Categories
Penyakit

5 Jenis Penyakit Hernia dan Gejalanya Masing-masing

Jenis Penyakit Hernia

Hernia atau turun berok merupakan jenis penyakit yang terjadi ketika ada organ yang ada di dalam tubuh keluar melalui jaringan otot. Keluarnya organ dari otot ini dikarenakan otot mengalami kelemahan sehingga menyebabkan timbulnya benjolan pada permukaan tubuh. Jenis penyakit hernia juga terdapat beberapa macam, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis merupakan salah satu jenis penyakit hernia. Yang mana jenis hernia inguinalis ini paling sering dialami oleh laki-laki. Untuk mengetahui jenis penyakit hernia satu ini tidak sulit karena akan timbul benjolan pada tubuh bagian perut atau selengkangan. Timbulnya hernia inguinalis disebabkan oleh beberapa hal yaitu obesitas, batuk, dan angkat beban berat.

Gejala dari hernia jenis ini adalah timbul benjolan, timbul rasa nyeri pada benjolan, bagian selengkangan terasa lemas atau tertekan, dan muncul rasa sakit. Untuk memastikan gejala ini, sebaiknya cepat periksa ke dokter. Jika hasilnya positif, operasi harus dijalankan untuk memperbaikinya.

2. Hernia Femoralis

Jenis penyakit hernia kedua yang harus diketahui adalah hernia femoralis. Untuk jenis ini sama halnya dengan di atas tapi sebaliknya. Kalau, hernia inguinalis paling sering dialami pria sedangkan hernia femoralis paling banyak dialami wanita dibandingkan pria.

Penyebab penyakit ini sama yaitu adanya turun berok yang membuat usus keluar. Penyebabnya sendiri adalah kehamilan, kelebihan berat badan, batuk-batu, mengangkat beban berat, dan sembelit.

Gejala umun hernia femoralis adalah bagian selengkangan Anda akan muncul benjolan. Bagi wanita yang mengalami benjolan pada bagian selengkangan segera mungkin lakukan pemeriksaan untuk memastikan benjolan Anda ini. Ingat hernia jenis ini bisa terjadi pada wanita usia berapa saja.

3. Hernia Umbilikus

Jenis penyakit hernia selanjutnya adalah hernia umbilikus. Penyakit hernia ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja tapi bayi juga bisa. Adapun jenis hernia yang dapat menimpa bayi adalah hernia umbilikus. Yang mambuat bayi mengalami penyakit hernia jenis ini karena lubang besar pada tali pusat bayi tidak tertutup dengan baik setelah bayi lahir.

Maka dari itulah, akhirnya menyebabkan pusat pada bayi muncul benjolan. Oleh karena itu, jika menemukan benjolan pada anggota tubuh bayi Anda khususnya dibagian pusat jangan dibiarkan saja. Segera mungkin ajak bayi Anda periksa karena penyakit hernia berbahaya tapi tidak menular.

4. Hernia Insisional

Jenis hernia selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah hernia insisional. Hernia jenis ini dapat terjadi pada Anda yang sebelumnya sudah pernah menjalankan operasi. Adapun bagian operasi yang dijalankan adalah di bagian perut.

Untuk hernia ini dapat membuat bagian bekas operasi timbul benjolan akibat efek dari pembedahan yang dilakukan dan juga akibat penjahitan yang tidak benar. Masalah hernia insisional ini lebih banyak dialami orang tua. Untuk menyembuhkan hernia jenis ini salah satu jalan yang harus dilakukan operasi. Dokter akan mengembalikan posisi hernia tadi.

5. Hernia Hiatus

Hernia hiatus merupakan jenis hernia yang terjadi dibagian atas lambung. Yang mana dibagian atas lambung mencul benjolan. Penyebab dari jenis hernia ini belum tahu pasti tapi mengalami luka atau robekan di area diafragma, terlahir dengan ukuran hiatus yang lebih besar, dan muntah bisa jadi faktor penyebabnya.

Gejala dari hernia hiatus, sulit menelan, bersendawa, sulit bernafas, muntah darah, merasa kenyang sehabis makan, dll. Jika Anda mulai mengalami gejala-gelaja ini, segeralah untuk mengkonsultasikannya ke dokter.

Itulah tadi beberapa jenis penyakit hernia yang penting untuk diketahui. Perlu diingat, penanganan dari masing-masing penyakit hernia tersebut tentu berbeda, oleh karena selalu konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *