Categories
Makanan

5 Kandungan Buah Melon yang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Buah Melon

Pada dasarnya buah merupakan golongan makanan sehat. Beragam buah memiliki kandungan nutrisi serta manfaat yang berbeda-beda. Buah melon adalah salah satu jenis buah yang memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Yuk, simak kandungan buah melon bagi kesehatan tubuh.

1. Vitamin A

Dikenal dengan rasa manis dan kesegarannya buah melon juga kaya akan vitamin A. Salah satu manfaat vitamin A yang paling dikenal adalah untuk menjaga kesehatan mata. Perlu Anda ketahui vitamin A terdiri dari dua jenis yaitu retinoid yang merupakan vitamin A asal produk hewani dan beta karoten yaitu vitamin A asal tumbuh-tumbuhan.

Golongan vitamin A yang terkandung di dalam buah melon adalah jenis beta karoten. Mengonsumsi buah melon dalam jumlah yang tepat dapat menunjang kesehatan mata. Vitamin A di dalam buah melon mampu mencegah katarak, degenerasi makula, bahkan mampu menjauhkan mata dari sinar radiasi. Selain itu kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah melon juga mampu mencegah mata rabun pada usia dini.

2. Serat

Buah melon masuk dalam kategori buah yang kaya akan serat. Pada dasarnya serat termasuk dalam komponen yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Kebutuhan serat tubuh yang terpenuhi dapat membantu kinerja saluran pencernaan menjadi lebih efektif sekaligus merangsang pertumbuhan bakteri pada saluran pencernaan.

Meski kandungan serat pada buah melon tergolong rendah namun mengonsumsi buah melon dalam jumlah yang tepat dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, mulai dari sembelit hingga melancarkan buang air besar. Pada dasarnya jenis serat yang larut dalam air akan membentuk gel yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

3. Vitamin K

Telah ditunjukkan pada beberapa penelitian bahwa vitamin K bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, hingga dapat mengurangi risiko patah tulang. Mengonsumsi buah melon dalam jumlah yang tepat dapat memberikan manfaat untuk kekuatan tulang. Selain vitamin K yang berperan untuk kekuatan tulang di dalam buah melon juga terkandung folat dan magnesium.

Nutrisi berupa folat dan magnesium yang dipadukan dengan vitamin K dalam buah melon telah terbukti penting untuk meningkatkan kesehatan tulang. Buah melon juga dilengkapi dengan kandungan kalium yang juga memberikan manfaat untuk kesehatan tulang yaitu untuk mencegah osteoporosis atau kondisi pengeroposan tulang.

4. Elektrolit

Perlu Anda ketahui 90% komposisi dari buah meon adalah air kemudian sisanya merupakan elektrolit. Elektrolit yang terkandung di dalam buah melon mampu membuat Anda terhidrasi dalam jangka waktu yang panjang. Buah melon cocok dikonsumsi untuk Anda seusai melakukan kegiatan olahraga.

Elektrolit merupakan mineral bermuatan listrik yang terdapat di dalam tubuh manusia. Pada umumnya kadar elektrolit dalam tubuh manusia dapat berkurang saat tubuh menghasilkan keringat berlebihan atau sedang dalam kondisi diare dan muntah. Selain mengonsumsi minuman berelektrolit mengonsumsi buah melon dapat menjadi pilihan tambahan untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh.

5. Potasium

Potasium merupakan zat yang tergolong dalam jenis elektrolit bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan fungsi otot dan syaraf dan pertumbuhan tubuh. Pada umumnya mengonsumsi buah dan sayur secara rutin mampu menjaga kesehatan tubuh. Buah melon memiliki kandungan potasium yang apabila dikonsumsi secara rutin dapat membantu Anda menjaga tekanan darah normal.

Itulah 5 kandungan buah melon yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak lagi manfaat melon lainnya yang bisa Anda rasakan jika rutin mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Yuk, jadikan melon sebagai menu pilihan buah tambahan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Instal aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *