Categories
Uncategorized

5 Fungsi Vitamin D yang Membuat Tulang lebih Kuat

fungsi vitamin d

Peran vitamin untuk tubuh tentu sangat penting sekali. Masing-masing dari setiap vitamin memiliki peran yang berbeda-berbeda. Salah satu vitamin yang sangat penting untuk tubuh adalah Vitamin D. Secara umum, vitamin ini berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa fungsi Vitamin D untuk tubuh. 

1. Menunda Penuaan

Sudah bukan hal baru bahwa Vitamin D sangat bagus untuk kesehatan kulit. Sehingga, dengan konsumsinya yang pas, tidak kurang dan tidak lebih, akan sangat berperan untuk menunda penuaan dini. Tua adalah pasti, namun Anda bisa melakukan banyak hal untuk tetap memiliki tubuh yang sehat dan bugar, salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan Vitamin D.

Kemampuan utama dari vitamin ini adalah untuk menunda adanya degenerasi macula. Beberapa orang yang menginjak usia 50 tahun ke atas sangat rentan sekali dengan masalah kesehatan yang satu ini. Jadi, sebelum itu terjadi Anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin D.

2. Menjaga Tulang agar Tetap Sehat

Selain bagus untuk kulit, Vitamin D ternyata juga memiliki peran yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Fungsi Vitamin D dalam point ini adalah untuk mengatur kadar kalsium dalam darah. Sebenarnya tidak hanya kalsium, Vitamin D juga berperan untuk mengatur kadar fosfor dalam darah. 

Fungsi kalsium dan fosfor tentu sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan membuat gigi menjadi lebih kuat. Khususnya untuk anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan. Bahaya yang didapat saat kekurangan vitamin D salah satunya adalah tulang menjadi rapuh dan mudah patah, jadi jangan sampai itu terjadi dengan memenuhi asupan Vitamin D.

3. Mencegah Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang juga ditakuti. Selain dengan pola makan yang sehat, Anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan-makanan dengan kandungan Vitamin D, khususnya diabetes tipe 2. Kekurangan Vitamin D akan mengakibatkan sekresi insulin dan toleransi glukosa.

Sehingga, selalu penuhi kebutuhan vitamin keluarga Anda agar kesehatan selalu terjaga untuk saat ini dan nanti. Ada banyak sekali varian makanan yang mengandung Vitamin D. Selain dari makanan, tentunya Anda juga harus menjaga pola hidup sehat, misalnya dengan olahraga rutin dan tidur yang cukup.

4. Mengontrol Berat Badan

Terdapat beberapa orang yang sulit untuk mengontrol berat badan mereka, seperti terlalu berlebihan atau justru kurang dari berat ideal. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin D, kemungkinan Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal akan sangat besar.

Vitamin D sangat cocok untuk orang-orang yang sedang dalam proses diet. Beberapa orang yang kekurangan vitamin ini akan mengalami kenaikan berat badan dalam beberapa periode. Hal tersebut dapat dicegah dengan konsumsi Vitamin D yang cukup, karena vitamin ini memiliki kemampuan dalam memperlambat proses kenaikan berat badan.

5.  Mencegah Kanker

Penyakit mematikan ini pasti menjadi hal yang sangat menakutkan. Jangan khawatir, risiko tersebut ternyata masih bisa dinetralisir dengan mengkonsumsi Vitamin D. Adanya hormone calcitriol dalam Vitamin D diduga dapat mengurangi perkembangan sel kanker, dan bahkan bisa membunuh sel kanker yang ada dalam tubuh.

Itulah dari beberapa fungsi Vitamin D untuk tubuh. Selain beberapa fungsi di atas, vitamin ini juga memiliki fungsi untuk mencegah Multiple Sclerosis (MS), mencegah depresi, dan mencegah sakit jantung. Jadi, jangan sampai lupa untuk selalu penuhi kebutuhan Vitamin D keluarga Anda, agar selalu sehat sampai tua.

Ingin tahu apakah gaya hidup Anda sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *