Categories
Obat

Apa itu Ambroxol? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Ambroxol

Obat menjadi salah satu hal penting dalam dunia kesehatan yang memiliki beragam fungsi di setiap jenisnya. Perkembangan teknologi membawa kehadiran obat menjadi lebih mudah ditemukan. Salah satu penyakit menyebalkan yang biasa diredakan dengan obat adalah batuk berdahak yang diredakan dengan ambroxol. Lantas apa itu Ambroxol sendiri?

Deskripsi Obat

Ambroxol adalah sebuah obat yang tersedia dalam bentuk tablet ataupun sirup dengan sifatnya yang mulkolitik. Mulkolitik sendiri adalah sifat obat yang nantinya akan merombak asam mucopoloysaccharide dalam dahak sehingga dahak menjadi encer.

Obat ini tergolong ke dalam kategori obat keras sehingga penggunannya perlu dalam resep dokter dengan dosis yang tepat. Ambroxol sendiri bisa dikonsumsi oleh baik orang dewasa ataupun anak-anak tetapi dalam dosis berbeda. Secara umum, obat ini bisa membantu mengencerkan dahak di daerah organ pernapasan sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Kontraindikasi

Obat ini tidak memberikan kondisi khusus kontraindikasi pada penyakit tertentu tetapi penderita penyakit lambung perlu berhati-hati. Selain itu, orang dengan respon hipertensif ketika mengkonsumsi Ambroxol sebaiknya juga menghindari obat ini.

Tindakan Pencegahan

Ada studi tentang apa itu Ambroxol dan efeknya terhadap kondisi tertentu pada manusia sehingga ada anjuran untuk tidak menggunakannya. Misalnya pada wanita yang sedang berada dalam kondisi hamil di tiga semester pertama. Dalam studi terhadap binatang percobaan, terlihat adanya efek samping terhadap janin yang sedang dikandungnya.

Obat ini baru bisa dikonsumsi oleh wanita hamil ketika manfaat yang diberikan bisa melebihi dari resiko yang mungkin diterima. Selain itu, obat ini juga bisa terserap ke dalam ASI sehingga ibu menyusui perlu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dulu. Pastikan untuk mendapat rekomendasi dan petunjuk penggunaan dari dokter karena Ambroxol tergolong obat keras.

Orang dengan kondisi khusus seperti gangguan ginjal dan gangguan lambung perlu berterus terang terlebih dulu kepada dokter. Ketika mengkonsumsi obat lain juga perlu memberi tahu dokter baik itu suplemen atau hanya obat herbal. Obat ini adalah salah satu obat yang mungkin memberi reaksi alergi sehingga ketika terjadi reaksi, perlu dilakukan penanganan.

Interaksi Ambroxol dengan Obat Lain

Ambroxol merupakan obat dengan zat aktif yang bersifat sistemik dengan fungsi khusus mukolitik. Karena tergolong memiliki zat aktif, maka obat ini bisa berinteraksi dengan obat lainnya dan bisa memberikan dampak buruk.

Obat ini tidak boleh digunakan bersamaan dengan konsumsi obat-obatan antibiotik seperti erythromycin, cuferoxime, dan doxycycline.  Obat tersebut bisa memberikan kondisi dimana ambroxol meningkat konsentrasinya di dalam darah sehingga efek samping meningkat.

Efek samping yang mungkin disebabkan oleh Ambroxol ini seperti misalnya mual, maag, kembung, ruam merah, muntah, hingga lidah terasa kelu. Penggunaan Ambroxol bersamaan dengan obat antitusif atau obat batuk kering bisa membuat dahak menjadi mengental kemudian tersumbat. Karenanya, konsultasi dengan dokter sangat perlu dilakukan.

Dosis Ambroxol

Ambroxol yang berbentuk tablet ataupun sirup bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak yang dengan dosis berbeda. Orang dewasa bisa mengkonsumsi obat tablet dengan dosis 30-120 mg dengan interval 2-3 kali sehari. Di sisi lain, anak-anak di usia lebih dari 12 tahun bisa mengkonsumsi dengan dosis yang sama seperti orang dewasa.

Anak-anak lain di usia kurang dari 12 tahun akan lebih baik jika mengkonsumsi ambroxol yang berbentuk sirup. Untuk anak yang berumur kurang dari 2 tahun, cukup diberikan setengah sendok teh dua kali sehari. Sedangkan usia 2-5 tahun dosisnya masih sama, setengah sendok teh tapi tiga kali sehari. Terakhir, usia 5 tahun ke atas, dosisnya satu sendok teh 2-3 kali sehari.

Itu dia sedikit ulasan tentang apa itu Ambroxol baik dari sisi pengertian, kegunaan, hingga interaksi obat dengan obat yang lainnya. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengkonsumsi obat ini.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *