Categories
Uncategorized

5 Cara Hilangkan Stretch Mark

Stretch mark dapat menjadi pengganggu aktivitas sehari-hari karena mengurangi rasa percaya diri. Meskipun stretch mark lebih sering ditemukan pada bagian tubuh yang tertutup tetapi tetap mengganggu penampilan. Stretch mark yang tidak ditangani dengan baik dapat bertambah banyak oleh sebab itu pentingnya mengetahui tips hilangkan stretch mark.

Penyebab Munculnya Stretch Mark

Stretch mark lebih sering muncul pada bagian kulit yang terkonsentrasi lemak, seperti di bagian payudara, lengan bagian atas, paha bagian atas, pantat dan juga di daerah betis. Stretch mark dapat terjadi akibat kenaikan masa tubuh secara signifikan dalam waktu dekat sehingga menyebabkan penarikan pada kulit. Kulit yang mengalami penarikan dengan kondisi tidak elastis dapat menjadi retak yang akhirnya timbul stretch mark.

Cara Ampuh Hilangkan Stretch Mark

Stretch mark bukan penyakit yang berbahaya namun bila dibiarkan dapat mengganggu penampilan. Sehingga penting untuk mengetahui tips hilangkan stretch mark berikut ini.

1. Menggunakan lotion Vitamin E

Lotion atau gel yang mengandung vitamin E dengan kadar tinggi mampu mengurangi bekas stretch mark di kulit. Vitamin E mengandung antioksidan yang baik untuk mempercepat regenerasi dan pertumbuhan sel-sel kulit. Mengoleskan lotion atau gel yang mengandung vitamin E di area stretch mark dapat membantu menyamarkan garis-garis peregangan.

Stretch mark merupakan bagian kulit tengah yang mendapatkan tarikan hingga menjadi tipis, kemudian lapisan kulit di bawah muncul. Stretch mark dapat diobati dengan penggunaan lotion atau gel secara rutin pada area stretch mark. Vitamin E yang tercukupi pada kulit membantu proses penyembuhan dan perbaikan sel kulit yang pecah.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah salah satu tips hilangkan stretch mark dengan cara mengangkat lapisan kulit mati. Kulit mati pada lapisan terluar kulit dapat dihilangkan sehingga memicu pembentukan sel kulit baru dan menyamarkan bekas stretch mark. Eksfoliasi sendiri terdiri dari dua cara yaitu pertama dengan menggosok kulit menggunakan sponge atau sikat agar sel kulit mati dapat terangkat.

Kedua, adalah dengan menggunakan lotion atau cairan yang memiliki kandungan asam hidroksi. Asam hidroksi mampu menghilangkan sel-sel kulit mati secara lembut.

3. Terapi Laser

Laser adalah alat yang biasa digunakan pada tempat-tempat perawatan kulit. Fungsi laser adalah untuk merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis dan kenyal. Terapi laser sangat efektif untuk memperbaiki struktur kulit dan juga merangsang regenerasi sel-sel kulit baru.

4. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi memiliki prosedur yang sama dengan eksfoliasi yaitu dengan mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Mikrodermabrasi dilakukan oleh ahli atau dokter kulit dengan cara menyemprotkan butiran Kristal kecil pada permukaan kulit. Efek samping dari terapi mikrodemabrasi adalah membuat kulit terasa kencang, menjadi kering dan munculnya warna merah pada kulit.

5. Mikroneeding

Mikroneeding adalah terapi menggunakan alat bantu serupa dengan dermaroller. Dermaroller sendiri merupakan sebuah alat yang memiliki jarum-jarum kecil dan tersusun seperti roda yang dapat menusuk secara halus ke dalam lapisan kulit. Terapi mikroneeding digunakan untuk membuat luka kecil pada permukaan kulit sehingga memicu produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit.

Anda pun juga bisa menghilangkan stretch mark dengan bahan-bahan alami seperti menggunakan gel dari tanaman lidah buaya. Mengatur pola hidup sehat dengan makanan tinggi nutrisi membantu meningkatkan elastisitas kulit sebagai salah satu tips hilangkan stretch mark.

Dapatkan vitamin terbaik hanya di Jovee. Unduh aplikasi Jovee dan dapatkan rekomendasi vitamin sesuai kebutuhan personalmu. Unduh melalui Playstore maupun Appstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *