Categories
Dunia Kesehatan

Bahayanya Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang begitu serius dan sangat membutuhkan penanganan tepat. Bahaya gula darah tinggi bisa saja menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes dan penyakit lain. Karena itu, gula darah yang tinggi harus segera diambil tindakan agar bisa normal kembali.

Batas Kadar Gula Normal

Kadar gula memiliki batasan. Jika berlebih maka akan menyebabkan penyakit diabetes. Sedangkan dalam istilah kedokteran disebut dengan hiperglikemia. Agar tidak mengalami kelebihan gula darah, batas yang sudah ditentukan oleh World Health Organization (WHO). Sedangkan seseorang mengalami hiperglikemia jika:

1. Kadar glukosa darah lebih dari 7,0 mmol/L (126 mg/dl) saat puasa.

2. Kadar glukosa darah lebih dari 11,0 mmol/L (200 mg/dl) 2 jam sehabis makan.

Gejala dan Bahaya Penyakit Gula Darah

Berbagai gejala bisa saja muncul pada seseorang yang memiliki penyakit gula darah tinggi. Karena itu, agar penanganan bisa diproses cepat maka harus tahu apa saja tanda-tanda dari penyakit tersebut. Beberapa gejala yang timbul antara lain:

·         Lebih mudah lapar

·         Kesemutan pada kaki dan sering mati rasa

·         Penglihatan kabur

·         Merasa lebih haus

·         Infeksi dan luka tidak lekas sembuh

Gejala seperti itu harus segera ditangani agar tidak mengakibatkan penyakit yang lebih berbahaya lagi. Bahaya gula darah tinggi sangatlah mengancam. Bahaya yang ditimbulkannya antara lain:

1. Meningkatnya Depresi

Tingginya gula darah bisa meningkatkan depresi seseorang. Jika sering mengonsumsi makanan manis maka akan meningkatkan kadar gula darah yang nantinya bisa memperburuk kondisi mental seseorang. Tidak hanya meningkatkan depresi saja, tapi juga susah tidur dan memperburuk suasana hati.

2. Merusak Gigi

Kadar gula yang berlebih juga bisa merusak gigi. Gula yang ada di dalam mulut dan tidak segera dibersihkan bisa menimbulkan bakteri. Bakteri tersebut akan merubah gula menjadi asam sehingga merusak lapisan email di gigi. Selain itu, bisa juga memicu pertumbuhan jamur yang membuat mulut lebih sensitif.

3. Menyebabkan Impotensi

Pada pria, bahaya gula darah tinggi bisa menyebabkan impotensi. Impotensi adalah penurunan aktivitas seksual. Gula yang masuk ke dalam tubuh bisa mempengaruhi sistem peredaran darah. Jadi aliran darah yang menuju ke alat vital akan terganggu dan harus bekerja lebih agar bisa berereksi.

4. Terjadi Inflamasi

Inflamasi bisa terjadi karena kadar gula tinggi yang menyebabkan penuaan dini. Gula yang akhirnya melekat pada protein yang ada dalam bisa bisa menciptakan molekul berbahaya yang disebut Advanced Glycation end Products (AGEs). Molekul berbahaya satu ini bisa menyerang kolagen kulit yang menyebabkan keriput dan akhirnya terjadi penuaan dini.

Berbagai Komplikasi Penyakit Gula Darah

Penyakit gula darah yang sudah parah bisa menyebabkan komplikasi. Berbagai penyakit komplikasi yang ditimbulkannya antara lain:

·         Masalah kulit

·         Penyakit jantung

·         Kerusakan ginjal

·         Kerusakan mata

Berbahayanya penyakit gula harus segera diketahui. Jika sudah terlanjut maka akan sulit untuk diatasi. Selagi masih sehat maka sudah seharusnya menjaga apa yang ada dalam tubuh. Kendalikan kadar gula agar tidak mengalami berbagai penyakit berbahaya dan juga komplikasi.

Itulah berbagai bahaya gula darah tinggi yang harus diketahui. Kendalikan gula darah sehingga hidup akan selalu sehat. Pola makan dan juga olahraga teratur harus selalu dilakukan agar tubuh tetap sehat.

Dapatkan kebutuhan suplemen di Jovee. Download aplikasinya lewat Play Store dan App Store sekarang juga. Kemudian dapatkan informasi kesehatan hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *