Categories
Dunia Kesehatan

Atasi Kondisi Kurang Gizi Pada Orang Dewasa

Seperti apakah kondisi kurang gizi atau kurang nutrisi yang dialami banyak orang di luar sana? Kondisi tubuh yang kurus keringkah? Atau kondisi tubuh yang terlihat sakit-sakitan? Apa akibatnya jika tubuh kita kekurangan gizi dan nutrisi? Apakah harus segera ditangani dengan cepat atau bisa diobati secara mandiri?

Hal Yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Gizi

Ada beberapa kondisi tubuh yang bisa terjadi jika mengalami kekurangan gizi dan nutrisi. Dan sayangnya hal ini tak langsung bisa disadari oleh semua orang sehingga sering kali justru diremehkan oleh banyak orang. Berikut ulasan tentang apa akibatnya jika tubuh kita kekurangan gizi?

 1.  Sulit konsentrasi

Orang yang mengalami kekurangan gizi dan nutrisi sangat mungkin untuk alami kesulitan berkonsentrasi. Hal ini tentu saja akan sangat merugikan Anda bukan? Terutama jika pekerjaan Anda membutuhkan konsentrasi tinggi. Maka harus segera ditangani dengan cara memberikan asupan makanan yang lengkap gizi dan nutrisinya.

 2.  Nafsu makan menurun

Salah satu gejala kekurangan nutrisi dan gizi adalah dimana berkurangnya nafsu makan. Dan akibatnya berat badan pun akan menurun secara drastis. Penderita akan dengan cepat kehilangan lemak dan massa otot sehingga akan membuat tubuhnya terlihat kurus kering.

 3.  Mudah lelah

Padahal tak sedang melakukan aktivitas berat namun tubuh justru menjadi lebih mudah lelah. Akibatnya tubuh pun menjadi kurang produktif meski masih berusia yang seharusnya bisa lebih produktif lagi. Penyebabnya adalah karena banyak organ dalam tubuh yang mengalami gangguan fungsi karena kekurangan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan.

 4.  Mudah sakit

Apa akibatnya jika tubuh kita kekurangan gizi yang selanjutnya? Tubuh Anda pun akan rentan untuk terkena berbagai macam penyakit karena kekurangan nutrisi dan gizi bisa menyerang sistem kekebalan tubuh yang dimiliki. Alhasil yang terjadi adalah Anda akan sering sakit dan setiap menderita sakit selalu dalam waktu yang cukup lama.

Cara Atasi Kondisi Kesehatan Kekurangan Gizi dan Nutrisi pada Orang Dewasa

Jika kekurangan gizi dan nutrisi dialami oleh anak-anak maka mungkin akan terasa lebih mudah untuk mengatasinya. Kita tinggal memberikan asupan makan yang bergizi dan memiliki nutrisi yang cukup serta menganjurkannya untuk lebih banyak beristirahat. Namun bagaimana jika yang mengalami kekurangan gizi dan nutrisi adalah orang dewasa?

Jika kondisi malnutrisi yang diderita sudah terlihat sangat parah, yaitu dengan penderita yang menunjukkan gejala sangat lemas dan sulit untuk bergerak maka akan diberikan cairan infus untuk mengembalikan tenaga dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah jika kondisi kekurangan gizi dan nutrisi masih bisa dibawa beraktivitas maka biasanya akan diberikan konsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap dan mencukupi kebutuhan tubuh. Selain itu, bagi penderita akan sangat dianjurkan untuk makan dengan jumlah sedikit namun sering untuk mengantisipasi terjadinya mual muntah jika makanan  dipaksakan masuk.

Untuk beberapa penderita yang alami kekurangan gizi dan nutrisi dengan kondisi  penyakit tertentu maka biasanya pemberian makanan bernutrisi akan dilakukan dengan cara yang lebih khusus. Diantaranya adalah dengan menggunakan tabung khusus yang dipasang di bagian usus atau perut penderita yang berfungsi untuk memasukkan zat gizi secara langsung ke saluran pencernaan penderita malnutrisi. Sekian ulasan tentang apa akibatnya jika tubuh kita kekurangan gizi beserta cara mengatasinya jika terjadi pada orang dewasa.

Jovee dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian mu. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga. Dan dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *