Categories
Dunia Kesehatan

Akibat Kelebihan Vitamin B Kompleks

Asupan vitamin B memang merupakan sebuah asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk bisa berjalan dengan baik. Namun kelebihan vitamin B kompleks pun akan menyebabkan bahaya yang juga tidak bisa disepelekan juga ya. Karena itu asupannya itu tidak boleh kurang dan juga tidak boleh lebih ya, itulah mengapa diperlukan adanya konsultasi dengan dokter gizi. Nah berikut ini kami akan informasikan apa saja sih dampak dari kelebihan dari vitamin B.

Efek Samping Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks itu terdiri dari beberapa vitamin B ya seperti ada B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan juga B12. Setiap jenis memiliki efek samping yang berbeda-beda, karena kan fungsi dari setiap nutrisinya di dalam tubuh juga berbeda-beda ya. Nah kali ini kami akan jelaskan apa saja sih dampak dan juga efek samping kalau sampai kelebihan dalam mengonsumsi vitamin B ini.

1.     Vitamin B1

Overdosis B1 itu akan membuat orang merasa mudah lelah, berkeringat, bahkan sampai mual dan juga gelisah. Akan tetapi kalau sampai parah maka bisa sampai terjadi pusing, sesak napas, perubahan warna kulit.

2.     Vitamin B2

Sebenarnya kalau terlalu banyak mengonsumsi vitamin B2 itu akan membuat urine akan berubah menjadi kekuningan. Ini sih tidak berbahaya, akan tetapi kalau sudah parah maka bisa menyebabkan diare dan bisa jadi akan muncul sesak nafas. Itulah salah satu akibat kelebihan vitamin B kompleks.

3.     Vitamin B3

Efek samping penggunaan vitamin B3 terlalu tinggi adalah akan muncul diare, mual, pusing dan lain sebagainya. Bisa jadi sangat parah yang membuat penglihatan menjadi kabur dan juga akan bisa terkena nyeri sendi.

4.     Vitamin B5

Salah akibat overdosis vitamin B5 itu adalah terjadi diare yang sangat berat, sehingga mungkin akan membuat pasien jadi lemas.

5.     Vitamin B6

Efek berbahaya dari vitamin B6 yang terlalu besar adalah munculnya kesemutan, mengantung, kehilangan nafsu makan, dan sakit perut. Tapi kalau cukup parah bisa sampai adanya masalah otak dan juga masalah saraf.

6.     Vitamin B9

Salah satu efek dari konsumsi vitamin B9 itu adalah adanya serangan jantung terutama pada penderita gangguan jantung ya. Terlalu tinggi asam folat atau B9 ini akan membuat peningkatan risiko kanker paru ataupun prostat. Itulah beberapa dampak kelebihan vitamin B kompleks.

7.     Vitamin B12

Terlalu banyak vitamin B12 di konsumsi akan membuat orang itu mengalami diare, dan peningkatan risiko terjadinya pembekuan darah. Kasus lebih parahnya lagi adalah ada pembengkakan wajah, demam, menggigil, bahkan bisa sampai pendarahan. Itulah mengapa kalian harus waspada bila sampai berlebihan.

Saran Konsumsi Vitamin B Kompleks

Melihat beberapa bahaya dan dampak masalah kesehatan pada saat berlebihan konsumsi vitamin B kompleks, maka konsumsinya perlu dibatasi. Mengonsumsi bahan alami saja yang terkandung dalam makanan itu menjadi satu cara yang tepat untuk memenuhi asupan vitamin B kompleks. Karena dari makanan saja sudah banyak kok yang memiliki asupan vitamin B ini.

Bila memang memutuskan untuk menggunakan suplemen, maka disarankan untuk konsultasi ke dokter sebelum konsumsi suplemen. Sehingga dosis yang masuk itu tidak terlalu besar, dan menghindari kelebihan vitamin B kompleks dalam tubuh.

Kalian yang butuh konsultasi dokter soal asupan vitamin B kompleks bisa segera install aplikasi Ngovee, di sana kalian bisa konsultasi dokter. Nah kalian bisa mendapatkan rekomendasi suplemen juga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *