Categories
Dunia Kesehatan

7 Gejala Paru-Paru Basah, Terlihat Sepele Tapi Berbahaya

Gejala Paru-Paru Basah

Paru-paru basah disebabkan oleh bakteri yang menyerang saluran pernafasan. Ada pula paru-paru basah yang disebabkan oleh virus. Gejala paru-paru basah yang tergolong ringan masih bisa disembuhkan. Namun jika yang terserang adalah anak-anak yang memiliki riwayat paru-paru tentu  cukup berbahaya. Nah ini beberapa gejala dan tanda paru-paru basah yang perlu diketahui

1. Rasa Nyeri Pada Dada yang Disertai dengan Batuk

Salah satu gejala paru-paru basah yang cukup umum dialami adalah rasa nyeri pada dada yang disertai dengan batuk. Bahkan ketika Anda sedang batuk rasa nyeri pada bagian dada juga akan bertambah parah. Sudah barang tentu jika Anda mengalami rasa nyeri pada dada maka proses pernapasan juga akan terganggu.

2. Batuk Kering yang Berkepanjangan

Tanda paru-paru basah yang paling umum dialami lainnya adalah batuk kering yang terjadi dalam kurun waktu yang lama. Sudah barang tentu jika mengalami batuk kering dalam jangka waktu yang lama tentu akan sangat menyiksa.  bila batuk kering yang Anda alami sudah berkisar antara beberapa minggu, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Kesulitan Bernafas atau Sesak Napas

Pada umumnya penderita paru-paru basah juga akan mengalami kesulitan bernafas atau sesak nafas, terlebih lagi ketika berbaring. Sesak nafas ini juga merupakan efek dari batuk kering yang berkepanjangan. Tak hanya mengalami sesak nafas saja, namun penderitanya juga mengalami tempo nafas yang pendek atau sangat cepat.

4. Demam Tinggi dan Sering Berkeringat

Demam akibat paru-paru basah juga bisa timbul karena infeksi virus. Gejala yang satu ini memang cukup umum dialami. Namun jika demam yang dialami cukup tinggi dan disertai dengan keringat pada tubuh Anda perlu waspada. Jangan lupa untuk segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui Penyakit apa yang sedang Anda derita dan mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Nyeri Otot

Penderita paru-paru basah akan merasakan pegal dan nyeri otot. Hal ini wajar terjadi karena tubuh akan terasa kaku ketika aliran darah tidak berjalan seperti semestinya. Kondisi ini disebabkan karena jantung yang berdebar dan bekerja lebih keras dari biasanya. Gejalanya bisa timbul secara bersamaan. Jika tidak segera ditangani maka penyakit tersebut akan berkembang sangat cepat.

6. Mual dan Muntah

Mual dan muntah juga merupakan salah satu gejala dan tanda paru-paru basah yang perlu diwaspadai. Jika sering mengalami mual dan muntah maka nafsu makan juga akan ikut menurun secara drastis. Meski demikian pastikan untuk selalu mengontrol makanan yang masuk pada tubuh agar asupan yang dibutuhkan  tetap terpenuhi dengan baik.

7. Jantung Berdebar

Jantung yang bekerja lebih cepat juga merupakan salah satu gejala dan tanda jika Anda mengalami paru-paru basah. Meski terkesan sepele namun kondisi yang satu ini juga terbilang cukup berbahaya loh. Kondisi ini terjadi ketika jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Nah di atas merupakan gejala paru-paru basah yang wajib Anda waspadai. Agar terhindar dari penyakit ini, Anda bisa mulai mengubah pola hidup yang lebih sehat dan selalu menjaga kebersihan. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari bakteri dan kuman pada tubuh. Selain itu agar kuman dan bakteri tidak menyebar pastikan melakukan etika batuk dan bersin dengan benar.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *