Categories
Obat

Adakah Efek Samping Obat Bisoprolol

Obat Bisoprolol adalah obat yang digunakan untuk membantu menurunkan kadar tekanan darah tinggi atau Hipertensi. Setiap obat memiliki efek samping jika mengonsumsinya begitu juga dengan obat ini. Efek samping Bisoprolol yang dirasakan ketika menggunakan obat ini adalah akan mengalami diare, sakit kepala, mual dan muntah, detak jantung yang lambat dan juga mengalami kejang otot. Efek samping ini akan berbeda bagi setiap orang.

Olahraga Yang Dilarang Untuk Penderita Hipertensi

Banyak berolahraga ketika memiliki riwayat sakit memang baik untuk menjaga kesehatan. Tapi ada olahraga yang tidak cocok dilakukan oleh orang-orang yang menderita Hipertensi, lalu apa saja olahraga yang dilarang itu?

  • Angkat Beban

Pemilihan olahraga yang cocok untuk penderita penyakit Hipertensi tidak boleh sembarangan. Tidak semua jenis olahraga aman untuk penderita Hipertensi. Olahraga yang tidak boleh adalah angkat besi atau angkat beban berat. Olahraga ini jelas dilarang karena olahraga ini membutuhkan tenaga yang ekstra dan akan membuat kerja jantung meningkat dan juga akan berakibat tekanan darah juga ikut naik. Ganti angkat beban dengan olahraga ringan seperti bersepeda santai. Pada intinya olahraga tersebut yang utama adalah konsisten dan melatih agar tubuh bisa mengeluarkan racun lewat keringat jadi tidak perlu merasakan efek samping Bisoprolol.

  • Squash

Olahraga ini juga dilarang untuk Hipertensi karena olahraga ini termasuk dalam jenis olahraga dengan intensitas tinggi atau HIIT. Olahraga ini dilakukan dengan cara memukulkan bola ke tembok dan tentunya akan terus menerus dan tidak berhenti. Jika melakukan olahraga ini maka kerja jantung akan meningkat dan tekanan darah pun akan naik. 

  • Sky Diving

Jenis olahraga ini sangat dilarang bagi penderita tekanan darah tinggi karena olahraga ini memerlukan keahlian khusus dan juga akan menimbulkan kecemasan pada saat dilakukan. Olahraga ini bisa saja menimbulkan rasa kecemasan yang tinggi karena kekurangan oksigen yang ada pada air sehingga olahraga ini sangat tidak dianjurkan untuk penderita Hipertensi.

  • Bela Diri

Jenis olahraga bela diri banyak sekali macamnya, misalnya adalah karate, taekwondo, tinju. Olahraga ini akan menimbulkan kerja jantung yang naik dari biasanya. Olahraga ini tidak bisa dilakukan dengan santai maka dari itu jangan dilakukan jika tekanan darah sedang naik.

  • Lari Cepat

Olahraga yang ini juga tidak cocok untuk penderita Hipertensi. Intensitas yang tinggi akan membuat tekanan darah menjadi naik. Lebih baik olahraga ini diganti dengan jalan santai yang penting dilakukan dengan rutin dan komitmen yang tinggi untuk olahraga dengan baik dan jangan lupa perhatikan juga efek samping Bisoprolol kalau minum obat Hipertensi.

  • Olahraga Intensitas Tinggi

Pada intinya semua olahraga yang memiliki intensitas yang tinggi tidak baik dilakukan oleh orang yang memiliki riwayat Hipertensi. Olahraga tersebut tidak membuat kondisi jantung membaik tetapi malah memperburuknya. Jadi pintarlah dalam memilah olahraga apa yang mampu dilakukan pada saat sedang mengalami Hipertensi.

Kelompok Beresiko Mengonsumsi Obat Bisoprolol

Tidak semua orang boleh menggunakan obat Bisoprolol untuk menurunkan Hipertensi. Obat ini merupakan obat yang harus dengan resep dokter. Orang yang sama sekali tidak boleh meminumnya adalah wanita hamil, dan menyusui serta orang-orang yang memiliki riwayat gangguan penyakit ginjal, penyakit hati dan juga penyakit jantung. Jadi konsultasikan dengan dokter jika akan menggunakan obat ini agar tidak terkena efek samping Bisoprolol.

Beli obat Hipertensi tanpa harus antri di apotek pakai Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack di Google Play Store juga App Store sekarang untuk konsultasi dokter online terbaik di Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *