Categories
Makanan

Bagaimana Cara Memasak Telur Yang Sehat?

Masakan telur memang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia, dan cara memasaknya pun sangatlah beragam sekali ya. Namun cara memasak telur yang sehat itu mungkin tidak banyak diketahui, akan tetapi sebenarnya itu adalah hal yang penting. Proses memasak akan mempengaruhi gizi yang terkandung di dalamnya dan juga berbagai kandungan yang akan berpengaruh bagi tubuh. Mari kita pelajari lagi cara memasak telur supaya tetap sehat dikonsumsi dan mendapatkan manfaat yang maksimal.

Jenis Masakan Telur

Nah masakan telur di Indonesia sendiri memang ada banyak sekali jenisnya, dan tentunya kita sudah terbiasa memakan olahan tersebut. Ada beberapa jenis memang masakannya mulai dari yang dengan cara direbus sampai yang digoreng bahkan ada yang dipanggang. Untuk rebus sendiri ada dua jenis juga ya mulai dari rebus biasa ataupun merebus tanpa menggunakan cangkang. Keduanya menjadi salah satu cara yang paling sehat untuk memasak telur sepertinya karena tidak menambahkan minyak yang menjadi pusat kolesterol.

Jenis masak yang kedua adalah menggoreng, dan di goreng sendiri pun ada beberapa jenis masakan telur juga ya kan. Ada yang memasang dengan cara ceplok atau mata sapi dan ada juga yang menggunakan telur dadar. Telur dadar itu berarti telur itu di kocok terlebih dahulu baru nanti akan digoreng, bisa berbentuk atau asal di orak arik saja. Di sini penggunaan minyak yang membuat ini bukan salah satu cara memasak telur yang sehat.

Tips Memasak Telur Supaya Sehat

Nah sebenarnya cara apa pun untuk memasaknya itu tetap bisa saja sehat apabila memperhatikan beberapa hal yang sangat penting. Sebab pada dasarnya ada beberapa dasar dan faktor yang bisa membuat sebuah masakan telur itu akan tetap lebih sehat. Oleh karena itulah sangat penting memperhatikan beberapa faktor tersebut agar supaya masakan telur itu sehat. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa tips masak supaya olahan telur kalian tetap bisa jadi sehat.

1. Gunakan Minyak Yang Sehat Bila di Goreng

Yang pertama sudah pasti gunakanlah minyak yang sehat supaya tidak terlalu banyak kolesterol yang masuk ke dalam olahan telur. Bisa juga menggunakan minyak zaitun sebagai pilihan untuk memasak telur sehingga kadar kolesterol yang masuk juga tidak terlalu banyak. Pemilihan minyak memang menjadi hal yang utama bila kalian menggoreng telur. Karena cara memasak telur yang sehat itu ya pakai minyak yang sehat ya.

2. Padukan Dengan Sayuran

Lalu yang kedua adalah kalian harus memadukan masakan telur ini dengan menggunakan sayuran, ini adalah langkah penting. Dengan adanya sayuran, maka masakan telur kalian akan memiliki lebih banyak vitamin dan juga nutrisi yang baik bagi tubuh. Karena pada sayuran itu lebih banyak vitamin yang terkandung yang bisa kalian ikut konsumsi yang bisa lebih bermanfaat dan lebih sehat.

3. Jangan Memasak Terlalu Matang     

Terakhir jangan juga memasak terlalu matang, kalau setengah matang pun memang kurang sehat tapi kalau terlalu matang juga kurang baik. Karena bahan apa pun juga semakin lama dimasak akan mengeluarkan beberapa nutrisi yang mungkin saja baik untuk tubuh kita. Jadi jangan terlalu matang juga menjadi cara memasak telur yang sehat.

Gaya hidup menjadi satu hal yang penting terutama dalam konsumsi makanan termasuk makanan olahan telur ini. Nah kalian bisa install Jovee, di sana banyak tips yang akan bisa membantu kalian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *