Categories
Penyakit

4 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus yang Harus Dihindari

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Tubuh yang memiliki sistem imunitas lemah, dapat menyebabkan berbagai macam serangan dan mengakibatkan sakit. Benda asing-benda asing yang menyebabkan sakit ini bisa karena virus, bakteri, ataupun parasit. Nah, berikut ini ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus yang harus Anda waspadai agar Anda tidak terserang olehnya.

1. Flu

Penyakit ini sudah tidak asing bukan bagi Anda? Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini cepat sekali dalam penyebarannya. Apabila Anda yang terserang terlebih dahulu, orang terdekat yang di rumah misalnya, juga akan ikut tertular. Pada umumnya penyakit ini ditandai dengan berbagai macam gejala.

Gejalanya yaitu nyeri pada otot dibeberapa bagian tubuh, kelelahan, demam yang juga disertai sakit kepala, meriang, terasa ingin mual dan muntah. Penyakit ini lebih banyak dialami terutama pada musim hujan dikarenakan iklim yang terasa lembap sehingga penyebarannya cukup masif.

2. Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dangue yang ditularkan dari gigitan nyamuk aedes aegypti. Biasanya nyamuk yang membawa virus ini menggigit siapapun, baik itu anak-anak maupun orang dewasa, pada pagi hari hingga menjelang petang. Oleh karena itu, usahakan jangan tidur di waktu-waktu tersebut. Apabila Anda terpaksa harus beristirahat di jam tersebut, usahakan Anda mendapatkan sirkulasi udara yang bagus.

Bila Anda mengalami penyakit ini segera larikan ke fasilitas terdekat. Pasalnya penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang dapat membahayakan tubuh. Oleh karena itu patut Anda kenali gejalanya agar cepat mendapatkan penanganan.

Adapun gejalanya adalah terasa nyeri berat pada kepala, nyeri sendi, otot, tulang bahkan pada bagian mata. Selain itu, gejala yang dirasakan adalah demam yang dapat mencapai 40 derajat celcius sekaligus. Tidak hanya itu, virus ini membuat nafsu makan menurun bahkan dapat menyebabkan rasa ingin mual dan muntah. Dalam 2 sampai 5 hari setelah deman, akan timbul ruam kemerahan. Jika tidak segera dibawa ke rumah sakit, perdarahan dari hidung, gusi, kerusakan pembuluh darah dan getah bening maka tidak bisa terhindarkan.

3. Rabies

Penyakit yang disebabkan oleh virus lainnya adalah rabies. Virus yang ada pada penyakit ini ditularkan melalui air liur, gigitan, maupun cakaran dari anjing, kucing, kera, musang bahkan kelinci. Apabila Anda mengalami gejala demam, otot melemah, kesemutan, dan sakit kepala, terasa mual dan ingin muntah, Anda harus waspada. Hal ini dapat menjadi diagnosis Anda terjangkit virus rabies.

Tidak hanya itu saja, gejala lain juga harus Anda waspadai. Misalnya terasa gelisah dan tidak nyaman, merasa cemas yang berlebihan, kebingungan, bersikap hiperaktif, sulit menelan, air liur menjadi banyak, takut kepada air, halusinasi, insomnia bahkan kelumpuhan sebagian anggota gerak, Anda harus segera konsultasi dengan tenaga medis.

4. Rubella

Virus rubella yang menyebabkan penyakit rubella ini menginfeksi tubuh melalui sistem pernapasan seperti hidung dan tenggorokan. Penyakit yang bisa dialami oleh orang dewasa dan anak-anak ini sering kali menular lewat udara. Oleh karena itu, penyakit ini termasuk berbahaya apabila sudah menyerang pada ibu hamil. Pasalnya, virus ini bisa ditularkan kepada ibu hamil dan menyebabkan bahaya bagi janin yang dikandungnya.

Adapun gejala yang harus Anda waspadai adalah adanya ruam merah yang bermula di wajah, lalu menyebar ke badan dan tungkai. Selain itu munculnya demam yang diikuti sakit kepala. Wapadai juga apabila Anda merasakan pilek dan hidung tersumbat, tidak nafsu makan, mata merah, nyeri sendi, muncul benjolan di sekitar telinga dan leher yang diakibatkan adanya pembengkakan kelenjar getah bening.

Demikianlah beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus yang harus Anda waspadai. Jaga selalu kesehatan Anda dari berbagai macam benda asing yang ingin merusak pertahanan sistem imun tubuh. Jauhi hal-hal yang sekiranya dapat memicu timbulnya penyakit tersebut. Apabila Anda mengalami gejalanya, segera konsultasikan kondisi Anda kepada tenaga medis.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *