Categories
Obat

Apa Efek Samping Obat Albendazole?

Obat Albendazole sebenarnya itu sangatlah aman sekali dikonsumsi tetapi kalau sampai ada efek samping juga tidak akan terlalu berbahaya makanya tidak perlu takut konsumsi obat ini. Kalau untuk efek samping Albendazole cukup banyak, di antaranya adalah rambut menipis, nyeri di tenggorokan dan batuk, muntah, nyeri lambung dan juga merasakan nyeri di dada. Sebenarnya efek sampingnya masih ada banyak lagi tetapi efek samping ini berbeda antar satu orang dengan orang yang lainnya jadi tidak selalu yang dirasakan itu sama. Kalau memang sudah tidak tahan merasakan efek samping ini lebih baik langsung saja ke dokter agar apa yang dirasakan karena minum obat tersebut sembuh.

Apakah Manfaat Mengkonsumsi Obat Albendazole?

Albendazole adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi larva cacing. Cacing yang sebenarnya hanya ada di tubuh hewan sangatlah beresiko sekali menginfeksi tubuh manusia makanya kalau setelah pegang hewan baiknya harus cuci tangan saja. Jika tidak kalau memasak daging hewan baiknya harus yang matang sekali agar larva cacing mati dan tidak sampai masuk tubuh.

Ada dua jenis larva cacing yang seringnya menginfeksi manusia dan cacing tersebut adalah larva cacing pita yang ada di tubuh babi yang bisa menyerang otak manusia. Ada juga larva cacing di tubuh anjing yang akan menyebabkan kista di hati dan juga paru-paru, karena kedua berbahaya sekali kedua larva cacing tersebut makanya perlu mengkonsumsi obat Albendazole. Untuk cara kerja obat ini adalah merusak sel yang ada di usus cacing, sehingga cacing tersebut tidak bisa menyerap gula dan kehabisan energi sehingga mati.

Dosis Obat Albendazole Berdasarkan Kondisi Seseorang

Agar seseorang sampai tidak merasakan efek samping Albendazole maka yang perlu diperhatikan adalah cara mengkonsumsi obatnya dan juga berapakah dosis obatnya. Sebab efek samping muncul biasanya dikarenakan dosisnya tidak tepat karena tidak pernah ikut saran dari dokter makanya merasakan itu semua. Untuk dosisnya sendiri itu berbeda tergantung kondisi seseorang, kalau mau tahu lebih jelas bacalah penjelasan berikut.

·         Kondisi Echinococcosis

Kondisi ini dikarenakan larva cacing yang adanya di tubuh anjing dan dosisnya adalah orang dewasa yang berat badannya mencapai 60 kg maka per hari harus 15 mg setiap kilogramnya. Kalau maksimalnya itu sampai 800 mg, jika yang berat badannya itu 60 kg ke bawah maka hanya boleh 400 mg saja dan diberikan sehari hanya dua kali. Kalau anak-anak disamakan dengan orang dewasa saja tinggal lihat berat badannya saja agar tidak ada efek samping Albendazole.

·         Kondisi Sistiserkosis

Kalau yang ini kondisi dikarenakan larva cacing di tubuh babi, untuk dosisnya sebenarnya tidaklah berbeda dengan yang kondisi sistiserkosis. Dosisnya masih sama sehari hanya boleh 800 mg diberikan dua kali untuk yang sudah dewasa dan berat badan 60 kg lebih. Kalau yang di bawah 60 kg hanya 400 mg saja dimakan obatnya dua kali sehari dan anak-anak masih sama dosisnya dengan yang sudah dewasa. Jadi yang harusnya diketahui itu bukanlah dosisnya dulu tetapi kondisinya dulu apakah Sistiserkosis atau Echinococcosis agar tahu penanganannya seperti apa.

Jika ingin mengetahui informasi obat terbaik lainnya maka download aplikasi Lifepack saja yang tersedia di Playstore juga Appstore, jangan lupa tebus obat hanya di apotek online. Solusi mendapatkan obat yang tidak repot antri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *