Categories
Tips Sehat

Apakah Manfaat Jalan bagi Kesehatan? Simak Penjelasan ini

Apakah Manfaat Jalan bagi Kesehatan

Jika ditanya apakah manfaat jalan bagi kesehatan? Sudah pasti jawabannya sangat banyak sekali. mulai dari menghindari resiko penyakit yang bisa menimbulkan kematian tertinggi di dunia seperti stroke dan penyakit jantung. Selain manfaat tersebut, untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa manfaat jalan kaki yang bisa Anda dapatkan.

1. Menurunkan Berat Badan

 Saat ada pertanyaan apakah manfaat jalan bagi kesehatan? Jalan kaki tergolong dalam golongan olahraga yang dapat meningkatkan respon tubuh terhadap hormon insulin. Hormon ini bertanggung jawab untuk mengatur metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak, yang dapat mengurangi jumlah lemak dalam tubuh.

Tentu saja, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melakukan sedot lemak atau tiket gym jika berjalan sendirian dapat membantu Anda membakar kalori dan lemak yang membandel. Namun, itu semua manfaat jalan kaki untuk membakar kalori itu tergantung pada beberapa faktor seperti jarak tempuh, kecepatan berjalan kaki, dan juga medan yang ditempuh.

Sebagai pemula, yang terbaik adalah mencoba berjalan selama 15 menit dengan jarak sedang setiap hari. Kemudian Anda bisa secara bertahap menambah durasi dan jarak tempuh. Jika bisa, carilah jalan yang lebih sulit seperti perbukitan dan juga tanjakan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jalan kaki secara teratur minimal 30 menit sehari atau lima hari dalam seminggu bisa menurunkan resiko penyakit jantung koroner hingga 19%. Hal ini berkaitan dengan kebugaran kardiorespirasi yang berhubungan dengan tekanan darah dan kesehatan jantung. Semakin rutin Anda berjalan kaki, semakin tinggi tingkat kebugaran kardiorespirasi Anda.

3. Menurunkan Resiko Penyakit Kronis

Manfaat jalan kaki setiap hari dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan resiko stroke hingga 20%-40%. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari akan memiliki resiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah.

Tak hanya penyakit stroke dan jantung, manfaat jalan kaki juga bermanfaat untuk menurunkan diabetes tipe 2 hingga 30%. Dengan berjalan kaki, Anda dapat membuat otot Anda bekerja lebih banyak dan meningkatkan kemampuannya dalam menyerap glukosa.

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang adalah tidak aktif setelah makan makanan berat. Biasanya, setelah makan hanya diam dan tidak melakukan apapun, meski bisa mengganggu sistem pencernaan. Agar saluran pencernaan bisa berfungsi maksimal, cukup dengan berjalan kaki sekitar 30 menit.

5. Mengurangi Resiko Osteoporosis dan Diabetes

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat berkontribusi pada peningkatan tajam pada satu penyakit kronis, yaitu diabetes. Namun, para ahli merekomendasikan bahwa setiap orang harus berjalan kaki lima ribu langkah sehari secara teratur sebagai tindakan pencegahan atau untuk mengobati diabetes tipe 2 ini.

Selain bermanfaat untuk mengontrol gula darah dan mencegah diabetes, kebiasaan berjalan kaki setiap hari juga dapat membantu memperkuat tulang, sehingga dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis, arthritis, dan masalah kesehatan tulang lainnya.

6. Meningkatkan Energi

Manfaat lain dari berjalan kaki adalah mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi. Pasalnya, berjalan kaki dapat meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan kadar kortisol, adrenalin, dan norepinefrin. Ketiganya merupakan pengatur tingkat energi dalam tubuh.

Jalan kaki secara rutin juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jalan kaki rutin dapat meningkatkan resistensi terhadap beberapa penyakit ringan. Misalnya pilek, flu dan juga batuk.

Dalam studi khusus yang melibatkan 1.000 peserta, para peneliti menemukan bahwa mereka yang berjalan secara teratur selama 30 hingga 45 menit sehari, memiliki rasa sakit hingga 43 persen lebih sedikit daripada mereka yang tidak pernah berolahraga. Bahkan orang sakit yang jalan kaki secara teratur pulih lebih cepat.

Jadi masih ada lagi pertanyaan apakah manfaat jalan bagi kesehatan? Setelah Anda membaca manfaat jalan kaki di atas. Segera lakukan olahraga yang murah ini untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi yang menyehatkan dan segar bugar.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *