Categories
Penyakit

Apa Saja Penyebab Alzheimer?

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit yang berbahaya pada masa kini, dan memang belum bisa ditemukan obat yang tepat. Penyebab Alzheimer sendiri mungkin masih belum bisa dipastikan secara rinci akibat dari apa dan juga kenapa bisa demikian. Mungkin memang tidak begitu banyak juga orang yang mengerti dengan baik soal penyakit ini apalagi soal penyebab dari penyakit ini. Karena itulah mari kita pelajari mengenai penyakit Alzheimer ini sebenarnya penyakit seperti apa dan bagaimana.

Penyebab Penyakit Alzheimer

Sebenarnya soal penyebab pasti dari penyakit ini sih belum bisa diketahui dengan baik bahkan hingga sampai sekarang ini belum diketahui. Namun ada beberapa penelitian yang memunculkan dugaan kalau penyakit ini muncul karena adanya penumpukan protein di dalam tubuh. Jadi protein yang menumpuk di dalam otak itu akan mengendap dan membuat asupan nutrisi ke dalam otak pun jadi terhambat.

Apabila sel di dalam otak itu mengalami kerusakan dan mati, maka kemungkinan zat kimia yang ada di dalam otak tidak bisa diproduksi. Sehingga kadarnya akan berkurang dan membuat koordinasi antar saraf pun menjadi sangat kacau yang membuat penurunan fungsi otak secara perlahan. Hal ini yang akan membuat penurunan daya ingat dan juga perubahan suasana hati. Lama kelamaan sel otak akan mati dan akhirnya otak pun menyusut dan itulah penyebab Alzheimer.

Faktor Risiko

Memang benar kalau penyebab dari penyakit ini belum bisa diketahui secara pasti dan masih membutuhkan penelitian yang mendalam. Akan tetapi bisa diketahui adanya beberapa kondisi tertentu dari seseorang yang membuat orang tersebut mudah terkena Alzheimer. Jadi ada beberapa kondisi dan faktor risiko yang bisa menyebabkan orang itu akan bisa terkena penyakit Alzheimer ini. Berikut ini beberapa kondisi dan orang yang mungkin saja bisa terkena penyakit tersebut.

1. Lansia

Salah satu kondisi yang memang sangat rentan terjadi penyakit Alzheimer ini adalah kondisi dimana orang dengan usia lanjut. Biasanya orang yang memiliki umur di atas 60 tahun itu memiliki risiko yang sangatlah tinggi sekali.

2. Wanita

Berdasarkan penelitian memang penyakit Alzheimer ini lebih sering terjadi atau kasusnya lebih banyak wanita dibandingkan pria. Sehingga wanita itu lebih tinggi resikonya untuk mengalami penyakit tersebut. Penyebab Alzheimer sendiri bisa jadi karena kalian wanita.

3. Memiliki Gangguan Kognitif

Gangguan kognitif itu akan membuat seseorang itu akan memiliki masalah pada daya ingat yang memang sangatlah besar. Nah hal itu bisa semakin buruk seiring berjalannya waktu masalah tersebut akan menjadi semakin besar dan semakin parah.

4. Mengalami Down Sindrom

Kelainan genetik dalam bentuk down sindrom itu biasanya memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk bisa terkena penyakit ini. Karena pada kasus down sindrom itu biasanya terjadi penumpukan protein di dalam otak dan akhirnya mengendap juga. Dan jelas hal ini akan memperbesar kemungkinan orang untuk terkena Alzheimer ini.

5. Genetik

Faktor berikutnya yang juga cukup besar itu adalah karena faktor genetik ataupun keturunan dari keluarga yang mengidap penyakit. Berdasarkan penelitian memang orang yang memiliki genetika penyakit tersebut, bisa lebih mudah terkena penyakit. Itu bisa menjadi penyebab Alzheimer.

Meskipun dikatakan kalau penyakit ini biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia di atas 60 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan orang mudah juga. Jadi disarankan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, dan untuk itu kalian bisa kunjungi Ngovee. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *