Rambut lepek tentu membuat rasa percaya diri berkurang karena penampilan tidak maksimal. Tidak perlu khawatir, karena baking powder dapat dijadikan sebagai dry sampo untuk menghilangkan rambut lepek.

Gunakan baking powder pada kulit kepala menggunakan kuas. Kemudian kibas-kibaskan rambut agar sisa-sisa baking powder dapat hilang. Rambut akan terasa lebih segar dan tidak lagi lepek karena kadar minyak telah berkurang.

3. Menghilangkan Kerak Pada Panci

Panci yang digunakan pada jangka waktu lama dapat berubah menjadi hitam akibat kerak yang menumpuk. kerak pada panci sulit dihilangkan sehingga anda perlu mencoba membersihkan dengan baking powder. Manfaat baking powder untuk membersihkan kerak di panci sudah banyak dibuktikan oleh para ibu rumah tangga.

Cukup dengan mengoleskan baking powder pada bagian kerak panci, diamkan selama 30 menit hingga 1 jam, kemudian gosok dengan spon cuci piring dan bilas. Panci anda akan terlihat seperti baru karena kerak telah menghilang.

4. Membersihkan Sayur Dan Buah Lebih Maksimal

Baking soda dapat digunakan untuk mencuci buah dan sayuran lebih bersih dan aman. Karena sering kali pestisida masih menempel pada kulit buah-buahan dan sayuran sehingga sangat berbahaya apabila sampai masuk ke dalam tubuh. Baking powder akan meluruhkan sisa-sisa pestisida pada sayur dan buah-buahan. Cukup dengan mencampurkan baking powder pada satu mangkok air dan rendam buah atau sayur selama 15 menit kemudian bilas.

Masih banyak manfaat baking powder yang bisa anda gunakan untuk membantu aktivitas sehari-hari. Baking powder juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi dan menjaga kebersihan rongga mulut. Karena sifat antibakteri dan antimikroba yang dimiliki oleh baking powder.

Ingin tahu apakah gaya hidup anda sekarang sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee untuk mendapatkan informasi rekomendasi suplemen dan vitamin terbaik. Dapat di unduh melalui Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *