Categories
Tips Sehat

5 Cara Pencegahan Cedera Olahraga agar Tubuh Tetap Sehat

Pencegahan Cedera Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kekebalan daya tahan tubuh.  Namun, olahraga bisa menjadi petaka apabila Anda tidak melakukannya dengan hati-hati dan fokus. Salah satu petaka itu adalah cedera. Oleh karena itu simak terus informasi berikut ini mengenai cara pencegahan cedera olahraga sebagai antisipasi sebelum Anda berolahraga secara rutin.

1. Kenali Kondisi Tubuh

Apabila Anda ingin berolahraga, ada baiknya Anda mengenali tubuh Anda sendiri terlebih dahulu. Pasalnya setiap orang memiliki kondisi badan yang beda antara satu dengan lain. Tidak hanya itu, kebutuhan terhadap olahraga juga berbeda tergantung dengan kebutuhannya masing-masing.

Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu. Anda juga bisa mengonsultasikannya bila Anda mengalami hal seperti ini. Itulah sebabnya Anda harus mengenali kondisi tubuh sebelum berolahraga untuk mengantisipasi terjadinya cedera saat olahraga bahkan yang bisa berakibat fatal.

2. Pilih Olahraga Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan terhadap olahraga ada banyak macamnya. Misalnya saja seperti olahraga untuk menaikkan massa otot, menurunkan berat badan atau membentuk tubuh agar lebih indah. Olahraga ini tentu memiliki tujuannya sendiri, tinggal Anda hendak menggunakan olahraga dengan tujuan yang mana.

Cedera dapat diminimalisir dengan cara Anda bisa menetapkan tujuan olahraga. Ada baiknya Anda berolahraga tanpa harus menggabungkan semua olahraga. Misalnya saja minggu pertama Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan. Minggu kedua boleh memilih berolahraga dengan tujuan menurunkan berat badan.

3. Lakukan dengan Pemanasan dan Pendinginan

Pencegahan cedera olahraga juga bisa diminimalisir dengan cara melakukan pemanasan dan pendinginan. Pemanasan dilakukan agar tubuh tidak terlalu kaget dengan gerakan yang tiba-tiba atau mendadak. Misalnya saja Anda ingin lari dan melakukannya tanpa melakukan pemanasan. Secara otomatis tubuh bekerja secara cepat untuk menyesuaikan dengan gerakan lari. Selain itu, pemanasan juga bisa bertujuan melenturkan otot-otot terlebih dahulu dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Setelah olahraga jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Tujuannya adalah mengembalikan keadaan tubuh seperti semula sebelum berolahraga. Salah satu caranya adalah melakukan gerakan seperti pemanasan dengan ritme yang mulai dikurangi sedikit demi sedikit. Misalnya saja gerakan merenggangkan kaki dengan memutar-mutar bagian pergelangan kaki.

4. Gunakan Peralatan dan Pakaian yang Tepat Nyaman

Apabila Anda hendak berolahraga, jangan lupa menggunakan peralatan maupun pakaian yang yang tepat dan nyaman. Hal ini dikarenakan untuk mencegah terjadinya cedera terutama pada otot. Misalnya saja ingin berolahraga sepeda. Pilih dan aturlah terutama pada sadel sebelum Anda bersepeda. Pengaturan sadel atau tempat duduk ini yang benar adalah sampai kaki terasa lurus saat Anda menemuinya nanti.

Apabila saat mengayuh, kaki terutama pada bagian lulut masih terlipat, berarti pengaturan sadel belum bagus. Sedangkan pengaturan yang baik adalah saat mengayuh lutut berada posisi yang lurus. Dengan begitu, kaki tidak akan merasakan cedera atau kram.

5. Jangan Terlalu Berlebihan dan Minum Air Putih

Sebagian dari Anda mungkin ingin berambisi memiliki tubuh yang ideal dengan cara berolahraga. Tak jarang banyak yang memforsis tubuh untuk berolahraga bahkan berjam-jam sehingga seringkali menikmati rasa sakit dan nyeri.

Tentu hal ini tidak baik untuk memaksakan olahraga model begini. Pasalnya, olahraga yang seperti ini dapat menimbulkan cedera yang dapat membahayakan tubuh. Apalagi kalau harus meninggalkan air putih.

Caranya adalah Anda harus memberikan jeda sebelum melakukan putaran gerakan berikutnya. Anda bisa beristirahat 5 menit dan diselingi dengan minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang dari dalam tubuh.

Nah itulah beberapa informasi mengenai pencegahan cedera olahraga yang bisa Anda lakukan. Lakukan hal tersebut dengan baik agar Anda bisa meminimalisir terjadinya cedera terutama yang biasa terjadi pada bagian otot.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *