Categories
Penyakit

Apa Yang Terjadi Saat Gagal Jantung?

Gagal jantung adalah sebuah momok yang cukup menakutkan untuk semua orang karena bisa sangat mematikan. Penyebab gagal jantung ada beberapa faktor, namun yang perlu anda ketahui adalah apa yang menjadi indikasi anda mengalami gagal jantung. Saat terjadi gagal jantung maka jantung tidak bisa memompa darah dengan maksimal. Hasilnya semua organ dalam tubuh akan mengalami kekurangan pasokan darah. Ketika organ tubuh kekurangan pasokan darah maka yang terjadi adalah organ tubuh tidak bisa bekerja dengan maksimal. Akhirnya banyak fungsi tubuh yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Gagal jantung menjadi pintu masuk yang cukup lebar untuk berbagai masalah kesehatan serius lain.

Faktor Penyebab Kegagalan Jantung

Jantung ketika gagal memompa darah pasti disebabkan karena sesuatu. Jika faktor yang menyebabkan gagal jantung ini tidak diketahui maka gagal jantung akan sangat sulit untuk diatasi maupun dicegah. Berikut adalah beberapa contoh faktor yang menyebabkan gagal jantung ;

  • Penyakit Jantung Koroner

Penyebab kegagalan jantung yang pertama adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini disebabkan karena adanya plak atau penyumbatan pada pembuluh darah yang mengarah ke jantung. Jantung koroner sering telat disadari karena penyumbatan ini bisa berjalan dengan lambat dan baru dirasakan ketika sumbatan sudah semakin parah.

  • Katup Jantung Rusak

Jantung memiliki katup yang bisa membuka dan menutup untuk mengontrol aliran darah. Jika katup jantung ini bermasalah maka darah bisa tersumbat dan akhirnya terjadi gagal jantung.

  • Hipertensi

Penyakit darah tinggi menjadi salah satu penyebab gagal jantung. Saat hipertensi maka pembuluh darah mengalami tekanan yang sangat tinggi. Hal ini membuat otot jantung harus bekerja lebih berat agar darah bisa tersalurkan dengan baik ke seluruh organ tubuh. Ketika otot jantung terus dipaksa bekerja terlalu berat maka akan tinggi kemungkinannya jantung mengalami kegagalan.

  • Aritmia

Detak jantung harus berjalan normal dan teratur agar bisa berfungsi dengan baik. Namun ketika seseorang mengalami aritmia maka irama detak jantung akan bermasalah, bisa berjalan lebih cepat bisa juga lebih lambat atau justru tidak teratur. Hal ini menyebabkan fungsi jantung secara keseluruhan akan terganggu yang akhirnya menyebabkan gagal jantung. Aritmia menjadi penyebab gagal jantung yang cukup banyak.

  • Diabetes

Penderita diabetes memiliki lebih besar resiko mengalami gagal jantung karena tingginya kadar gula dalam darah menyebabkan organ dalam tubuh terganggu. Kegagalan jantung merupakan resiko yang tidak bisa dielakkan oleh para penderita diabetes. Oleh sebab itu maka penderita diabetes harus selalu mengontrol kadar gula dalam darah.

  • Kardiomiopati

Kondisi ini adalah kondisi dimana otot jantung mengalami kelainan atau kerusakan yang menyebabkan jantung tidak bisa memompa darah dengan baik. Hasilnya sudah pasti akan ada kegagalan jantung. Otot jantung yang bermasalah membuat jantung tidak bisa menyalurkan darah pada organ tubuh lain yang akhirnya mengganggu fungsi tubuh.

  • Miokarditis

Jantung bisa mengalami infeksi yang disebabkan karena virus, bakteri maupun jamur. Infeksi pada jantung ini bisa membuat jantung mengalami peradangan yang akhirnya jantung tidak berfungsi dengan baik dan mengalami gagal jantung. Virus, bakteri maupun jamur ini bisa berasal dari mana saja sehingga menjaga kebersihan dan gaya hidup sehat wajib dilakukan.

  • Hipertiroidisme

Kadar tiroid dalam tubuh bisa mengalami produksi berlebih sehingga tiroid ini menyebabkan detak jantung berjalan lebih cepat. Kondisi hipertiroidisme ini menjadi salah satu penyebab gagal jantung yang banyak dialami.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore untuk mengetahui penyebab gagal jantung lainnya, aplikasi ini juga merupakan apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *