Categories
Vitamin

Apakah Benar Ginkgo Biloba Dapat Meningkatkan Fungsi Otak?

Suplemen Ginkgo Biloba, yang kini semakin populer dibuat dari pohon ginkgo biloba yang juga disebut pohon maidenhair. Pohon ginkgo merupakan satu spesies atau jenis pohon tertua di muka bumi. Pohon ini bisa tumbuh hingga 39,6 meter dan dapat hidup lebih dari 1.000 tahun.

Suplemen ginkgo yang semakin populer ini juga termasuk obat herbal paling laris. Ginkgo memiliki peran penting di dalam pengobatan tradisional asal Tiongkok, dimana biji dan daun ginkgo sudah digunakan selama ribuan tahun. Ekstrak dari daun ginkgo biloba yang sudah dikeringkan tersedia dalam bentuk ekstrak kapsul, tablet dan cair.

Penggunaan Ginkgo Biloba di Dunia Medis

Untuk berabad-abad lamanya, pohon ginkgo ini diperkirakan telah punah hingga akhirnya ditemukan beberapa di Tiongkok, tempat dimana pertama kali pohon ini digunakan untuk pengobatan. Orang Tiongkok mengonsumsi ginkgo biloba untuk memperoleh manfaatnya yang diyakini bisa meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi gejala penyakit asma.

Khasiat Ginkgo Biloba Untuk Daya Ingat, Alzheimer dan Demensia

Walaupun terdapat beragam “penguat” otak yang ditemukan di pasaran, banyak diantaranya tak didukung penelitian yang mendalam untuk klaim meningkatkan daya ingat. Suplemen gingko biloba merupakan salah satu bahan alami yang memperlihatkan prospek lebih banyak dibandingkan dengan bahan herbal lainnya.

Selain itu ginkgo biloba secara umum digunakan di wilayah Eropa untuk mengatasi satu jenis demensia yang disebabkan oleh aliran darah yang berkurang. Ginkgo biloba mempunyai kecenderungan untuk meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kecil. Sejumlah analisis menyatakan bahwa ginkgo biloba mempunyai manfaat untuk demensia pada ukuran yang sama dengan obat yang dikonsumsi dalam jumlah besar guna mengobati alzheimer.

Terdapat beberapa bukti yang memperlihatkan bahwa penderita demensia dapat memperoleh manfaat dari konsumsi ginkgo, sekalipun masih memerlukan penelitian yang lebih banyak. Beberapa manfaatnya antara lain peningkatan daya ingat, peningkatan daya pikir, dan perilaku sosial yang semakin baik.

Suplemen Lainnya yang Dapat Dikonsumsi Guna Meningkatkan Daya Ingat

Selain suplemen ginkgo biloba, terdapat beberapa suplemen lain yang dapat dikonsumsi dan mempunyai potensi untuk meningkatkan daya ingat namun membutuhkan penelitian lebih lanjut. Berikut beberapa diantaranya:

  • Asam Lemak Omega-3

Suplemen omega-3 ini cukup banyak diminati. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada jenis makanan seperti ikan air tawar, minyak kacang-kacangan dan minyak tumbuhan, serta kenari Inggris dihubungkan dengan menurunnya resiko alzheimer. Akan tetapi dibutuhkan penelitian menyeluruh guna membuktikan manfaat daya ingat pada suplemen ini.

  • Vitamin E

Walaupun sepertinya vitamin E tak menurunkan resiko alzheimer, namun suplemen ini dapat memperlambat perkembangannya. Penelitian terbaru sudah menyebabkan kekhawatiran mengenai peningkatan resiko kematian seseorang yang mengonsumsi vitamin E dengan dosis tinggi. Untuk itu pastikan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

  • Acetyl-L-carnitine

Beberapa penelitian menyatakan bahwa suplemen ini dapat membantu penderita alzheimer dengan gejala gangguan ingatannya. Suplemen ini dapat memberi manfaat yang lebih besar untuk orang yang menderita alzheimer di usia muda, atau yang perkembangan alzheimernya melaju sangat cepat.

  • Ginseng Asia (Panax)

Menjadi herbal yang kadang dikonsumsi bersamaan dengan suplemen ginkgo biloba, ginseng Asia dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan saat kelelahan.

Dapatkan vitamin terbaik hanya di Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian, Anda juga bisa download aplikasi Jovee. Jovee merupakan aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai kebutuhan personal Anda. Aplikasi Jovee tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *