Categories
Obat

Apa Itu Chondroitin? Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu Chondroitin

Pernahkah Anda mengonsumsi chondroitin? Jika pernah, Anda pasti pernah memiliki masalah dengan sendi. Ya, chondroitin merupakan salah satu suplemen herbal yang digunakan untuk mengatasi sendi. Untuk Anda yang ingin tahu apa itu chondroitin, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Chondroitin

Apa itu chondroitin? Chondroitin merupakan sebuah suplemen herbal yang biasanya digunakan untuk mengobati osteoarthritis. Pada dasarnya chondroitin sudah ada di dalam tubuh manusia yakni berada di jaringan ikat dan tulang rawan. Namun, di hewan seperti tulang rawan ikan hiu dan daging sapi juga bisa ditemukan zat ini lho.

Chondroitin sendiri di sini adalah sebuah polimer yang akan bertindak sebagai matriks. Fungsinya adalah untuk menghubungkan antara filamen dengan tulang rawan. Dipercaya bahwa zat ini memiliki kemampuan untuk membantu tubuh dalam menjaga cairan serta nutrisi agar tulang rawan tetap kenyal, sehat, dan fleksibel.

Tidak hanya itu saja, chondroitin juga dipercaya dapat digunakan untuk mengobati katarak lho. bahkan, suplemen ini juga bisa digunakan untuk mengobati kandung kemih, osteoporosis dan bahkan penyakit jantung.

Manfaat ini biasanya akan dirasakan ketika chondroitin dikombinasikan dengan ekstrak lainnya. Hanya saja hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.

Fungsi Chondroitin

Salah satu fungsi chondroitin yang paling terkenal adalah dimana ia digunakan untuk mengobati penyakit osteoarthritis. Ini adalah sebuah kondisi dimana sendi akan terasa kaku dan nyeri. Banyak orang yang menyebut penyakit ini dengan nama pengapuran sendi.

Bahkan para peneliti juga sudah menemukan bahwa suplemen ini memang bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi. Bahkan ia juga akan meningkatkan pergerakan sendi serta mengurangi kebutuhan Anda dalam hal mengonsumsi obat pereda nyeri.

Manfaat ini bisa Anda rasakan ketika Anda mengonsumsi chondroitin bersamaan dengan glucosamine dalam waktu yang bersamaan. Nah, kombinasi antara kedua zat inilah yang nantinya akan berperan penting dalam pemeliharaan kesehatan sendi Anda. Tidak heran jika kedua zat ini kerap Anda temukan pada jenis obat rematik.

Efek Samping Mengonsumsi Chondroitin

Setelah mengetahui apa itu chondroitin dan fungsinya, Anda juga perlu tahu efek samping yang bisa muncul ketika menggunakan suplemen ini. Beberapa efek samping yang bisa muncul ketika anda mengonsumsi suplemen ini adalah sakit kepala, suasana hati yang berubah atau mood swing, dare, munculnya ruam gatal pada kulit.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa tidak semua orang yang mengonsumsi suplemen ini merasakan efek samping tersebut. Efek samping ini hanya terjadi pada beberapa orang saja. Nah, jika setelah Anda mengonsumsi suplemen ini dan mengalami efek samping tersebut, ada baiknya untuk segera periksakan diri ke dokter.

Dosis Chondroitin

Penggunaan suplemen ini juga harus sesuai dengan dosis. Namun, setiap orang membutuhkan dosis yang berbeda-beda dalam proses mengonsumsi suplemen ini. Hal ini dikategorikan berdasarkan usia serta kondisi kesehatan orang tersebut.

Agar lebih mantap, Anda bisa mengonsultasikan dosis ini kepada dokter atau ahlinya sebelum mengonsumsinya. Dengan demikian, Anda bisa merasakan fungsi dari suplemen ini secara maksimal, terutama untuk mengobati masalah nyeri sendi.

Apalagi hingga saat ini belum ada cukup banyak penelitian ilmiah yang membahas tentang manfaat dan kebenaran dari suplemen kesehatan ini.

Dengan mengetahui apa itu chondroitin, Anda jadi tahu bahwa ini adalah salah satu suplemen yang memiliki fungsi untuk mengatasi nyeri sendi. Oleh sebab itu, manfaatkan dan pastikan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *