Categories
Uncategorized

6 Makanan Penghilang Bau Mulut Alami

Bau mulut sering kali mengurangi kepercayaan diri hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Bau mulut dalam istilah medis disebut juga halitosis yang dapat disebabkan oleh bakteri yang bersarang pada rongga mulut bagian bawah. Cara menangani bau mulut yang tak kunjung hilang meski telah menyikat gigi adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Makanan Penghilang Bau Mulut

Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti salah satunya adalah gigi berlubang, rokok, hingga masalah pencernaan. Beberapa makanan memiliki kandungan alami yang dapat mengurangi dan menghilangkan bau tak sedap pada mulut bila dikonsumsi. Berikut makanan-makanan penghilang bau mulut.

1. Yoghurt

Indonesia merupakan Negara kaya akan rempah sehingga kebanyakan makanan mengandung rempah-rempah yang kuat. Makanan tersebut memiliki aroma menyengat dan sering kali sulit dihilangkan hanya dengan menyikat gigi. Yoghurt kaya akan kandungan probiotik (bakteri baik) yang bisa mengurangi bakteri jahat dalam mulut.

2. Daun Sirih

Daun sirih dikenal sebagai tumbuhan herbal, banyak digunakan untuk berbagai pengobatan termasuk juga cara menangani bau mulut alami. Orang-orang jaman dahulu mengunyah daun sirih agar kesehatan mulut terjaga dan terhindar dari bau mulut. Sebab daun sirih memiliki efek anti bakteri dan anti radang bila digunakan secara teratur.

3. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang tinggi akan antioksidan, dan memiliki banyak manfaat. Antioksidan dalam sebuah apel memberikan efek anti bakteri pada rongga mulut. Apel juga mengandung polifenol yang tinggi. Polifenol bekerja mengurangi gas berbau atau senyawa sulfur pada rongga mulut, sehingga bau mulut berkurang.

Rajin mengonsumsi apel juga dapat meningkatkan produksi air liur. Karena air liur merupakan senyawa alami yang dapat membersihkan rongga mulut dari bakteri jahat.

4. Buah dan Sayur Tinggi Vitamin C

Sayur dan buah-buahan yang tinggi vitamin c sangat baik untuk mengatasi bau mulut. Buah-buahan seperti jeruk, strowberi dan kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, begitu pula dengan sayuran seperti brokoli dan kubis. Kandungan vitamin c pada sayur dan buah dapat meningkatkan produksi asam pada rongga mulut sehingga mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

Buah-buahan yang tinggi vitamin C juga memiliki rasa yang segar sehingga membuat nafas menjadi lebih segar setelah dikonsumsi. Perbanyak konsumsi buah dan sayur meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan merupakan cara menangani bau mulut secara alami.

5. Permen Karet

Mengunyah permen karet tanpa gula dapat meningkatkan produksi air liur yang baik untuk membersihkan mulut. Selain itu, kotoran dan bakteri akan tertempel pada permen karet sehingga bakteri jahat berkurang. Permen karet cocok untuk mengurangi bau mulut secara alami.

6. Daun Mint

Daun mint dikenal sebagai pemberi efek menyegarkan pada minuman, tak heran jika daun mint juga dapat mengurangi bau mulut. Mengunyah daun mint akan membuat nafas menjadi lebih segar dan kandungan anti bakteri yang baik untuk rongga mulut.

Mencegah Bau Mulut Dengan Air Mineral

Selain makanan yang telah disebutkan, cara menangani bau mulut alami dengan perbanyak konsumsi air mineral. Air mineral mampu membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di celah gigi dan rongga mulut. Selain itu, minum air dalam jumlah yang cukup dapat menjaga tubuh terhidrasi dengan baik sehingga kelembaban rongga mulut terjaga.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Jovee. Unduh aplikasi Jovee hanya di Google Play Store dan App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya di Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *