Categories
Dunia Kesehatan Tips Sehat

Apa yang Kamu Ketahui tentang Virus Corona? Temukan Info Selengkapnya di Sini

apa yang kamu ketahui tentang virus corona

Indonesia sedang mengalami sebuah wabah virus yang disebut dengan virus Corona. Apa yang kamu ketahui tentang virus Corona? Ya, ini adalah jenis virus yang menginfeksi manusia dengan sangat cepat dan bisa menyebabkan kematian. Untuk kamu yang ingin tahu informasi lengkap mengenai virus ini? Langsung saja simak info selengkapnya di bawah ini.

Apa itu virus Corona?

Apa yang kamu ketahui tentang virus Corona? Ini adalah pertanyaan paling mendasar yang banyak ditanyakan oleh orang dan bahkan oleh guru kepada siswanya. Ya, virus corona merupakan jenis virus baru yang menyebabkan gangguan pernapasan pada penderitanya.

Virus ini awalnya berasal dari Wuhan pada akhir tahun 2019. Tidak hanya di Wuhan, Cina saja namun virus ini juga menyebar ke negara lain seperti Jepang, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat dan bahkan Indonesia.

Pada umumnya, virus Corona ditemukan pada jenis hewan seperti ular, unta, hewan ternak, kelelawar dan juga kucing. Manusia bisa terinfeksi apabila berkontak langsung dengan hewan tersebut. Sayangnya, virus yang ada di Wuhan ini berbeda dengan virus Corona yang biasa ditemukan pada hewan. Ini adalah jenis virus baru namun masih termasuk dalam golongan Coronavirus.

Gejala Virus Corona

Orang yang terinfeksi virus ini mengalami beberapa gejala yang bervariasi. Gejala ini bisa berupa flu biasa dan bahkan mengalami gangguan pernapasan yang berat seperti pneumonia. Adapun gejala umum yang sering muncul pada orang-orang yang terinfeksi virus ini seperti demam tinggi, pilek, batuk kering, hidung berair dan bersin, sesak napas, serta nyeri tenggorokan.

Namun, gejala ini juga bisa bertambah parah dengan waktu yang sangat cepat dan bahkan bisa menyebabkan gagal napas hingga kematian. Adapun gejala ini juga akan muncul dalam waktu 14 hari setelah terpapar virus.  Sehingga, penderita kadang tidak mengetahui dan sudah berinteraksi dengan orang lain sehingga mempercepat proses penularan.

Pengobatan Virus Corona

Hingga saat ini belum ada anti-virus yang terbukti sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit ini. Hanya saja, beberapa anti-virus seperti MERS-Cov dan SARS-Cov sudah ada yang berhasil namun belum menunjukkan hasil yang lebih memuaskan.

Para penderita biasanya akan menerima terapi dalam bentuk suportif untuk menghilangkan gejalanya. Misalnya saja diberikan anti-piretik untuk menurunkan suhu tubuh. Diberikan cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan juga diberikan oksigen untuk mencegah sesak napas.

Pencegahan Virus Corona

Meskipun gejala penyakit ini mirip dengan penyakit pernapasan lainnya, namun hingga saat ini belum ada vaksin yang bisa mencegah penularan virus. Adapun cara terbaik untuk mencegah penularan virus ini adalah dengan melakukan 3M.

Apa itu 3M? 3M merupakan sebuah rangkaian bentuk pencegahan aktif pada diri sendiri. Ini adalah langkah sederhana yang bisa dilakukan setiap individu untuk melindungi dirinya dari paparan virus corona.

Lantas, apa saja 3M itu? 3M adalah menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak. Jenis masker yang bisa digunakan untuk mencegah penularan virus ini ada 3, namun yang direkomendasikan untuk masyarakat umum adalah masker kain.

Selain itu, membiaskan diri mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menyentuh area tubuh yang mudah terinfeksi seperti mata, hidung dan mulut. Kamu juga harus menjaga jarak sejauh 2 meter untuk melindungi diri dari virus ini.

Bagaimana, apa yang kamu ketahui tentang virus Corona? Penjelasan di atas sedikit menjawab rasa penasaran kamu bukan? Untuk itu, lindungi diri dan keluarga agar tidak terpapar virus ini.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *