Categories
Obat

Anjuran Dosis Simvastatin untuk Penurun Kolesterol

Dosis Simvastatin

Simvastatin merupakan obat dari golongan statin yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah Anda. Sehingga, akan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke yang bisa disebabkan oleh penyumbatan aliran darah. Untuk bisa memperoleh manfaat dari Simvastatin. Berikut ini dosis Simvastatin yang dianjurkan.

Dosis Simvastatin

Dosis obat ini akan berbeda untuk tiap orang. Oleh sebab itu alangkah lebih baiknya jika tetap mengikuti anjuran dokter Anda atau mengikuti instruksi yang ada pada label obat. Informasi di bawah ini hanya mencakup dosis rata-rata dari obat ini. Jika dosisnya berbeda, jangan mengubahnya kecuali dokter Anda menyuruh untuk melakukannya.

Jumlah obat yang akan Anda minum tergantung pada kekuatannya. Jumlah dosis yang diminum setiap hari, waktu yang diperbolehkan antar dosis, dan lamanya Anda meminum obat tergantung dari masalah medisnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini dosis Simvastatin yang direkomendasikan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

1. Dosis untuk Dewasa

Dosis awal yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 10-20 mg dalam sehari dan dikonsumsi saat malam hari sebelum tidur. Sedangkan untuk Anda yang menderita penyakit jantung maupun stroke, dokter akan merekomendasikan dosis 40 mg. Akan tetapi dosis tersebut sangat jarang sekali ditemukan.

2. Dosis untuk Anak-Anak

Dosis pemberian Simvastatin yang diberikan untuk anak dengan usia antara 10-17 tahun, untuk konsumsi pertama dianjurkan untuk mengkonsumsi 10 mg Simvastatin dalam sehari dan dikonsumsi saat malam hari. Sedangkan untuk anak dibawh usia 10 tahun, harus ada konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum diberikan obat Simvastatin.

3. Dosis untuk Orang dengan Penyakit Lain

Orang dengan penyakit ginjal lanjut biasanya membutuhkan dosis yang lebih rendah. Untuk orang dengan penyakit hati, Anda tidak boleh menggunakan obat ini. Ini karena Simvastatin akan bertahan lebih lama di dalam tubuh. Sehingga efek sampingnya akan lebih besar.

Efek Samping Simvastatin

Sama halnya dengan jenis obat lainnya. Simvastatin juga mempunyai efek samping jika dikonsumsi tidak sesuai dengan anjuran dokter. Adapun beberapa efek sampingnya sebagai berikut: Sakit perut, nyeri otot dan persendian, infeksi pada saluran pernafasan, dan juga sakit kepala.

Selain mempunyai efek samping yang ringan. Ada juga efek samping yang lebih serius dan harus dilakukan penanganan medis secepat mungkin. Adapun efek samping serius setelah mengkonsumsi Simvastatin diantaranya: Kerusakan otot, kejang otot, gangguan hati, gagal ginjal, sakit perut yang parah dan lain sebagainya.

Interaksi Obat Simvastatin

Perlu diperhatikan kalau mengkonsumsi obat Simvastatin mempunyai interaksi dengan obat lain, yang bisa mengubah kerja obat dan lebih parahnya lagi bisa meningkatkan resiko efek samping Simvastatin. Beberapa kandungan obat yang bisa berinteraksi dengan Simvastatin diantaranya adalah Cyclosporine, Danazol, Gemfibrozil dan juga warfarin (obat pengencer darah).

Selain itu masih ada obat lain yang juga yang dapat mempengaruhi cara kerja simvastatin. Contohnya antijamur azole tertentu, boceprevir, cobicistat, colchicine, delavirdine, antibiotik makrolida, nefazodone, HIV protease inhibitor, telaprevir, dan telithromycin.

Orang keturunan Cina sebaiknya tidak mengkonsumsi niasin dalam dosis yang dipakai untuk menurunkan kolesterol, saat mengkonsumsi obat ini. Ini dapat meningkatkan risiko efek samping (terutama masalah otot). Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk penjelasan lengkap.

Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi produk beras ragi merah saat menggunakan simvastatin, karena beberapa produk beras ragi merah juga mengandung statin yang disebut lovastatin. Penggunaan produk simvastatin dan beras ragi merah secara bersamaan dapat meningkatkan risiko masalah otot dan hati yang serius.

Dengan mengetahui dosis Simvastatin yang dianjurkan, kemungkinan Anda overdosis konsumsi Simvastatin akan semakin rendah. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *