Categories
Makanan

5 Jenis Makanan untuk Sendi Tetap Kuat

Makanan untuk Sendi

Apakah Anda pernah merasakan pada saat Anda berjalan tiba-tiba lutut Anda terasa berbunyi dan terasa seakan ada pergeseran? Apabila Anda pernah merasakannya, kini saatnya Anda harus berhati-hati. Hal tersebut menandakan Anda kurang asupan gizi dalam menjaga kesehatan sendi. Oleh karena itu, Anda bisa menyimak informasi berikut ini mengenai makanan untuk sendi yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan persendian.

1. Vitamin C

Kandungan vitamin C selain memberikan manfaat bagus untuk kesehatan kulit, vitamin C juga bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan sendi. Hal ini dikarenakan vitamin C juga mengandung antioksidan yang bagus dalam menjaga sistem imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai serangan benda asing. Kandungan vitamin C ini bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, anggur, mangga maupun pada buah-buahan lainnya.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu pilihan jenis asupan nutrisi yang turut membantu memproduksi glukosamin dalam tubuh untuk menjaga kesehatan persendian. Hal ini dikarenakan dalam minyak zaitun mengandung lemak sehat dan oleocanthal. Selain bagus untuk menjaga kesehatan jantung, kandungan dalam minyak zaitun ini juga bisa berperan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang dapat membantu kesehatan persendian tulang.

3. Bawang

Makanan untuk sendi berikutnya yang bisa Anda pilih adalah makanan yang mengandung banyak bawang. Baik itu bawang merah, bawang putih maupun bawang bombay. Selain memberikan rasa sedap pada makanan, bawang juga dipercaya dapat meringankan rasa nyeri pada sendi. Hal ini dikarenakan bawang mengandung komponen diallyl disulphide yang dapat menghambat aktivitas enzim yang berperan dalam kerusakan tulang rawan.

4. Teh Hijau

Bagi Anda yang suka sekali meminum minuman teh, ada baiknya Anda mencoba minuma teh hijau. Selain memberikan kesegaran, minuman teh hijau juga diyakini bisa mencegah rasa nyeri pada sendi. Hal ini dikarenakan pada minuman teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang berperan untuk mengurangi rasa peradangan sendi.

Selain itu fungsinya juga dapat memperlambat kerusakan pada tulang rawan. Di samping itu ada kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate yang dapat berperan untuk menghambat produksi molekul penyebab kerusakan sendi pada Anda yang mengalami rheumatoid arthritis. Oleh karena itu, teh hijau ini bisa Anda konsumsi menjelang tidur atau sebagai bekal Anda saat melakukan aktivitas.

5. Bumbu Rempah

Bagi Anda yang suka makanan siap saji, sekarang cobalah untuk menyukai makanan yang mengandung rempah-rempah setiap hari. Misalnya sayuran asam, sayuran sop, sayur asam ikan bandeng, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan pada makanan-makanan tersebut mengandung rempah-rempah alami yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan persendian.

Misalnya saja jahe, kuniyt, cengkeh dan lainnya. Pada jahe dan kunyit mengandung kurkumin yang dapat menghambat enzim dan protein pemicu radang. Sedangkan pada cengkeh mengandung zat eugenol yang bersifat anti radang sehingga Anda bisa terbebas dari rasa nyeri pada lutut atau pada bagian sendi lainnya.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan untuk sendi yang bisa Anda konsumsi untuk kesehatan sendi. Anda bisa mengonsumsi beberapa pilihan makanan tersebut sebagai menu makanan setiap hari atau dikonsumsi secara selingan. Anda juga bisa menambahkan suplemmen yang mengandung glukosamin untuk mendukung daya tahan atau kekuatan sendi.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *