Categories
Makanan Tips Sehat

9 Buah Mengandung Vitamin E dan Manfaatnya untuk Tubuh

buah mengandung vitamin e

Vitamin adalah salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh, tak terkecuali vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang dikenal dengan manfaatnya dalam memelihara kesehatan kulit dan mengatasi berbagai penyakit yang menghinggapi tubuh. Nah, agar Anda mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mendapatkan vitamin E dari buah. Lantas, apa saja buah mengandung vitamin E?

Buah yang Mengandung Vitamin E

Mendapatkan asupan vitamin E yang cukup akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa buah mengandung vitamin E yang bisa Anda konsumsi secara rutin setiap hari.

1. Paprika

Anda bisa menemukan vitamin E pada buah paprika. Paprika mengandung sekitar 10% dari jumlah total kebutuhan vitamin E harian. Kandungan vitamin E pada paprika bersifat antioksidan, sehingga efektif untuk menangkal radikal bebas. Tak hanya menangkal radikal bebas, mengonsumsi paprika juga mampu mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan melindungi mata dari risiko penyakit katarak dan kerusakan mata.

2. Tomat

Tomat juga merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin E. Manfaat vitamin E yang diperoleh dari tomat antara lain untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke. Tak hanya itu saja, tomat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta mencegah terjadinya penggumpalan darah.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin E. Kandungan vitamin E pada alpukat adalah sebesar 21% dari total kandungan nutrisi di dalamnya. Hal ini membuat alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menjaga kesehatan tulang dan kulit.  Alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk jantung.

4. Kiwi

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin E dengan mengonsumsi buah kiwi. Kiwi mengandung sekitar 1 mg vitamin E yang bermanfaat untuk kulit agar awet muda, selain itu kiwi juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

5. Jambu Biji

Jambu biji memiliki sifat rendah indeks glikemik. Hal ini membuat jambu biji mengandung vitamin E. Kandungan vitamin E dalam jambu biji adalah sebesar 6% dari angka kebutuhan gizi. Maka tak heran jika jambu biji disarankan untuk penderita diabetes, selain itu jika Anda rutin mengonsumsi jambu biji juga akan membuat BAB lebih lancar.

6. Blackberry dan Raspberry

Blackberry mengandung vitamin E sebanyak 8% dari angka kebutuhan gizi. Sedangkan raspberry mengandung vitamin E sebanyak 5%. Kedua buah ini kaya akan kandungan airnya sehingga dapat diandalkan untuk menurunkan kolesterol maupun berat badan.

7. Mangga

Mangga mengandung 0,7 mg vitamin E. Jika Anda mengonsumsi beberapa buah mangga dalam sehari, maka Anda akan mendapatkan banyak asupan vitamin E. Selain mengandung vitamin E, mangga juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C.

8. Labu

Jika Anda ingin merasakan manfaat vitamin E, jangan lupa masukan labu ke dalam menu sehat Anda. Dengan mengonsumsi labu, maka Anda dapat memenuhi 6% asupan vitamin E harian Anda. Labu bermanfaat untuk membantu tubuh menjaga oksidasi darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperlancar sistem pencernaan karena labu juga mengandung serat.

9. Wortel

Tak hanya mengandung vitamin A, wortel juga mengandung vitamin E. 1 buah wortel mengandung sekitar 5,6% vitamin E. Wortel mengandung beta karoten yang bermanfaat untuk membantu tubuh memerangi kanker. penyempitan pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung.

Itulah beberapa buah mengandung vitamin E untuk Anda ketahui. Namun, Anda juga perlu mengimbangi asupan vitamin dengan asupan zat gizi lainnya. Tak hanya itu, Anda juga harus mengimbangi dengan aktivitas olahraga dan istirahat yang cukup untuk memaksimalkan perawatan tubuh Anda.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *