Categories
Penyakit

Apakah Berbahaya Penyakit Impetigo?

Impetigo merupakan infeksi yang terjadi di kulit bagian teratas, penyakit Impetigo sebenarnya tidak terlalu berbahaya tetapi cepat sekali menyebar dan menular juga. Jadi jika ada yang terkena Impetigo ini bisa-bisa akan membuat orang sekitar juga akan terkena makanya harus cepat disembuhkan agar tidak merugikan orang lain. Penularan Impetigo sendiri bisa dikarenakan kontak langsung dengan handuk, alat makan dan juga baju yang ada bakterinya, biasanya yang terkena itu anak kecil. Jadi untuk orang tua harus selalu mengingatkan agar anaknya tidak bergantian handuk atau alat makan dengan temannya.

Tanda-Tanda Umum Terkena Impetigo

Penyakit mematikan atau yang tidak pastinya akan ada tanda-tandanya dan cari tanda tersebut akan ketahuan apa jenis penyakit yang diderita. Kalau memang sudah ada tanda yang tidak wajar pada bagian tubuh berarti tubuh sedang bermasalah dan bisa dilakukan pencegahan agar tidak tambah parah. Untuk penderita Impetigo tanda-tandanya itu berbeda tergantung dari jenis Impetigo yang diderita. Untuk tahu lebih jelas apa tanda tersebut berikut sedikit penjelasannya.

·         Impetigo Bulosa

Jika terkena penyakit Impetigo Bulosa ini tanda-tandanya adalah kulit melepuh dan juga ada cairannya, kulitnya akan terasa gatal sekali dan juga merasakan nyeri di area kulit yang melepuh. Kalau anak kecil sampai merasa seperti itu pastinya akan kesakitan sekali jadi orang tua harus benar-benar merawatnya dengan benar agar anak tidak merasa terlalu sakit.

Kalau sudah agak lama kulit yang melepuh tadi akan pecah dan juga akan melebar lukanya, nanti setelah pecah akan ada kerak yang berwarna kuning pada kulit yang melepuh tersebut. agar bekas luka tersebut bisa hilang bisa pakai salep saja atau bisa juga pakai obat herbal yang bagus untuk kulit anak saja.

·         Impetigo Nonbulosa

Kalau untuk yang Impetigo Nonbulosa tandanya adalah kulit ada bercak merah yang seperti luka karena gatal, bercak tersebut tidak akan sembuh kalau tidak segera diobati. Kalau digaruk itu bisa menyebar jadi kalau sebelumnya kecil bercaknya tetapi karena sering digaruk akan bertambah lebar. Jika sering disentuh juga menyebabkan luka akan menyebar makanya orang tua harus mengawasi anaknya yang terkena penyakit Impetigo.

Jadi cara pencegahannya agar tidak jadi parah jagalah kebersihan anak, rajin cuci tangan supaya tangan tidak ada bakterinya jadi kalau memegang luka tidak terkena infeksi bakteri lainnya. Lebih baik kalau memang anak terkena baiknya jangan dibiarkan pergi ke luar rumah dulu, harus di rumah saja agar bisa diawasi terus dan agar tidak terkena bakteri juga.

Cara Mudah Mencegah Penyakit Impetigo Pada Anak

Pastinya tidak ada yang mau sampai anaknya terkena penyakit apalagi terkena Impetigo, agar tidak terkena itu cara pencegahannya cukup mudah. pertama adalah anak harus langsung di cuci tangannya menggunakan sabun setelah bermain di luar rumah, sebab bakteri di tangan ada banyak sekali makanya perlu dijaga kebersihannya.

Selain itu kalau anak ada luka harus segera ditutup luka tersebut agar bakteri tidak masuk, luka bisa ditutup menggunakan perban ataupun plester. Orang tua juga harus rajin memotong kuku anaknya karena kotoran di kuku penuh bakteri yang bisa menimbulkan penyakit Impetigo, kalau sudah dilakukan semuanya pasti anak sehat terus.

Konsultasi gratis bersama dokter umum mengenai kesehatan anak dan bisa beli obat rutin. Maka download aplikasi Lifepack saja di Playstore juga Appstore, aplikasi solusi tebus obat tanpa antri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *