Categories
Penyakit Uncategorized

7 Bahaya Penyakit TBC yang Perlu Diketahui

Bahaya Penyakit TBC

Tuberkulosis (TB), juga dikenal dengan istilah TBC, adalah penyakit menular yang  disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis sendiri dapat menyerang bagian tubuh manapun, tetapi yang paling umum dan umum adalah tuberkulosis paru. Lalu seberapa bahaya penyakit TBC untuk tubuh manusia?

Cara Penularan TBC

Seseorang yang menderita TBC dapat menyebarkan kuman dahak melalui udara saat batuk atau bersin. Dalam satu kali batuk, penderita TBC dapat mengeluarkan sekitar 3.000 percikan dahak. Bakteri tuberkulosis di udara dapat bertahan hidup berjam-jam, terutama jika ruangan gelap dan lembab, sebelum terhirup oleh orang lain.

Penularan umumnya terjadi di ruangan dimana percikan dahak bertahan lama. Orang yang berisiko tinggi terkena tuberkulosis adalah orang yang sering bertemu atau tinggal di tempat yang sama dengan penderita tuberkulosis, misalnya keluarga, teman di tempat kerja, atau teman sekelas.

Namun pada dasarnya penularan tuberkulosis tidak semudah yang dibayangkan. Dalam kebanyakan kasus, bakteri yang Anda hirup tinggal di paru-paru tanpa menyebabkan penyakit. Bakteri tersebut tetap berada di dalam tubuh, menunggu waktu yang tepat untuk terinfeksi, yaitu saat sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

Bahaya Penyakit TBC untuk Tubuh

TBC tergolong penyakit paling berbahaya nomor 2 di dunia tidak hanya karena penyebarannya saja yang mudah. Nyatanya penyakit ini juga bisa menyebabkan berbagai kondisi kritis untuk kesehatan tubuh, bahkan jika dibiarkan lebih parah bisa berakibat kematian. Untuk lebih lengkapnya berikut ini bahaya penyakit TBC yang harus Anda ketahui.

1. Meningitis

Meningitis merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada lapisan yang menyelubungi saraf tulang belakang dan otak atau yang biasa disebut meninges. Sistem imun yang lemah akibat terserang TBC bisa menjadi faktor penyebab dari meningitis. Untuk bisa mencegah penyakit ini, Anda bisa melakukan vaksinasi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

2. Kerusakan Hati dan Ginjal

Secara umum TBC memang menyerang paru-paru. Namun dalam berbagai kondisi, TBC juga bisa menyebar ke berbagai organ yang ada dalam tubuh Anda, misalnya pada hati dan ginjal. Hati dan ginjal tidak akan mampu menyaring kotoran dalam aliran darah apabila kedua organ tersebut sudah terinfeksi TBC.

3. Kerusakan Sendi dan Tulang

Nyeri punggung dan kerusakan sendi dapat terjadi ketika infeksi tuberkulosis menyebar dari paru-paru ke jaringan tulang. Dalam banyak kasus, tulang rusuk juga bisa terinfeksi dan menyebabkan nyeri di area tersebut.

4. Kerusakan Otak

Bakteri tuberkulosis yang menyebar ke otak bisa menyebabkan meningitis atau radang selaput otak. Peradangan menyebabkan pembengkakan selaput otak dan seringkali berakibat fatal dan mematikan.

5. Kerusakan Jantung

Jaringan di sekitar jantung juga dapat terinfeksi bakteri tuberkulosis. Akibatnya bisa berupa peradangan dan penumpukan cairan atau cardiac tamponade. Sehingga membuat jantung tidak efektif dalam memompa darah, dan akibatnya bisa fatal.

6. Resistensi Bakteri

Pengobatan jangka panjang seringkali membuat pasien tidak disiplin, bahkan ada yang putus pengobatan karena merasa bosan. Pengobatan yang tidak tuntas atau tidak disiplin membuat bakteri akan kebal atau resisten. Sehingga harus diganti dengan obat lain yang lebih kuat dengan efek samping yang lebih parah.

7. Gangguan Mata

Bakteri tuberkulosis juga bisa menginfeksi bagian mata. Seringkali mata yang sudah terinfeksi bakteri ini akan menyebabkan iritasi pada retina mata. Sehingga retina akan membengkak dan terlihat merah.

Dengan mengetahui bagaimana penularan dan bahaya penyakit TBC. Anda bisa melakukan upaya untuk menghindari penyakit TBC. Bahkan, jika Anda sudah didiagnosa positif TBC, Anda bisa melakukan segala cara agar tidak menularkan ke orang-orang terdekat Anda. Misalnya saja dengan menggunakan masker saat beraktivitas.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *