Categories
Makanan

Bagaimana Cara Yang Benar Membekukan Telur

Telur adalah makanan yang paling sering dikonsumsi di mana saja, mau di negara maju atau negara berkembang pasti masyarakatnya akan sering mengonsumsi telur ini. Sekarang ini banyak masyarakat yang mencari cara membekukan telur, sebab biasanya yang dipakai itu hanya satu bagian telur saja. Misalnya adalah putih atau kuning telurnya, jadi bagian yang lainnya itu disimpan dan dibekukan agar bisa dikonsumsi lagi. Untuk cara membekukannya sendiri itu mudah saja, pertama tinggal masukan saja telur ke freezer saja, kemudian tinggal atur berapa suhunya.

Adakah Perubahan Setelah Telur Dibekukan?

Proses pembekuan telur memang saat ini sedang populer di masyarakat karena dengan membekukan telur jadi tidak ada bagian telur yang sia-sia. Misalnya saja kalau buat roti, pasti putih telurnya saja yang dipakai dan kuning telurnya itu dibiarkan saja. Karena tidak mungkin dibuang dan ingin mengonsumsinya di kemudian hari makanya telur tersebut dibekukan agar nantinya bisa dikonsumsi. Kalau dibekukan apakah telur itu mengalami perubahan? Jelas sekali akan mengalami perubahan dan untuk perubahannya sendiri sudah dijelaskan di bawah ini.

·         Rasa Telur

Sebenarnya untuk rasanya itu tidaklah berbeda karena mau telurnya beku atau tidak pasti rasanya akan hambar, yang akan membedakan rasanya adalah waktu membekukan itu ditambah dengan bahan lainnya atau tidak. Jika memang yang dipakai adalah cara membekukan telur menggunakan bahan tambahan pasti nantinya pada waktu memasak telur tersebut sudah ada rasanya.

Menambahkan bahan lainnya memang menjadi pilihan yang terbaik sebab waktu memasaknya nanti tidak perlu memberikan bahan lagi karena sebelum dibekukan sudah ditambahkan. Jadi tidak akan makan waktu lama juga untuk memasaknya, tetapi kalau belum tahu dimasak jadi menu apa baiknya jangan ditambahkan dulu bahannya. Lebih baik ditambahkan nanti saja waktu sudah menentukan menunya dulu agar rasanya lebih enak.

·         Tekstur Telur

Kalau mau mempraktikkan cara membekukan telur maka nanti jangan kaget kalau tekstur telurnya berbeda, dari bentuknya saja sudah jelas beda tadinya cair jadi beku. Tetapi yang berubah itu bukan saja itu tetapi ada berubah juga sifat dari telur tersebut, umumnya kalau telur putih jadi bahan pembuatan roti pasti akan berbusa kalau dikocok. Setelah telur putih di bekukan membuat busanya itu lebih banyak, hal tersebut dikarenakan protein pada putih telur kehilangan bentuk.

Kalau untuk kuning telurnya juga sama berubah juga, hanya saja kuning telur ini berubah jadi sangat kental sekali layaknya gel. Kalau tidak mau sampai berubah seperti itu maka sebelum kuning telur  akan dibekukan baiknya diberi garam atau gula sehingga tidak terlalu kental. Selain membuat jadi tidak kental jadi membuat kuning sudah ada rasanya waktu dimasak.

Apakah Sulit Memasak Telur Beku?

Memasak telur yang beku caranya berbeda sekali dengan yang tidak karena ada proses yang harus dilakukan dulu. Proses ini juga harus benar karena kalau tidak bisa menyebabkan penyakit bawaan telur masuk ke tubuh. Untuk prosesnya sendiri adalah harus dicairkan dulu dan dimasak dengan suhu sampai 71 celsius, jika tidak bisa juga dengan mencairkannya di air dingin yang mengalir. Setelah cair barulah bisa dimasak sesuai selera. Jadi bukan saja cara membekukan telur yang harus benar tetapi cara masaknya juga penting.

Ingin tahu tips memasak telur beku lainnya? Simak saja di Ngovee. Unduh langsung aplikasi Jovee di Google Play Store dan App Store agar memperoleh  banyak info menarik lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *