Categories
Penyakit

6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Mengurangi Risiko Penyumbatan Jantung

penyumbatan jantung

Mid-adult man clutching his chest in pain with a possible heart attack. He wears a blue, button down dress shirt. Heart disease.

Jantung koroner umumnya disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah. Menghilangkan penyumbatan pembuluh darah memang membutuhkan perawatan yang intensif. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko penyumbatan jantung. Ini dia kebiasaan sehat yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah pada. 

1. Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Ternyata tidak semua lemak buruk untuk pembuluh darah arteri lo. Misalnya saja makanan yang mengandung asam lemak omega-3 terbilang cukup baik untuk mereka. Jenis lipid yang satu ini mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL sekaligus membantu menghilangkan kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida dalam tubuh. 

Rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 juga ikut menurunkan risiko  hipertensi, penyumbatan pembuluh darah, dan serangan jantung. Omega 3 juga merupakan agen anti inflamasi yang baik untuk sistem peredaran darah dan otak Anda. Anda bisa mendapatkan asupan omega-3 dari minyak zaitun, kacang kedelai, ikan berminyak, alpukat dan kacang-kacangan. 

2. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara teratur merupakan kebiasaan yang efektif untuk membantu mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Rutin berolahraga mampu menjaga arteri agar tetap sehat. Jenis aktivitas fisik sangat cocok untuk mencegah seperti kolesterol tinggi tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Meski demikian perlu diingat Jangan lakukan secara berlebihan ya. 

3. Konsumsi Diet Seimbang

Jangan sepelekan sayuran hijau pada menu makanan Anda sebelum ataupun sesudah mengandung. Mengapa demikian? Pasalnya menu makanan seimbang mampu menjaga arteri Anda agar tetap sehat sehingga mampu mempertahankan berat badan Anda agar tetap ideal. 

Rutin mengonsumsi makanan bergizi merupakan cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dan menjaga kadar kolesterol Anda. Tak hanya itu saja, kebiasaan sehat yang satu ini juga mampu membatasi gula dan garam. Sebab jenis makanan ini mampu melakukan yang sebaliknya demi menjaga Arteri Anda tetap sehat. 

4. Kelola Stres

Jika kondisi tubuh Anda sedang mengalami stres terus-menerus atau berkembang jangan, reaksi kimia mungkin saja terjadi. Tanpa disadari reaksi-reaksi tersebut juga mampu menyebabkan masalah pada Arteri Anda. Detak jantung dan tekanan darah juga akan meningkat. Hal ini akan memberikan dampak negatif pada tubuh Anda. 

5. Hindari Mengonsumsi Makanan Berkolesterol

Tubuh memang membutuhkan kolesterol dalam jumlah kecil untuk melakukan proses tertentu. Namun jika terlalu banyak kolesterol akan menumpuk di dalam arteri dan menyebabkan penyakit jantung. Jadi jika Anda ingin mengurangi terjadinya risiko penyumbatan jantung pastikan untuk menjaga arteri tetap sehat dengan cara menghindari mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi. 

Berbagai jenis makanan berkolesterol tinggi yang wajib Anda hindari antara lain seperti daging merah dan jeroan, produk susu murni dan mentega, makanan gorengan dan keripik kentang, kue kering dan roti olahan, daging asap, dan sosis dan lain sebagainya. 

6. Batasi Minum Beralkohol dan Merokok 

Anggur merah ternyata juga banyak mengandung antioksidan lo. Rutin mengonsumsi sekelas kecil anggur merah setiap hari ternyata juga mampu memberikan antioksidan bagi tubuh  yang bisa membantu kesehatan jantung Anda. Namun jika mengonsumsi anggur merah atau minuman beralkohol juga kontraproduktif. 

Selain itu kebiasaan merokok juga mampu merusak arteri Anda.  merokok mampu menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan risiko terjadinya hiperkolesterolemia. Jadi demi mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pada jantung pastikan untuk membatasi kebiasaan minum minuman beralkohol dan merokok

Nah di atas merupakan beberapa kebiasaan sehat yang mampu membantu mengurangi risiko terjadinya penyumbatan jantung. Jadi sayangi tubuh Anda dengan mulai menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat ya. Meski terkesan sepele namun beberapa hal di atas mampu membantu Anda terhindar dari berbagai risiko penyakit jantung. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *