Categories
Tips Sehat

5 Fungsi Magnesium Oxide Bantu Sistem Imunitas

Fungsi Magnesium Oxide

Sistem imunitas merupakan pertahanan penting tubuh. Oleh karenanya tubuh memerlukan asupan nutrisi termasuk magnesium oxide. Terutama bagi Anda yang mengalami hipomagnesemia. Magnesium oxide merupakan senyawa yang memiliki sifat antasida, laksatif, dan mampu menenangkan jaringan otot dalam tubuh. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai fungsi magnesium oxide.

1. Sebagai Pencahar

Fungsi pertama dari senyawa magnesium ini adalah sebagai pencahar atau laksatif. Penggunaan pencahar ini dikonsumsi dalam jangka waktu pendek. Tidak untuk digunakan dalam jangka waktu panjang. Apabila digunakan dalam jangka waktu panjang bahkan lebih dari seminggu, dapat menyebabkan dehidrasi bahkan bisa memicu hilangnya elektrolit dalam tubuh.

Pada umumnya penggunaan magnesium oxide ini sering digunakan sebagai pencahar sebelum prosedur bedah yang membutuhkan usus kosong dilakukan. Hal ini dikarena magnesium oxide dapat melakukan pengosongan atau melunakkan feses secara cepat namun tidak harus digunakan secara teratur. Apabila Anda ingin menggunakan ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan tenaga medis atau dokter. Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu.

2. Sebagai Antasida

Fungsi berikutnya dari magnesium oxide adalah sebagai antasida. Antasida sendiri merupakan penawar asam dari asam lambung sehingga dapat mencegah terjadinya keluhan akibat dari kenaikan asam lambung. Misalnya mulas, gangguan pencernaan karena asam lambung, maag, atau sakit perut lainnya. Pengonsumsian magnesium oxide sebagai antasida atau obat penawar asam ini tidak disarankan untuk digunakan lebih dari 2 minggu. Kecuali Anda mengalami kondisi medis tertentu yang mendapatkan resep tertentu dari dokter.

3. Mencegah dan Mengatasi Hipomagnesemia

Hipomagnesemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan mineral berupa magnesium. Keberadaan magnesium dalam tubuh memberikan manfaat yang penting. Yaitu sebagai penghasil energi, pembentuk protein, pemeliharaan gen, maupun membantu kesehatan sistem saraf yang berpengaruh pada pergerakan otot. Di sinilah fungsi magnesium oxide yang dapat menambahkan kadar magnesium sehingga magnesium dapat berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh dan imunitas.

4. Membantu Mengendalikan Gejala Depresi

Magnesium oxide merupakan senyawa yang juga aktif membantu meningkatkan kadar magnesium. Apabila kadar mineral magnesium dalam tubuh sudah tersedia sesuai kadar normal yang dibutuhkan tubuh, secara otomatis tubuh bisa menghalang gangguan depresi. Namun, apabila kadar magnesium tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh, lambat laun gejala depresi akan terlihat dan dapat dirasakan.

5. Mengatasi Migrain

Mineral berupa magnesium dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan fungsi neurotransmitter. Neurotransmitter sendiri merupakan sistem saraf yang membawa pesan atau isyarat dari otak ke bagian tubuh yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwasannya magnesium juga bisa digunakan untuk meredakan migrain dan sakit kepala.

Pada umumnya kadar magnesium yang dibutuhkan dalam tubuh orang dewasa sekitar 320 sampai 420 miligram per hari. Oleh karena itu, Anda bisa meningkatkan magnesium melalui makanan yang mengandung magnesium tinggi atau bisa juga dari suplemen yang mengandung senyawa magnesium oxide.

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi magnesium oxide yang bisa Anda perhatikan. Jangan menganggap sepele dengan kebutuhan nutrisi sehari-hari Anda. Terutama kandungan magnesium yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Apabila Anda ingin mendapatkan sumber magnesium yang stabil, Anda bisa mendapatkannya pada makanan yang mengandung magnesium tinggi. Misalnya sayuran atau kacang-kacangan. Anda juga bisa mendapatkannya melalui suplemen.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *